Manfaat Olahraga Sepeda

pixabay.com

Manfaat Olahraga Sepeda, Olahraga sepeda merupakan olahraga yang cukup di gemari di indonesia, dari kalangan anak anak sampai kalangan orang tua bahkan tidak jarang juga orang tua yang sudah ber umur kepala 7   masih suka berolahraga yang satu ini. sepeda sendiri pertama kali di ciptakan pada abad ke 17, waktu demi waktu dan mengalami banyak perubahan sampai akhirnya terkenal di banyak negara. seperti di setiap kota kota di indonesia hampir setiap hari  selalu ada orang bersepeda, ada yang buat berangkat pulang kerja, berangkat pulang sekolah, jalan jalan sore, dan masih banyak aktivitas lainnya yang menggunakan sepeda.

Manfaat Olahraga Sepeda

pixabay.com

Menjaga kebugaran tubuh, Bersepeda sangat membantu dalam menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh, dengan bersepeda anggota badan akan bergerak, organ organ tubuh juga akan bekerja maksimal dan akan berdampak baik.

Membantu Mempercepat Proses Tinggi Badan, ketika bersepeda anggota badan yang paling aktif bergerak adalah bagian kaki yang terus mengayuh, bergerak mengayuh merupakan hal yang sangat membantu peregangan yang maksimal.

Meningkatan Kekuatan Otot, otot merupakan salah satu dari bagian tubuh yang menjadi sumber kekuatan untuk menggerakan anggota badan, ketika bersepeda kinerja otot akan meningkat di setiap anggota tubuh yang aktif bergerak, apabila bersepeda secara rutin otot pasti akan meningkat kekuataanya.

Persendian yang Terjaga, mengayuh termasuk cara untuk menggerakan persendian terutama di bagian lutut kaki, jika bersepeda setiap hari lutut lutut akan lebih sering tergerak dan persendian akan terlatih lebih fleksibel dan itu baik untuk persendian.

Mengurangi Stress, ketika bersepeda seseorang bisa menghirup udara segar juga bisa melihat pemandangan yang silir berganti  ini akan menimbulkan rasa nyaman dikarenakan suasana hati dan fikiran yang  terhibur dan menikmati apa sedang di lakukan, selain itu juga di karenakan saat bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, hormon ini juga memicu rasa kenyamanan.

Mengurangi Polusi Udara, selain bermanfaat untuk badan bersepeda juga bermanfaat untuk lingkungan dengan lebih sering menggunakan sepeda tentu akan mengurangi polusi udara yang di hasilkan dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor, karena zaman sekarang kebanyakan orang pergi jarak dekat saja menggunakan kendaran bermotor.

Begitu banyak manfaat bersepeda, makannya wajar jika banyak banget yang suka olah raga ini, selain karena manfaatnya olahraga ini juga di sukai karena banyak jenis, berikut beberapa jenis sepeda :

Sepeda MTB (Mountain Bike)

pixabay.com

MTB atau sering di sebut dengan sepeda gunung adalah sepeda yang di gunakan untuk medan yang berat. Seperti naik gunung dan perbukitan, pada dasar memang sepeda ini di rancang khusus untuk medan medan tersebut.

Namun, sekarang tidak jarang juga di melihat sepeda ini di perkotaan. Dilihat dari sejarahnya yang memperkenalkan sepeda ini adalah para pesepeda di perbukitan san fransisco pada tahun 1970. Sepeda jenis ini merupakan sepeda yang pertama kalinya menaiki puncak gunung kalimanjaro di benua afrika. Seiring berjalannya waktu sepeda ini semakin populer di penjuru dunia termasuk di indonesia.

Sepeda Balap (Road Race)

pixabay.com

Ini merupakan jenis sepeda yang sering diperlombakan baik tingkat nasional maupun tingkat negara. Pertama kali di adakan perlombaan atau olimpiade sepeda balap pada tahun 1896 di jalur maraton. Sepeda ini di desain sangat ramping dan ringan dari jenis sepeda lainnya karena yang di utamakan dari jenis sepeda ini adalah kecepatan.

Sepeda BMX (Bicycle Moto Cross)

pixabay.com

Sepeda ini dimulai di california pada tahun 1960 dan sampai sekarang di kenal di banyak negara. Di indonesia sendiri sudah banyak yang suka sepeda ini kebanyakan di kalangan anak anak sampai remaja. Pada dasarnya sepeda ini di khusus kan untuk ajang seperti moto cross.

Sepeda Hybrid

pedalsepedaku.wodpress.com

Sepeda yang di khususkan untuk bersepeda santai sesuai dengan desain frame/kerangka dan setang nya yang tegak. Jenis sepeda ini kebanyakan di pake di kalangan orang tua untuk berolah raga sepeda santai. Biasanya jenis sepeda ini memiliki suspensi di bagian depan. Tapi, ada juga yang tidak memakai suspensi karena sepeda ini lebih nyaman di jalan yang rata dan halus jadi suspensi tidak terlalu di butuhkan.

Sepeda Lipat

id.aliexpress

Sepeda jenisnya ini sangat cocok buat para pekerja kantoran atau orang yang tinggal di apartemen. Sepeda ini juga cukup simpel karena gampang di bawa kemana mana. Tidak terlalu membutuhkan garasi atau tempat parkir karena sepeda ini bisa dilipet ukuran juga kecil tapi bisa di seting untuk ukuran orang dewasa.

City Bike

pixabay.com

Sepeda ini biasanya di gemari para kalangan orang tua. Karena ini merupakan model sepeda tertua yang masih exis di kalangan masyarakat. Sepeda model ini boleh di bilang sepeda paling lengkap fiturnya, dari penutup rantai, klakson, lampu, fender, dan boncengan.  Semuanya bukan acesoris tambahan melainkan original yang terbuat dari logam makanya cenderung bisa bertahan lama.

Cruiser Bike

google

Sepeda ini termasuk sepeda santai karena desainnya yang agak unik dengan ban lebar, setang tinggi, frame yang unik serta rem belakang memakai model rem coster kuno. Di mana cara menggunakannya dengan mengayuh pedal ke belakang atau berlawanan dengan arah ayuhan laju.

Sepeda Vixie

dzakifurqaan.wordpress.com

Sepedanya anak-anak remaja. Karena cocok buat jalan jalan bareng. Sepeda ini juga sangat simpel tidak ada fitur fitur seperti halnya sepeda jenis lainnya. Sepeda ini hanya ada fitur rem belakang dengan model coster kuno yaitu dengan mengayuhkan pedal ke belakang atau arah yang berlawanan dengan ayuhan laju.

Itulah beberapa jenis sepeda yang sering di jumpai di kalangan masyarakat umum. Untuk harga sepeda masing-masing jenis mempunyai harga yang berbeda beda. Tapi pada umumnya harga tertinggi yaitu ada pada sepeda jenis sepeda gunung (MTB) dan sepeda balap (road race).

Tinggalkan komentar