Rambu lalu lintas

Rambu-rambu Lalu Lintas yang Perlu Diketahui dan Ditaati

RAMBU LALU LINTAS – Perlu diketahui bahwa ada macam-macam rambu lalu lintas yang harus diperhatikan dan dipahami. Rambu lalu lintas ada banyak macamnya, seperti rambu peringatan, rambu larangan, rambu perintah, rambu petunjuk, papan tambahan, rambu nomor rute, dan ada juga marka jalan. Yang mana semua jenis rambu-rambu tidak berbentuk tulisan yang mudah dipahami, namun ada lampu lalu lintas, dan juga ada yang berbentuk simbol atau gambar rambu lalu lintas.

Sangat penting untuk mengerti dan memahami tentang rambu-rambu perlintasan. Untuk tercapainya sebuah keselamatan dalam berkendara, tidak cukup dengan berhati-hati saja. Ada peraturan lalu lintas yang harus ditaati, seperti rambu-rambu lalu lintas yang akan kita bahas ini.

Pengertian Rambu-rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas
Sumber: mic.com

Rambu lalu lintas adalah suatu fasilitas atau perlengkapan yang disediakan di jalan untuk menunjang tercapainya keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas bisa berupa lambang, kalimat, huruf, angka, dan kombinasi darinya. Dengan tujuan untuk memberikan petunjuk, peringatan, perintah, dan larangan pada pengguna jalan.

Ada pun macam-macam bentuk rambu-rambu seperti lampu lalu lintas yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Selain itu bisa berbentuk papan, palang atau plang, dan marka jalan. Rambu lalu lintas ini sangat membantu dan mempermudah untuk pengguna jalan.

Contoh manfaat rambu lalu lintas adalah rambu petunjuk arah daerah. Hampir setiap orang yang melakukan perjalanan jauh pasti merasakan manfaat dari petunjuk arah daerah tersebut. Apalagi buat yang sama sekali belum tahu arah jalan.

Gambar Rambu-rambu Lalu Lintas dan Artinya

RAMBU LALU LINTAS
Sumber: missclub.info

 

Ada beberapa macam gambar rambu lalu lintas yang perlu diingat dan dipahami. Bagi yang sering melakukan perjalanan dengan berkendara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan gambar-gambar rambu perlintasan berikut ini.

READ  Pengertian Narasi beserta Ciri-ciri, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

Rambu Larangan

Rambu lalu lintas larangan
Sumber: kursusmengemudisurabaya.com

 

Rambu larangan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi pernyataan tentang perbuatan atau hal yang dilarang dilakukan oleh pengguna jalan. Contohnya di dilarang parkir, dilarang putar balik, dilarang mendahului,dan larangan lainnya.

Rambu larangan dibikin dengan alasan tertentu di setiap keadaan jalan, tidak sembarang dalam membuat rambu larangan, karena pasti ada tujuan untuk tercapainya keselamatan pengguna jalan.

Rambu Peringatan

rambu-peringatan
Sumber: satlantasjembrana.wordpress.com

Berikutnya adalah rambu peringatan, rambu peringatan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi keadaan atau kondisi jalan yang berbahaya. Contohnya awas jalan licin, awas rawan kecelakan, awas tikungan tajam, awas perlintasan kereta api, dan lainnya.

Dengan tujuan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang terdapat rambu bahaya. Sebagian besar kecelakan terjadi karena lalai dan tidak memperhatikan rambu peringatan. Misalnya yang sering terjadi adalah kecelakan yang terjadi diperlintasan kereta api.

Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk lalu lintas
Sumber: safety.things.blogspot.com

Rambu penunjuk yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang situasi, pengaturan fasilitas, dan petunjuk arah jalan menuju suatu tempat atau daerah. Rambu ini merupakan rambu yang paling sering diperhatikan. Terutama bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh.

Tujuan rambu petunjuk adalah memberikan penunjuk supaya tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan yang berhubungan dengan jalan. Yang paling membantu dari rambu penunjuk adalah penunjuk arah jalan ke suatu daerah.

Rambu Perintah

Rambu Perintah lalu lintas
Sumber: trisetiono79.blogspot.com

Rambu perintah adalah rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang harus ditaati oleh pengguna jalan. Rambu ini sangat penting untuk diketahui, Karena jika melanggar bisa berpotensi terjadi kecelakaan.

Makanya dalam hal ini sangat ditekankan untuk mentaati rambu perintah. Selain itu, pengedara yang melanggar rambu perintah akan dikenai hukuman. Rambu perintah ada juga yang berupa lampu lalu lintas.

READ  Cara Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui

Demikian informasi tentang rambu lalu lintas yang perlu dipahami dengan benar. Supaya terciptanya kelancaran lalu lintas dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakan lalu lintas. Jangan lupa untuk mendukung keselamatan anda saat berkendara, pakailah perlengkapan safety seperti jaket motor. Jika belum punya jaket motor, bisa pesan jaket sesegera mungkin. Ingat!!! Sudah banyak kecelakaan kendaraan yang menyebabkan hilangnya nyawa, salah satu penyebabnya adalah safety riding yang tidak diperhatikan.

Satu pemikiran pada “Rambu-rambu Lalu Lintas yang Perlu Diketahui dan Ditaati

Tinggalkan komentar