Aneka Jajanan Pasar Tradisional yang Memiliki Harga MUrah Meriah

JAJANAN PASAR – Banyak orang belum tahu mengenai aneka jajanan pasar yang ada di tanah air. Jika kita perhatikan, hampir setiap daerah yang ada di tanah air ini memiliki jajanan khas daerah masing-masing. Dan jajanan tersebut kebanyakan hanya ada di daerah tersebut, oleh karena itu sebagai orang yang lahir dan berjiwa cinta tanah air, tidak ada salahnya untuk mengetahui macam-macam jajanan pasar yang ada di tanah air.

Di Indonesia banyak terdapat berbagai macam jajanan pasar yang menggoda selera. Jajanan yang ditawarkan pedagang di seluruh Indonesia umumnya berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sedikit ulasan tentang sebagian kecil kumpulan jajanan pasar yang ada di Indonesia.

Macam-macam Jajanan Pasar Tradisional

Aneka Jajanan Pasar
Sumber: muslimah.co.id

Kita semua pasti sudah pernah mengalami ketika bermain keluar kota atau ke kampung-kampung sodara atau teman, kerap menemui jajanan yang menurut kita asing dan tidak ada di daerah kita. Nah itulah yang disebut jajan khas daerah, atau bisa disebut juga sebagai oleh-oleh khas daerah. Kenapa begitu? Karena jajanan tersebut cuma ada di daerah tersebut, dan biasanya, asalnya juga dari daerah tersebut.

Jangan pernah gengsi jika ingin menikmati jajanan pasar, karena banyak sekali kelebihan yang dimiliki jajanan tersebut. Diantaranya adalah sehat tanpa bahan pengawet, memiliki rasa yang khas dan nikmat, dan tentunya jajanan pasar murah meriah.

Di bawah ini adalah beberapa jenis jajanan pasar yang memiliki rasa nikmat dengan khasnya sendiri-sendiri. Rasa nikmatnya tidak ada duanya, dan cocok apabila djadikan menu cemilan di waktu kosong anda.

Kue Serabi

Kue Serabi
Sumber: curvetube.com

Serabi ini merupakan salah satu jajanan khas kota kembang, Bandung. Jajanan ini mempunyai 2 rasa utama. Pertama adalah serabi asin, kedua serabi manis yang dicampur dengan berbagai toping seperti keju dan coklat.

Di daerah Bandung, serabi bisa jadi sebagai salah satu cemilan wajib ketika udara sedang dingin. Jajanan ini juga memiliki nama khas untuk daerahnya sendiri. Di Bandung, serabi ini biasa disebut dengan nama surabi Bandung.

READ  Rumah Idaman Adalah Rumah yang Cantik

Klepon

Klepon
Sumber: id.tastemade.com

Bagi sebagian besar warga Indonesia, pasti tidak asing dengan jajanan klepon. Klepon ini juga biasa disebut dengan nama onde-onde manis. Terbuat dari tepung ketan khas Indonesia, bagian luarnya dilapisi dengan taburan kelapa parut, dan bagian dalamnya ada gula merah yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

Klepon ini sebenarnya salah satu jajanan pasar yang sangat mudah dibuat. Cukup siapkan bahan utamanya yaitu tepung ketan, tepung beras, perisa pandan, garam, dan air. Campur dan icipi hingga tekstur dan aroma sesuai dengan yang diinginkan.

Haluskan gula merah yang nantinya akan dijadikan sebagai isian klepon. Haluskan  juga atau parut kelapa untuk menjadi taburan klepon di bagian luar. Ambil adonan klepon, pipihkan adonan, dan isi dengan gula merah. Setelah itu, bulatkan klepon.

Masukkan adonan yang sudah diisi gula merah ke dalam pengukusan, tunggu hingga matang. Tiriskan, guling-guling pada parutan kelapa. Jajanan pasar khas Indonesia bernama kue klepon pun siap disantap.

Kerak Telor

Kerak Telor
Sumber: mahligai-indonesia.com

Salah satu jajanan pasar khas ibukota adalah kerak telor. Bagi kalian yang pernah main ke Monas tentu dapat dengan mudah menemukan jajanan pasar khas Jakarta yang satu ini.

Pada umumnya, kerak telor ini dibuat dengan beberapa bahan seperti telur bebek, ketan putih, sangrai ebi, goreng bawang merah, dan bumbu khas. Bumbu kerak telor adalah campuran dari cabai merah, merica butiran, kelapa sangrai, jahe, kencur, gula pasir dan garam.

Kue Mangkok

Kue Mangkok
Sumber: dynamicnatural.co.id

Jajanan pasar khas nusantara yang selanjutnya adalah kue mangkok. Kue yang satu ini termasuk ke dalam jajanan yang simpel dan mudah dikreasikan sendiri. Bahannya juga sederhana. Cukup dengan tepung terigu, tepung beras, dan tape singkong atau campuran rasa lainnya.

READ  Ukuran Kartu Nama Standar dan Contoh Desain Kartu Nama Elegan+Keren

Kue mangkok ini memiliki ciri khas yang mengembang pada bagian ujungnya. Inilah asal muasal kue kukus yang satu ini dinamakan kue mangkok. Kue mangkok sangat mudak di temukan di seluruh pasar tradisional yang ada di Indonesia.

Lumpia

Lumpia
Sumber: indonesia.co.id

Salah satu jajanan khas Semarang ini sudah jadi ciri khas Indonesia. Kulitnya adalah lembaran tipis yang terbuat dari adonan tepung gandum. Bagian dalamnya dapat bervariasi sesuai dengan keinginan pembuatnya.

pada umumnya, lumpia ini diisi dengan berbagai sayuran seperti wortel, kol, atau rebung segar. Bisa juga diisi dengan irisan daging ayam, telur, dan berbagai isian lain yang dapat membuat rasanya lebih nikmat.

Kue Putu

Kue Putu
Sumber: menuresepkue.com

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan pasar khas Indonesia yang satu ini. Selain yang berjualan banyak, rasanya juga enak. Jajanan kue putu sangat mudah kalian dapatkan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Suaranya yang khas yang dihasilkan dari proses pengukusan kue putu adalah salah satu hal yang membuat kita mengingat jajanan yang satu ini. Pada umumnya, kue putu ini hampir sama seperti klepon. Ada adonan, diisi gula merah, dan ditaburi dengan kelapa.

Bedanya, klepon menggunakan proses perebusan adonan untuk membuat adonannya matang. Akan tetapi kue putu menggunakan proses pengukusan sebagaimana yang kalian lihat pada gerobak pedagang kue putu di sekitar rumah kalian.

Lemper

Lemper
Sumber: cookpad.com

Terbuat dari beras ketan, diisi dengan irisan daging ayam dan bagian luarnya dibungkus dengan daun pisang yang masih segar berwarna hijau. Jajanan yang satu ini sering nyempil di berbagai acara yang ada di Indonesia.

Contohnya adalah sebagai snack di acara pengajian, pernikahan, atau berbagai acara penting sebuah perusahaan. Rasanya yang enak dan banyak dinikmati sebagian besar warga Indonesia membuat lemper jadi idaman untuk melengkapi hari spesial.

Kue Talam

Kue Talam
Sumber: food.idntimes.com

Kue talam ini merupakan salah satu jenis kue yang mempunyai keunikan rasa gurih dan manis yang menyatu dengan sempurna. Biasanya kue talam dipotong pada ukuran kecil sekali santap atau dipotong dalam ukuran kecil.

READ  Cara Mengisi Waktu Luang Supaya Bermanfaat

Rasa gurih dari kue talam ini didapatkan karena bahan utamanya dari santan kelapa kental yang menjadi salah satu bahan kue talam. Bahan lain untuk membuta kue talam adalah gula merah, garam, tepung terigu, pasta pandan, air kelapa, santan kelapa, dan gula pasir.

Kue Noong

Kue Noong
Sumber: prelo.co.id

Kalian yang berasal dari tanah Sunda pasti kenal dengan jajanan yang satu ini. Putri noong memiliki variasi rasa yang cukup banyak.  Salah satu ciri khas dari kue noong adalah adanya pisang rebus di bagian tengahnya.

Selain itu, bagian luar putri noong juga semakin menarik dengan tambahan parutan kelapa.  Di tataran Sunda, kue noong biasa disajikan saat ada acara keluarga seperti prenikahan dan pengajian.

Getuk Goreng

Getuk Goreng
Sumber: gathotthiwulyutum.com

Ada salah satu daerah yang terkenal dengan jajanan pasar yang satu ini, yaitu Banyumas. Di Banyumas terdapat satu kecamatan yang terkenal dengan getuk gorengnya, kecamatan tersebut adalah Kecamatan Sokaraja.

Karena getuk goreng yang dimaksud berasal dari Sokaraja, akhirnya terkenal dengan nama Getuk Goreng Sokaraja. Jajanan pasar ini terbuat dari bahan dasar singkong. Di banyumas sendiri, getuk goreng sudah menjadi oleh-oleh khas Banyumas yang sangat terkenal.

Nah, itulah beberapa macam jenis jajanan pasar yang banyak digemari masyarakat dan memiliki rasa yang nikmat dan memiliki khas tersendiri. Bagi anda yang belum pernah mencoba bisa mencobanya ketika sedang berada di daerah-daerah yang menjajankan jajanan tersebut. Atau apabila sangat penasaran, bisa membelinya melalui online.

Tinggalkan komentar