Gambar Sepeda Gunung

Macam-macam Jenis Gambar Sepeda Gunung dan Jenis Sepeda Lainnya+Aksesoris Spare Part Sepeda

GAMBAR SEPEDA GUNUNG – Bagi yang lagi kepo (Ingin tahu) tentang sepeda, terutama sepeda gunung yang sedang sangat populer, di sinilah tempat yang bagus. Karena kita akan membahas tentang berbagai macam sepeda. Tidak hanya membahas tentang sepeda, di sini juga menyantumkan gambar-gambar sepeda. Seperti gambar sepeda bmx, gambar sepeda ontel, gambar sepeda anak, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya mengenai itu saja, di sini juga membahas tentang aksesoris dan spare part sepeda. Hal seperti ini perlu diketahui suapaya lebih jauh menegnal tentang sepeda. Jadi banyak sekali pengetahuan yang akan didapat dari artikel ini.

1. Gambar Sepeda Gunung Hardtail dan Deskripsinya

Sepeda Gunung
Sumber: gadgets.ndtv.com

Sepeda Gunung jenis hardtail merupakan sepeda yang didesian untuk medan nanjak. Kebanyakan menggunakan frame Aluminium yang membuatnya semakin ringan. Gambar di atas merupakan contoh gambar sepeda gunung hardtail.

Sepeda jenis ini memiliki ciri khas yaitu didesain dengan memakai suspensi depan saja (Fork).  Dan belakang tidak memakai suspensi. Namun tetap nyaman, terutama ketika di medan nanjak.  Sepeda jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau dari jenis sepeda gunung lainnya. Harga pabrikan paling mahal tidak menginjak puluhan juta.

2. Sepeda Gunung Full Suspension

Sepeda Gunung
Sumber: val-gardena.net

Sepeda Gunung Full Suspension atau panggilan akrabnya yaitu sepeda fulsus, sepeda gunung tipe ini didesain untuk medan yang tidak rata. Dengan desain memakai dua suspension depan dan belakang.

Sangat cocok untuk bersepeda di gunung yang berbatu, atau medan yang tidak rata. Sepeda jenis ini hampir mirip dengan Sepeda Gunung Hardtail, perbedaannya hanya di suspensi saja.

Sepeda ini memiliki harga yang lebih tinggi dari sepeda hardtail, karena didesain dengan dua suspensi,  namun rata-rata harga pabrikannya masih dibawah puluhan juta.

3. Sepeda Gunung All Mountain (AM)

Gambar Sepeda Gunung
Sumber: flowmountainbike.com

Sepeda Gunung All Mountain memiliki nama lain enduro dan trailbike. Sepeda gunung jenis ini di desain untuk segala medan. Seperti naik turun bukit dan lintas perhutanan.

Sepeda jenis ini hampir kesuluruhan di desain dengan dua suspensi seperti jenis sepeda fulsus. Perbedaannya hanya di suspensi belakang, sepeda jenis ini cenderung lebih memiliki suspensi belakang yang lebih keras. Harga sepeda ini masih tergolong relatif sama dengan sepeda fulsus.

4. Sepeda Gunung Downhill (DH)

Sepeda Downhill
Sumber: dirtmountainbike.com

Sepeda Gunung Downhill, Sepeda gunung yang memiliki harga paling mahal. Karena sepeda jenis ini di desain untuk melaju cepat dengan medan yang menurun dan tidak rata. Spare part yang sangat berkualitas membuatnya semakin nyaman dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan sepeda gunung lainnya.

Sepeda gunung jenis ini memiliki banyak perbedaan dengan sepeda gunung lainnya, terutama di suspensi depan yang didesain lebih tinggi. Harga sepeda ini bisa mencapai puluhan juta, karena sepeda ini benar-benar berkualitas.

5. Sepeda Gunung Freeride (FR)

Sepeda Gunung Freeride
Sumber: pinterest.com

Sepeda Gunung Freeride, sepeda gunung yang didesain untuk bisa menahan drop off atau lompatan, maka dari itu didesain dengan bahan yang lebih berat dari sepeda gunung lainnya.Dengan desain yang berat membuat sepeda jenis ini tidak bisa dikendarai dengan lincah.

Namun sangat nyaman ketika sedang melaju kencang. Ciri sepeda ini yaitu desain suspensi depannya tinggi hampir sama dengan Sepeda Downhill. Harga sepeda ini tergolong relatif sama dengan sepeda gunung fulsus.

6. Sepeda Gunung Dirt Jump

Sepeda Gunung Dirtjump
Sumber: youtube.com

Sepeda Gunung Dirtjump mempunyai nama akrab Urban MTB. Di Desain lebih kecil dari sepeda gunung lainnya. Dengan bahan yang ringan ada yang Carbon ada juga yang Aluminium.

Sepeda jenis ini lebih dikhususkan untuk atraksi atau freestyle, hampir mirip dengan sepeda BMX. Hanya berbeda medannya saja. Perbedaan lainnya antara Urban MTB dengan BMX, sepeda Urban MTB didesain memiliki suspensi dan lebih besar.

Harga sepeda ini relatif sama dengan sepeda gunung fulsus. tidak mencapai puluhan juta. Kecuali sepeda ini rakitan sendiri dengan memilih komponen-komponen yang berkualitas kemungkinan besar membutuhkan biaya puluhan juta.

7. Sepeda Gunung Cross Country (XC)

Sepeda Gunung Cross Country
Sumber: bikerumor.com

Sepeda Gunung Cross Country merupakan sepeda gunung didesain untuk lintas alam. Dengan kenyamanan ketika mengayuh di medan datar maupun nanjak. Sepeda jenis ini juga sering dipakai diperkotaan.

Sebelumnya sepeda jenis ini didesain dengan suspensi depan saja, seiring berjalannya waktu ada pabrikan yang mendesain sepeda jenis ini dengan full suspensi. Harga pabrikan sepeda ini rata-rata tidak mencapai puluhan juta.

8. Sepeda Gunung Fully Rigid

Sepeda Gunung Fully Rigid
Sumber: za.pinterest.com

Sepeda Gunung Full Rigid merupakan jenis sepeda gunung yang tidak memiliki suspensi. Didesain untuk untuk lintas perbukitan dan pegunungan yang tidak terlalu tinggi dengan jalan yang tidak terlalu terjal.

Sepeda gunung jenis ini juga sering dipakai diperkotaan. Karena sangat nyaman ketika dipakai dijalan yang rata dan halus. Harga sepeda ini rata-rata tidak sampai puluhan juta.

9. Sepeda Balap (Road Bike)

Macam-macam sepeda
Sumber: pinterest.com

Sepeda balap merupakan sepeda yang dikhususkan untuk ajang balap sepeda. Sepeda ini didesain dengan sangat ringan, dengan bahan carbon, supaya bisa mencapai kecepatan maksimal.

Ciri-cirinya memiliki ban yang sangat ramping dengan ketebelan-2,5 cm. Gear kecepatan bagian belakang atau sproket memiliki ukuran diameter yang kecil dibandingkan dengan sepeda gunung.

Dan gear kecepatan depan atau crank dengan ukuran diameter yang besar. Atau lebih jelasnya ukuran gearnya berlawanan dengan sepeda gunung. Harga sepeda ini tergolong mahal, karena rata-rata sampai puluhan juta.

10. Sepeda BMX

Macam-macam Sepeda
Sumber: pinterest.com

Sepeda BMX adalah sepeda yang didesain dengan ukuran kecil supaya mudah untuk melakukan atraksi atau freestyle. Sepeda ini tidak memiliki rem baik depan maupun belakang. Gambar sepeda BMX bisa dilihat di atas ini.

Seperti yang sudah dibahas bahwa sepeda ini hampir memiliki kesamaan dengan Sepeda Gunung Dirt Jump dari segi desain bentuknya. Hanya sepeda BMX memiliki bentuk ukuran yang lebih kecil.

Harga sepeda BMX lebih murah dari sepeda gunung. Kecuali sepeda BMX rakitan sendiri dengan komponen-komponen spare part yang berkualitas tidak menutup kemungkinan bisa menghabiskan sampai puluhan juta.

READ  Cara ini Ternyata Sangat Membantu Tes Wawancara !!!

11. Sepeda Fiksi

Sepeda Fiksi
Sumber: goesbike.com

Sepeda Fiksi, sepeda ini memiliki desain yang menyerupai Sepeda Balap. Namun, memiliki perbedaan yang cukup jauh mengenai harga dan kualitas.

Sepeda Fiksi merupakan sepeda yang didesain untuk medan yang rata dan memiliki jalan yang halus. Karena sepeda ini tidak mempunyai gear kecepatan dan tidak mempunyai suspensi.

Remnya juga menggunakan model Coster kuno yang cara menggunakannya dengan cara mengayuhkan pedal berlawanan arah. Sepeda ini kebanyakan digunakan kalangan remaja untuk jalan santai. Harganya yang termurah dibawah satu juta. Tentunya, semakin mahal semakin bagus pula kualitasnya.

12. Sepeda Racing

Sepeda Racing
Sumber: id.aliexpress.com

Sepeda Racing adalah sepeda yang sangat terkenal dikalangan anak-anak sekolah. Terutama Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Sepeda jenis ini memiliki ciri khas pada pelek rodanya atau wheelset yang berjari-jari sedikit dan berbentuk bintang.

Harga sepeda ini tergolong murah, dan yang termahal tidak menginjak sampai puluhan juta. Berkisaran antara 1-5 Juta. Sepeda ini tidak dianjurkan untuk medan pegunungan.

13. Sepeda Listrik

Sepeda listrik
Sumber: wasiwa.com

Sepeda Listrik merupakan sepeda yang sudah menyentuh teknologi tenaga listrik untuk kombinasi dalam mendukung laju sepeda. Jadi apabila kita sedang malas mengayuh atau karena kaki sudah cape mengayuh namun perjalanan masih jauh, kita bisa gunakan tenaga listrik untuk membantu mendorong laju sepeda.

Sepeda ini tergolong sepeda yang cukup mahal. Namun, banyak juga pabrikan yang memproduksi sepeda jenis ini dengan harga yang terjangkau. Berkisar antara 3-10 juta.

14. Sepeda Mini

Sepeda Mini
Sumber: gumtree.com

Sepeda yang didesain untuk ramah lingkungan dan tergolong unik. Mudah disimpan dan mudah ditaruh ditempat yang minim. Sepeda jenis ini kebanyakan dipakai untuk berolahraga santai dan banyak juga yang dipakai untuk berangkat kerja.

Tapi yang jelas sepeda ini tidak cocok untuk medan yang nanjak apa lagi tidak rata. Harganya tergantung kualitas, biasanya tidak sembarang toko menjual sepeda jenis ini.

15. Sepeda Lipat

Sepeda Lipat
Sumber: youtube.com

Sepeda Lipat merupakan sepeda yang mengutamakan keramahan lingkungan, hampir mirip dengan sepeda mini. Sepeda lipat akhir-akhir ini sedang populer di semua kalangan. Awalnya kebanyakan dimiliki kalangan orang kantoran atau menegah ke atas.

Seiring berjalannya waktu, banyak pabrikan yang memproduksi sepeda jenis ini dengan harga yang terjangkau dikalangan menengah ke bawah. Dan sampai saat ini sepeda lipat sudah tersebar di semua kalangan.

16. Sepeda Roda Tiga

Sepeda Roda Tiga
Sumber: jorviktricycles.com

Sepeda Roda Tiga didesain untuk perempuan atau ibu rumah tangga. Dengan memiliki kapasitas tempat penyimpanan barang bawaan yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan.

Sepeda jenis ini jarang kita jumpai, Karena peminatnya yang kurang sehingga pabrikan sepeda jarang yang memproduksi sepeda jenis ini.

17. Sepeda Modivikasi

Modifikasi sepeda
Sumber: pinterest.com

Sepeda jenis ini lebih sering dipanggil dengan sepeda rakitan. Karena kita sendiri yang mendesain dengan sesuai keinginan kita. Ini biasanya dilakukan oleh kalangan orang-orang pecinta olahraga sepeda.

Kebanyakan sepeda rakitan adalah jenis Sepeda Gunug dan BMX. Yaitu sepeda-sepeda yang membutuhkan kualitas yang benar-benar bagus. Spare Partnya pun ada pabrikan yang khusus mendesain Spare Part dengan kualitas di atas rata-rata.

18. Sepeda Antik

Sepeda Emas
Sumber: pinterest.com

Sepeda ini merupakan jenis Sepeda Gunung Fully Rigid yang berlapis emas makanya terkesan unik dan mewah. Sepeda jenis ini biasanya tidak semua orang bisa memilikinya, karena harganya yang sangat mahal.

Sepeda yang lebih mengutamakan keindahan tampilan. Menurut berita yang ada, frame sepeda ini dilapisi emas 24 karat, 600 berlian hitam, 500 safir emas, dan saddle atau tempat duduk yang terbuat dari kulit buaya.

Sepeda ini dibandrol dengan harga 500 ribu dolar Amerika. Sepeda ini telah terjual sebanyak 13 unit. Namun, sangat sedikit sekali kesempatan kalangan umum melihat sepeda jenis ini. Karena kemungkinan besar yang mempunyai sepeda ini hanya dipakai untuk perhiasan dirumah saja.

19. Sepeda Onthel (City Bike)

Sepeda Onthel
Sumber: tokopedia.com

Sepeda Onthel merupakan sepeda kalangan orang tua. Karena sepeda jenis ini adalah jenis sepeda tertua yang masih cukup populer. Terbukti dengan sering kita jumpai pesepeda menggunakan sepeda jenis ini.

Namun jangan dianggap remeh, meskipun sepeda jenis ini tergolong tua, kualitasnya tidak kalah bagus dengan sepeda mahal sekarang. Karena terbukti sudah berpuluh-puluh tahun masih bertahan.

20. Sepeda Roda Satu

Sepeda Roda Satu
Sumber: youtube.com

Sepeda Roda Satu, sangat jarang kita jumpai karena untuk mengendarai sepeda ini butuh kemampuan khusus. Selain itu tidak ada pabrikan yang memproduksi masal sepeda jenis ini.

Namun sepeda ini sangat ramah lingkungan karena bentuknya yang kecil dan ringan. Kita bisa jumpai sepeda ini, biasanya di sirkus pertunjukan atau di komunitas-komunitas sepeda ini.

21. Sepeda Hybrid

Sepeda Hybrid
Sumber: sprocketscycles.com

Sepeda Hybrid sepeda yang cukup populer di kalangan menengah ke bawah. Sepeda ini cukup nyaman dikendarai di medan rata maupun nanjak. Karena memiliki gigi kecepatan yang bisa diatur.

Namun, tidak cocok untuk medan yang terjal seperti pegunungan. Karena tidak memiliki suspensi baik depan maupun belakang. Harga sepeda ini cukup terjangkau di kalangan menengah ke bawah. Berkisar antara 1-5 juta.

22. Sepeda Cruiser

Sepeda Cruiser
Sumber: ratrodbikes.com

Sepeda Cruiser merupakan sepeda dengan desain ceper, memiliki ban roda yang besar dan lebar. Sepeda ini sangat nyaman untuk sepeda santai.

Akhir-akhir ini, sepeda jenis ini mulai populer dan sudah banyak pabrikan yang memproduksi sepeda jenis ini. Seperti pabrikan Wimcycle dan United. Harganya berkisar antara 2-5 juta.

23. Sepeda Low Rider

Sepeda lowrider
Sumber: youtube.com

Sepeda Low Rider atau sepeda yang khas dengan keceperannya. Merupakan sepeda yang sudah cukup lama hadir di muka umum. Sepeda jenis ini awalnya merupakan hasil kreasi modifikasi sepeda biasa pada tahun enam puluhan dan masuk indonesia pada tahun tujuh puluhan.

Karena keunikannya membuat sepeda ini masih bertahan sampai sekarang. Dengan desain setang yang tinggi dan tempat duduk yang lebih rendah, membuat semakin nyaman untuk jalan-jalan santai. Sepeda jenis ini tidak memakai suspensi karena merupakan sepeda khusus untuk jalan yang rata dan halus.

READ  Sepenggal Perjalanan Hidupku

24. Sepeda Anak-anak

Sepeda anak
Sumber: id.aliexpress.com

Sepeda ini khusus untuk anak balita. Dengan desain menggunakan tiga roda, membuat lebih aman bagi anak-anak yang masih tahap belajar dengan keseimbangan.

Sepeda jenis ini memiliki pedal atau ayuhan dibagian roda depan dan tidak menggunakan rantai karena ayuhannya langsung terhubung ke roda depan.

25. Sepeda Sambung

Sepeda Sambung
Sumber: seo-seikhlasnya.4pilar.com

Sepeda jenis ini adalah sepeda yang sangat unik dan jarang ditemui. Sepeda jenis ini biasanya hanya bisa ditemui di tempat hiburan-hiburan seperti di alun-alun kota dan tempat wisata.

Sepeda jenis ini biasanya ada komunitasnya. Namun, hanya di kota-kota saja, karena kalau sepeda jenisnya ada diperkampungan jalannya pasti tidak mendukung. Kebanyakan sepeda jenis ini ada di alun-alun perkotaan, entah itu komunitas atau persewaan.

Macam-macam Aksesoris Sepeda

Sepeda memiliki banyak macam aksesoris pendukung. Tujuannya adalah untuk mendukung keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda. Berikut adalah macam-macam aksesoris sepeda:

1. Jersey Sepeda

Jersey sepeda
Sumber: pinterest.com

Jersey sepeda atau kaos yang didesain khusus untuk para pesepeda. Modelnya sporty dan dibuat dengan bahan seperti Polyester dan bahan lainnya yang mempunyai kemampuan untuk memberikan kenyamanan.

Tentunya bahan yang dipakai tidak panas dan tidak ribet. Untuk harga, semakin bagus bahannya semakin mahal. Berkisar ratusan ribu rupiah.

2. Helm untuk Bersepeda

Helm Sepeda
Sumber: rosebikes.co.uk

Helm adalah pelindung yang sangat penting. Helm khusus untuk sepeda berbeda dengan helm motor. Helm sepeda sangat ringan dan tidak memiliki kaca pelindung. Bentuknya bermacam-macam model.

Harga helm sepeda tergolong cukup mahal, namun kualitas sudah pasti terjamin. Harganya berkisar ratusan ribu rupiah.

3. Tas untuk Bersepeda

Tas Sepeda
Sumber: aliexpres.com

Tas ini sangat mendukung dipakai ketika bersepeda, apa lagi ketika bersepeda jauh pasti butuh keperluan-keperluan seperti makanan, alat komunikasi, dan lainnya. berbeda dengan tas seperti biasanya, tas untuk bersepeda memiliki ukuran yang kecil.

Tas sepeda ada dua model yaitu model yang digendong  dan model yang ditaruh di sepedanya. Untuk harganya masih relevan seperti tas biasa.

4. Sepatu untuk Bersepeda

Sepatu Sepeda
Sumber: trisports.com

Sepatu ini didesain khusus untuk bersepeda. Model yang bagus biasanya dibagian bawah depan telapak ada tumpuan yang sengaja didesain khusus untuk menginjak pedal sepeda.

Harganya relevan dengan harga sepatu olahraga lainnya. Sepatu khusus sepeda tidak seperti jenis sepatu olahraga lainnya, sepatu ini hanya nyaman dipakai untuk bersepeda.

5. Pompa Angin Khusus Sepeda

Pompa Sepeda
Sumber: id.aliexpress.com

Meskipun pompa ban pada umumnya sama dengan pompa sepeda motor. Namun, sekarang banyak pabrikan sepeda yang juga memprouksi pompa khusus untuk sepeda. Bentuknya bermacam-macam, ada yang kecil dan ada juga yang besar.

Biasanya yang kecil lebih banyak diminati karena mudah dibawa saat bersepeda. Ada juga pabrikan sepeda yang memanfaatkan batang seatpost dijadikan multi fungsi, yaitu dijadikan pompa angin.

6. Celana Sepeda

Celana Sepeda
Sumber: waroengpit.com

Bagi yang hobi olahraga sepeda sangat dianjurkan memakai celana yang dikhususkan untuk olahraga sepeda. Celana khusus untuk bersepeda sangat nyaman dipakai  saat bersepeda menempuh jarak yang cukup jauh.

Biasanya bahan yang digunakan dari bahan yang tidak menyerap panas sinar matahari. Jadi tidak panas dipakai, dan ada beberapa bagian yang ditambahin dengan busa empuk seperti dibagian belakang yang buat duduk saat bersepeda.

Harga celana khusus untuk bersepeda boleh dibilang mahal, karena berkisar ratusan ribu. Namun setara dengan kualitasnya.

7. Sarung Tangan

Sarung Tangan Sepeda
Sumber: id.aliexpress.com

Sarung tangan juga merupakan safety atau pelindung ketika bersepeda. Entah untuk melindungi tangan dari sengatan sinar matahari maupun untuk melindungi tangan supaya tidak mudah panas saat menggenggam dan mengendalikan setang sepeda.

Sarung tangan sepeda ada dua model yaitu yang full atau menutupi semua jari tangan, ada juga yang hanya setengah jari tangan. Harga sarung tangan sepeda relevan dengan harga sarung tangan sepeda motor.

8. Kaca Mata

Kacamata
Sumber: m.kaskus.co.id

Kaca mata khusus untuk bersepeda berbeda dengan kaca mata lainnya. Kaca mata ini sangat membantu saat bersepeda entah untuk melindungi dari debu-debu yang berterbangan ataupun melindungi dari sinar matahari.

Kaca mata khusus sepeda didesain dengan model yang sporty, jadi sangat mendukung dalam hal fashion. Harganya relevan seperti kaca mata pada umumnya. Tergantung kualitas, semakin bagus maka semakin mahal.

9. Botol Minum

Botol minum
Sumber: lazada.co.id

Botol minum sangat mendukung untuk goweser yang hobi menaklukan perjalanan jauh. Botol untuk sepeda juga memiliki desain sendiri. Biasanya terbuat dari bahan yang bagus demi menjaga kesehatan.

Harga botol ini masih relevan dengan botol minuman biasa, seperti tuperwere dan sejenisnya.  Tapi,  yang meyediakan botol jenis ini hanya di toko-toko khusus sepeda saja.

10. Tempat Botol minum

Tempat Botol Minum
Sumber: aliexpress.com

Tempat botol minum juga sangat dibutuhkan. Jika punya botol khusus untuk sepeda, namun tidak punya tempat untuk botolnya, itu bisa merepotkan.

Tempat untuk botol minum ini biasanya didesain dengan model yang sporty, jadi ketika dipasang di sepeda akan menambah bagus tampilan sepeda. Untuk harganya sangat terjangkau.

Spare Part Sepeda

Selain aksesoris, sepeda juga sangat membutuhkan spare part untuk mengganti apabila suatu saat ada part sepeda yang rusak atau ingin ganti yang lebih bagus. Diantaranya sebagai berikut:

1. Frame

Frame
Sumber: steepandcheap.com

Spare part atau suku cadang yang satu ini lebih banyak meyediakan untuk sepeda gunung. Karena kalangan pesepeda gunung yang sering berganti-ganti frame. Mereka tidak perlu menunggu rusak baru menggantinya. Jika ingin ganti yang lebih bagus atau bosen dengan framenya, bisa diganti framenya saja, tidak perlu ganti satu unit sepeda.

Selain itu para pesepeda gunung sekarang sangat banyak yang suka merakit sendiri. Yaitu beli spare part sesuai selera, terus mereka merakit sendiri. Bagi yang tidak bisa, sekarang sudah banyak jasa-jasa perakitan sepeda gunung. Untuk harganya tergantung kualitas dan modelnya, untuk sepeda gunung berkisar ratuan ribu sampai jutaan rupiah.

2. Fork

fork
Sumber: singletracks.com

Fork sepeda ada dua model yaitu memakai suspensi dan tidak memakai suspensi/Rigid Fork. Untuk sepeda gunung kebanyakan memakai yang suspensi. Suspensi sepeda gunung ada dua macam yaitu yang menggunakan oli dan menggunakan air/angin.

READ  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

Suku cadang yang satu ini boleh dibilang ada yang sangat mahal. Yaitu fork yang memakai suspensi angin. Harganya berkisar 1-5 jutaan.

3. Crank Set

Crank Set
Sumber: bikesdirect.com

Crank set yaitu seperangkat gigi atau gear depan. Yang tidak temasuk crank set hanya pedal. Untuk sepeda gunung sangat banyak tipenya. Ada yang dua tingkat gigi kecepatan, ada juga yang tiga tingkat gigi kecepatan.

Harganya berkisar ratusan ribu, Semakin bagus kualitasnya semakin mahal namun semakin nyaman ketika dipakai.

4. Hub Set

Hubset
Sumber: fat-bike.com

Hub Set adalah seperangkat as roda namun tidak termasuk jari-jari. Sekarang sudah ada yang menggunakan Bearing, yang mana Baering sangat mendukung perputaran.

Harganya boleh dibilang mahal, meskipun bentuknya kecil namun harganya setara dengan tromol sepeda motor.

5. Setang

Setang
Sumber: aliexpress.com

Setang untuk sepeda gunung sangat bervariasi sehingga banyak yang ingin berganti-ganti setang. Ada yang model lebar ada juga yang standar. semuanya memiliki tingkat kenyamanan sendiri-sendiri.

Misal Sepeda Gunung Downhill, Sepeda Downhill lebih nyaman dengan setang model lebar.  Untuk setang sepeda gunung memiliki harga yang cukup mahal. Berkisar ratusan ribu sampai jutaan.

6. Stem

Stem Setang Sepeda
Sumber: id.aliexpress.com

Stem adalah komponen yang dipakai untuk menghubungkan antara setang/Handlebar dengan Steerer Tube atau Fork. Stem sepeda memiliki setelan sendiri-sendiri. Dilihat dari ukuran panjang dan ukuran tingginya.

Meskipun kelihatan barang yang kecil, namun ada yang memiliki harga sampai ratusan ribu. Tapi, yang memiliki harga murah juga ada. Tergantung kualitas dan bentuknya.

7. Seat Post

Seatpost
Sumber: id.aliexpress.com

Seat Pos adalah batangan pipa dari logam yang dipakai untuk tumpuan tempat duduk sepeda/sadel. Untuk sepeda gunung sangat bermacam-macam kulaitasnya. Seat Pos yang berkualitas yaitu memiliki bobot ringan namun kuat. Biasanya terbuat dari Carbon.

Harganya tergantung kualitas, yang termahal yang memakai bahan Carbon. Ini biasa dipakai di Sepeda Balap. Sepeda gunung jarang yang memakai seat post dengan bahan Carbon. Untuk yang memakai bahan Carbon, kisaran harga sampai ratusan ribu rupiah.

8. Handrip

Handrip Setang Sepeda
Sumber: tokopedia.com

Handrip adalah pegangan tangan yang ada di setang. Biasanya menggunakan bahan karet. Bentuk modelnya bermacam-macam sesuai jenis sepeda. Bentuk model sangat berpengaruh pada kenyamanan.

Harganya bermacam-macam tergantung kualitas Handripnya. Namun, rata-rata berkisar puluhan ribu rupiah.

10. Pedal

Pedal Sepeda
Sumber: id.aliexpress.com

Pedal adalah tumpuan pada bagian telapak kaki yang berfungsi untuk mengayuh. Modelnya bermacam-macam, ada yang dari plastik ada juga yang dari logam. Sekarang desainnya banyak yang lebih sporty, membuat tampilan semakin bagus dan menarik.

Harga Pedal bermacam-macam, kalau yang dari bahan plastik lebih terjangkau namun kualitas biasa. Kalau yang menggunakan bahan logam, apalagi sekarang sudah ada yang menggunakan Bearing, itu harganya berkisar ratusan ribu.

11. Wheelset

Whellset1
Sumber: dccycles.com

Wheelset adalah seperangkat velg roda Meliputi jari-jari dan hub set. Biasanya sudah dirakit dari pabrikannya. Namun, ada juga yang terpisah.

 Harga satu unit Wheelset yang sudah dirakit berkisar ratuan ribu sampai jutaan rupiah . Tergantung kualitas, biasanya kualitas yang bagus ditandai dengan lubang jari-jari di velg yang dilapisi cincin.

12. Ban Roda

Ban sepeda
Sumber: superadventure.co.id

Ban di bagi menjadi dua yaitu inner tube/ban dalam dan tire tube/ban luar. Ban luar memiliki dua jenis, yaitu ban yang terbuat dengan menggunakan kawat dan tidak menggunakan kawat.

Ban yang terbuat tanpa menggunakan kawat kualitasnya lebih bagus dan lebih ringan. Harganya juga lebih mahal sampai dua kali lipatnya harga ban yang menggunakan kawat.

13. Sprocket

Sprocket sepeda
Sumber: aliexpress.com

Sprocket yaitu gigi yang ada di roda belakang, ada beberapa macam Sprocket namun perbedaannya hanya di tingkat susunan gigi kecepatannya saja. Namun, jika dibandingkan antara Sprocket sepeda gunung dan sepeda balap, memiliki perbedaan cukup jelas. Sprocket sepeda gunung ukurannya lebih besar dan tingkat giginya lebih banyak.

Ada yang 7 speed/tingkat, 8 speed dan terbanyak adalah 11 speed. Alat untuk menaikan atau menurunkan speed yaitu FD/RD biasnya ditaruh dibagian setang. Dan Mechanic Hanger adalah alat yang ada di frame. Harganya berkisar ratusan ribu rupiah untuk kualitas yang bagus.

14. V-Brake dan Disk Brake

Rem cakram sepeda
Sumber: id.aliexpress.com

V-Brake adalah rem konvensional dengan menggunakan sistem karet yang dijepitkan di velg. Sedangkan Disk Brake adalah rem dengan rotor atau piringan cakram, biasa disebut dengan rem cakram. Semuanya manfaatnya sama, hanya saja kualitas dan kinerjanya lebih bagus yang menggunakan rotor atau piringan.

Untuk Disk Brake atau rem cakram sendiri ada dua jenis yaitu yang menggunakan oli hydrolic dan kabel biasa. Kinerjanya sama, hanya saja rem cakram dengan hydrolic mempunyai tingkat tekanan lebih besar. Harganya untuk yang hydrolic paling mahal dari jenis rem lainnya berkisar ratusan ribu rupiah.

15. Rear Shock

suspensi belakang
Sumber: id.aliexpress.com

Rear Sock adalah suspensi bagian belakang. Suspensi belakang sama seperti suspensi depan memiliki dua jenis yaitu menggunakan tenaga oli dan tenaga angin. Secara kualitas Rear Sock dengan tenaga angin lebih bagus kinerjanya. Namun ada perbedaan harga yang cukup jauh.

Teknologi terbarunya menggunakan dua tabung/dual chember. Dibuat dengan tujuan lebih meningkatkan ke stabilan, khususnya pada sepeda gunung. Masalah harga, seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa Rear Sock menggunakan tenaga angin mempunyai harga yang lebih mahal. Namun yang menggunakan tenaga oli juga tidak murah. Berkisar antara dua ratus ribu sampai jutaan rupiah.

Video Sepeda Gunung Downhill

Demikian artikel tentang gambar sepeda gunung dan sepeda lainnya, semoga menambah pengetahuan buat kamu yang lagi ingin tahu lebih jauh tentang sepeda. Sumber artikel ini dari pengetahuan penulis sendiri dan sumber-sumber terpercaya.

Tinggalkan komentar