Macam-macam Bunga Langka yang Sangat Unik dan Menarik

Bunga langka adalah bunga yang sangat jarang kita jumpai, karena bunga ini tumbuh di tempat-tempat tertentu. Oleh karena itu Bunga langka sekarang dilindungi oleh negara. Macam-macam bunga langka ada di berbagai negara, tidak terkecuali Negara Indonesia.

Mengetahui tentang macam-macam bunga langka sangat penting. Karena, apabila suatu saat secara tidak sengaja atau sengaja kita menjumpai bunga langka, kita harus berpartisipasi untuk menjaganya. Dengan cara tidak merusaknya itu sudah termasuk partisipasi kita dalam menjaganya.

Bagi yang belum mengetahui bunga langka, baik itu ciri-cirinya atau namanya. Kamu bisa lihat dan baca-baca di artikel ini. Berikut beberapa bunga langka yang perlu diketahui dan dikenali ciri-cirinya.

Macam-macam Bunga Langka yang Unik dan Menarik

Macam-macam Bunga Langka
Sumber: pixabay.com

Salah satu ciri-ciri yang paling banyak dimiliki oleh bunga langka adalah bentuknya yang unik dan menarik perhatian kita. Seperti beberapa contoh gambar bunga langka berikut ini:

Bunga Psychotria Elata

Bunga Psychotria Elata
Sumber: tanamanmahal.com

Macam-macam bunga langka diantaranya ada Bunga Psychotria Elata. Bunga yang memiliki bentuk dan warna menyerupai bibir wanita ini sangat unik dan menarik sekali. Berbentuk seperti bibir dengan warna merah seperti lipstik. Di indonesia lebih dikenal dengan bunga bibir panas.

Bunga ini termasuk dalam kategori bunga langka, karena memang keberadaanya sangat sulit ditemukan. Habitat bunga ini berasal dari Negara Amerika, Kosta Rika, Panama, dan Ekuador.

Bunga Beak Parrot

Beak Bunga Parrot
Sumber: pinterest.com

Bunga yang terkenal di Indonesia dengan naman Bunga Paruh Beo ini termasuk ke dalam kategori bunga langka yang sangat indah. Bunga ini memiliki ciri-ciri pada kelopak bunganya yang berbentuk melengkung seperti paruh Burung Beo.

Bunga ini Habitatnya di Pulau Canary. Bunga ini akan mekar dengan maksimal pada musim semi dan di bawah panas terik matahari. Sejak abad 18 bunga ini sudah mulai berkurang, dan terus berkurang dari waktu ke waktu. Makanya bunga ini termasuk bunga langka yang dilindungi pemerintahan.

 

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai
Sumber: isigood.com

Ciri-ciri bunga bangkai adalah memiliki aroma yang tidak sedap, memiliki bentuk ukuran yang besar dan tinggi sampai 6 meter, dan berbeda jauh dengan bentuk bunga lainnya. Karena bunga ini tidak bercabang ataupun menggelantung.

Bunga bangka di setiap negara berbeda-beda spesiesnya. Seperti di Indonesia bunga bangkai memiliki bentuk dan warna unik tersendiri, daerah yang sering ditumbuhi bunga ini yaitu daerah tropis, seperti hutan-hutan tropis yang ada di Sumatera.

Bunga bangkai memiliki kelopak bunga yang besar dan memiliki yang di dominasi warna merah keunguan, serta terdapat daun di bagian batang bunganya. Bunga bangkai membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai kemekaran bunganya. Sekitar 20 sampai 40 tahun.

Selain termasuk dalam kategori bunga langka, bunga bangkai juga termasuk ke dalam kategori bunga raksasa di Dunia.

Bunga Anggrek Tebu

Bunga Anggrek Tebu
Sumber: indmira.com

Bunga anggrek mungkin sudah tidak asing dan bahkan sering kita jumpai diberbagai tempat. Tapi kenapa bunga anggrek termasuk ke dalam kategori bunga langka? Ternyata tidak semua bunga anggrek mudah kita jumpai.

Bunga anggrek tebu merupakan jenis dari bunga anggrek yang termasuk ke dalam kategori langka. Memang pada kenyataannya kita pasti jarang bahkan, mungkin belum pernah menjumpai bunga anggrek yang satu ini.

Bunga Anggrek ini memiliki perbedaan banyak dari bunga anggrek lainnya. Salah satunya, bunga anggrek ini bisa mencapai tinggi sampai 3 meter. Oleh karena itu bunga ini juga termasuk bunga raksasa.

Keberadaanya yang sulit dijumpai membuat bunga anggrek tebu masuk kategori bunga langka. Jadi, wajib berpartisipasi untuk menjaganya bagi yang menjumpai bunga ini baik sengaja atau tidak sengaja. Berpartisipasi menjaga bisa dibuktikan dengan tidak merusaknya.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia Arnoldi
Sumber: mongabay.com

Bunga rafflesia arnoldi merupakan bunga raksasa yang paling terkenal di Indonesia. Karena bunga ini termasuk kategori bunga langka yang memiliki ukuran paling besar diantara bunga raksasa lainnya. Diameter terbesar mencapai 1 meter dengan berat keseluruhan 10 kg.

Ciri-ciri bunga ini memiliki warna merah dan memiliki aroma yang busuk, sebenarnya bunga ini juga termasuk ke dalam bunga bangkai karena aroma yang dimilikinya.

Bunga ini kebanyakan tumbuh di Indonesia, terutama di Daerah Bengkulu, dan di Daerah Jawa Barat yaitu di Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, Bunga Rafflesia Arnodi dinobatkan sebagai bunga nasional indonesia, dengan nama puspa langka tanah nusantara.

Bunga Edelweiss Jawa

Bunga Edelweiss Jawa
Sumber: wandaflorist.com

Bunga langka berikutnya adalah Bunga Edelweiss Jawa. Bunga ini juga sangat jarang dijumpai, bahkan mungkin banyak yang belum pernah sama sekali melihat atau menjumpainya.

Bunga yang terkenal dengan nama bunga keabadian ini merupakan bunga langka. Dinamakan bunga keabadian karena bunga ini mampu bertahan hidup sampai beratus-ratus tahun.  Bunga ini bisa mencapai tinggi maksimal 8 meter.

Bunga Kantung Semar

Bunga Kantung Semar
Sumber: youtube.com

Bunga ini memiliki keunikan yang sangat langka, yaitu bisa memangsa serangga-serangga yang mendekatinya. Oleh karena itu bunga ini disebut sebagai tanaman karnivora, atau tumbuhan pemakan daging.

Tahun ke tahun bunga ini semakin berkurang jumlahnya, makanya bunga ini masuk kedalam kategori bunga langka yang harus dilindungi. Agar tetap terjaga kelestariannya. Salah satu caranya bisa dengan membudidayakan tanaman ini.

Bunga ini bisa memangsa serangga ketika sudah berusia dewasa, karena waktu tersebut kantungnya baru bisa terbuka. Dan akan menutup ketika ada serangga yang mendekatnya. Serangga yang dimaksud adalah serangga kecil seperti lalat, lebah, dan serangga kecil lainnya.

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma
Sumber: youtube.com

Bunga yang memiliki nama lain Bunga Kadupul ini masuk kategori macam-macam bunga langka karena sekarang sudah sangat sulit dijumpai di alam bebas. Bunga ini  tumbuh di hutan-hutan Indonesia dan Srilangka. Tidak semua negara terdapat bunga ini, ini juga salah satu alasan kenapa bunga ini termasuk kategori bunga langka.

Uniknya bunga ini adalah bunga ini hanya bisa mekar dengan indahnya di malam hari, dan pagi harinya sudah tidak lagi. Hal ini masih menjadi misteri di penelitian, karena belum ada penjelasan tepat tentang hal tersebut.

Berbeda dengan bunga langka yang sudah disebut di atas, bunga ini memiliki aroma yang wangi. Di Daerah Jawa bunga ini dipercaya memiliki kekuatan magic, terutama di kalangan abdi Keraton Surakarta.

Bunga Chocolate Cosmos

Bunga Kosmos Coklat
Sumber: keystonebsa.org

Bunga Chocolate Cosmos atau Bunga Kosmos Coklat termasuk dalam macam-macam bunga langka. Dinamakan Bunga Kosmos Coklat karena ketika bunga ini sudah mekar, bunga ini mengeluarkan aroma kecoklat-coklatan. Bunga ini memiliki warna merah tua kecoklatan.

Bunga ini akan mekar di waktu senja pada akhir musim panas. Bunga ini merupakan bunga bangsa Meksiko, karena paling banyak dijumpai di Negara Meksiko.

Bunga Black Bat

Bunga Black Bat
Sumber: pinterest.com

Sesuai namanya Bunga Black Bat yang dalam bahasa indonesia artinya bunga kelelawar hitam, memiliki bentuk bunga yang menyerupai kelelawar yang sangat indah. Memang sedikit menyeramkan, tapi bunga ini memiliki kelebihan sebagai herbal untuk melawan kanker.

Bunga ini juga akrab dipanggil dengan bunga sebutan bunga setan, alesannya diisebut sebagai bunga setan karena bentuk dan warnanya memang menyeramkan. Bunga ini hanya tumbuh di daerah bersuhu dingin dan lahan yang lembab.

Tinggi tanaman bunga ini maksimal 110 cm, yang dimaksud tinggi yaitu tinggi batangnya. Kelebihan bunga ini bisa dipakai sebagai herbal karena ada penelitian yang sudah mempublikasikan bahwa bunga ini bisa menghasilkan senyawa mikrotubulus. Yang mana senyawa tersebut bisa menstabilkan sel-sel yang ada di tubuh.

Bunga Ghost Orchid

Bunga Ghost Orchid
Sumber: http://iainmclellanlearningjournal.blogspot.co.id

Bunga Ghost Orchid atau  sering disebut dengan Bunga Anggrek Hantu adalah spesies anggrek yang langka setelah Anggrek Tebu. Dari namanya sangat menyeramkan bukan? Memang kenyataannya bunga ini memiliki bentuk seperti hantu. Bunga ini berwarna putih, tidak berdaun dan tumbuh di semak-semak dan dahan pohon.

Bunga ini di kategorikan bunga langka karena memang keberadaannya yang sulit ditemukan. Selain karena spesies jenis ini langka, tempat tumbuhnya pun sangat menyamarkan keberadaannya. Ketika bunga ini gugur, sangat sulit untuk menemukan kembali tempat tanaman ini tumbuh, karena bunga ini memiliki batang tanaman yang berbentuk akar kecil dan menyela-nyela diantara semak maupun batang pohon tempatnya tumbuh.

Bunga Jade Vine

Bunga Jade-Vine
Sumber: getgardentips.com

Bunga langka yang satu ini habitatnya hanya ada di hutan tropis Negara Filipina. Merupakan dari jenis kacang-kacangan yang berbunga indah. Bunga ini memiliki warna biru langit dan berbentuk seperti cakar yang terbalik.

Bunga ini  menggelantung dari dari cabang-cabang pohonnya. Tanaman bunga ini tumbuh merambat dan bunganya menggelantung bisa mencapai ketinggian 3 meter. Makanya tanaman bunga ini harus mempunyai media rambatan yang tinggi.

Bunga ini tumbuh di dataran rendah dengan suhu sekitar 30-35º. Bunga ini juga tidak memiliki aroma harum seperti pada bunga umumnya. Bunga ini bisa ditanam di dalam pot dengan ukuran diameter kurang lebih setengah meter.

Demikian informasi tentang macam-macam bunga langka yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan kita. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “Macam-macam Bunga Langka yang Sangat Unik dan Menarik

Tinggalkan komentar