Ayam Cemani

16 Gambar Ayam Cemani Asli beserta Mitos Khasiat Ayam Cemani

AYAM CEMANI – Menurut informasi yang beredar sejarah ayam cemani asli sudah ada sejak zaman kerajaan Hindu Budha. Ciri-ciri ayam cemani yang paling mudah dikenali adalah warna keseluruhan hitam, oleh karena itu sering disebut sebagai ayam hitam. Namun, tidak semua ayam hitam adalah ayam cemani asli. Karena ada jenis ayam lain juga yang berwarna hitam, seperti ayam kedu, dan ayam kampung yang berwarna hitam.

Banyak kalangan yang ingin mengoleksi ayam hitam atau ayam cemani asli yang legendaris ini sebagai ayam hias, namun ada juga sebagian yang ingin memiliki karena percaya bahwa ada khasiat ayam cemani yang bermanfaat. Oleh karena hal tersebut harga cemani menjadi tinggi sampai jutaan.

Namun ayam hitam bukan hanya ayam cemani, maka dari itu untuk memilih cemani yang asli harus mengenali ciri-cirinya agar tidak salah ketika memilih jenis ayam ini. Berikut ciri-ciri yang perlu diketahui.

Ciri-ciri Ayam Cemani Asli atau Ayam Hitam

Ayam Cemani
Sumber: bombastis.com

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diketahui untuk mengetahui bahwa cemani asli, bukan ayam jenis cemani palsu atau ayam jenis lain yang serupa dengan ayam hitam ini. Karena banyak orang yang salah memilih ketika ingin memiliki ayam ini.

Salah satu ayam yang serupa dan mirip dengan ayam ini adalah ayam kedu. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa ayam cemani itu asli? Berikut adalah ciri-ciri ayam cemani asli yang perlu diketahui.

1. Paruh Ayam Cemani

Paruh ayam cemani
Sumber: brilio.net

Bentuk dari paruh cemani asli sama dengan paruh jenis ayam lainnya. Yang membedakan adalah warna paruh ayam. Warna paruh cemani asli yaitu hitam pekat. Untuk mengetahui secara jelas adalah pada waktu masih kecil atau masih itik.

Ketika sudah besar umumnya warna paruh ayam ini akan sedikit aus karena sudah sering mematuk saat makan, sehingga ada sedikit perubahan warna memutih ketika ayam sudah besar.

2. Bulu Ayam

Bulu ayam cemani
Sumber: pawangjago,.com

Ciri-ciri berikutnya adalah warna bulu cemani asli. Warna bulu untuk jenis ayam ini adalah hitam pekat atau 100% hitam tanpa sedikit warna campuran atau hitam keabu-abuan atau warna hitam campur warna-warna lainnya. Berdasarkan bulunya ada 4 jenis cemani yaitu:

  • Cemani Biasa, cemani dengan warna bulu hitam dan berbentuk seperti bulu ayam lainnya.
  • Cemani Walik, cemani dengan bulu berwarna hitam dan berbentuk bulu terbalik menyingkap.
  • Cemani Rajeg, cemani bulu berwarna hitam namun berbentuk seperti lidi, biasa disebut dengan bulu besi.
  • Cemani putih, warna seluruh tubuhnya hitam, namun bulunya berwarna putih.

Jadi ayam cemani dilihat dari segi bulunya ada 4, namun ayam cemani yang banyak dicari adalah cemani dengan warna hitam keseluruhan.

READ  Manfaat Air Kelapa Tua dan Penjelasan Kelapa Tua

3. Kulit Ayam

Ketiak ayam cemani
Sumber: agensbola.xyz

Untuk mengetahui warna kulit cemani yang asli bisa dilihat pada bagian bawah sayap ayam atau bagian ketiak ayam. Antara kulit ayam dan bulu yang ada dibagian tersebut harus memiliki warna yang sama hitamnya.

Pada umumnya bagian tersebut memiliki warna bulu yang putih atau abu-abu. Jika ayam memiliki warna keseluruhan hitam, namun pada bagian ketiaknya hitam keputihan, maka perlu dipertanyakan dan bahkan dapat dipastikan bukan asli.

4. Dubur Ayam

Dubur ayam
Sumber: olx.co.id

Begitu juga dengan dubur ayam, pada jenis ayam lain baik yang berwarna hitam ataupun lainnya memiliki warna yang bukan hitam. Pada ayam cemani yang asli warna duburnya sama dengan warna bagian tubuh lainnya yaitu hitam pekat.

Jadi jika ingin memastikan ayamnya asli cemani, maka jangan ragu-ragu untuk memeriksa bagian duburnya. Hal yang sepele ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan dalam memilih keaslian.

5. Kaki Ayam

Kaki ayam cemani
Sumber: backyardchickens.com

Pada bagian kaki ayam ini memiliki warna yang sedikit berbeda dengan anggota tubuh lainnya. Kaki ayam memiliki warna hitam namun sedikit keabu-abuan. Entah karena kaki ayam kotor terkena debu atau terkena lainnya.

Selain itu, biasanya kaki ayam bersisik yang membuat warna tidak seutuhnya hitam pekat. Begitu juga dengan ayam cemani asli. Jadi kaki ayam jenis cemani asli tidak memiliki warna hitam pekat. Untuk hal ini tidak terlalu diperhatikan, asal ciri-ciri lainnya sudah terpenuhi dan sesuai.

6. Tenggorokan Ayam dan Lidah

tenggorokan ayam cemani
Sumber: ayamcemanimedan.wordpress.com

Ciri-ciri yang perlu diperhatikan lainnya adalah bagian tenggorokan ayam ini. Untuk memastikan bahwa cemani asli perlu melihat pada bagian tenggorokan ayam.  Caranya buka mulut ayam dan pastikan warna tenggorokannya hitam.

Pada umumnya cemani asli memiliki warna lidah hitam keabu-abuan, namun ada juga yang memiliki warna hitam pekat. Cemani yang memiliki warna lidah hitam biasanya memiliki harga yang lebih spesial.

7. Jengger Ayam

jengger ayam cemani
Sumber: brilio.net

Warna jengger ayam asli cemani adalah hitam, sama dengan warna anggota tubuh lainnya. Berdasarkan jenggernya, ayam cemani ada 4 jenis jengger yaitu:

  • Cemani Wilah, cemani yang mempunyai bentuk jengger melebar ke atas dan berbentuk seperti gergaji.
  • Cemani Sumpel, cemani yang memiliki bentuk jengger melingkar sedikit bulat kecil atau nyumpel.
  • Cemani Telon, cemani dengan jengger berbentuk cabang tiga yaitu tengah dan pinggir.
  • Cemani Mahkota, cemani yang memiliki bentuk jengger seperti mahkota.

Jadi dilihat dari segi jenggernya cemani ada 4 jenis. Hal tersebut juga bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin ayam cemani.

READ  Ukuran Kartu Nama Standar dan Contoh Desain Kartu Nama Elegan+Keren

8. Daging dan Darah

daging ayam cemani
Sumber: youtube.com

Seperti ciri-ciri pada anggota badan lainnya, daging dan darah ayam cemani asli juga berwarna hitam. Namun, untuk membuktikan bahwa ayam jenis cemani asli hal ini tidak mungkin dilakukan pemeriksaan. Karena jika dilakukan sama harus menyembelih ayam ini.

Ciri-ciri di atas tentunya sudah cukup untuk membuktikan ayam jenis cemani yang asli, Jadi anda bisa periksa bagian-bagian tersebut yang bisa diperiksa untuk memastikan keasliannya.

Banyak hal yang membedakan jenis ayam ini dengan jenis ayam lainnya. Tidak hanya pada fisik, ayam cemani mempunyai banyak mitos khasiat yang perlu anda ketahui. Hal ini juga salah satu faktor yang membuat harga ayam cemani tinggi.

Mitos Khasiat Ayam Cemani

mitos khasiat ayam cemani
Sumber: cubicle.com

Ayam jenis cemani dipercaya memiliki banyak khasiat, hal ini merupakan salah satu penyebab harga ayam ini menjadi tinggi. Selain dipercaya berkhasiat untuk kesehatan, di masyarakat umum ayam ini memiliki mitos dapat dimanfaatkan untuk mengusir roh jahat.

Mitos lainnya tentang ayam ini yaitu bisa dimanfaatkan untuk menangkal datangnya kiriman roh jahat. Ada kalangan masyarakat tertentu yang mempercayai mitos ini. Berikut beberapa mitos khasiat ayam cemani yang sudah beredar di masyarakat.

1. Darah Ayam Cemani

darah ayam cemani
Sumber: youtube.com

Karena darah ayam ini berbeda dengan darah ayam lainnya, banyak yang percaya ada khasiat tersendiri dari darah ayam ini. Salah satunya adalah sebagai obat kuat laki-laki dalam berhubungan intim.

Selain itu ada  yang percaya darah ayam ini bisa menangkal palasik atau mahluk halus yang mengganggu bayi, caranya dengan dioleskan pada kepala si bayi.

2. Bulu Ayam Cemani

ayam hitam
Sumber: preloved.co.uk

Bulu ayam ini memiliki banyak mitos yang sudah beredar di masyarakat, khususnya masyarakat suku batak. Suku batak mempercayai bulu ayam ini bisa dimanfaatkan untuk menangkal roh jahat.

Tidak heran jika suku dayak pedalaman banyak yang memakai bulu-bulu berbagai unggas pada anggota tubuhnya. Mungkin salah satunya mereka percaya bulu-bulu tersebut bisa bermanfaat.

3. Daging Ayam Cemani

ayam cemani asli
Sumber: pinterest.com

Daging cemani pada suku dayak sudah sejak dulu dipakai sebagai sesajen untuk acara-acara tertentu di masayarakat suku dayak. Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa sesajen adalah bentuk kepercayaan orang terhadap pertolongan mahluk halus.

Bagi umat islam hal-hal seperti ini tentu merupakan bentuk kesyirikan. Karena berniat meminta bantuan terhadap mahluk halus. Namun, hal-hal seperti ini masih banyak terjadi, bukan hanya di suku dayak.

4. Minyak Ayam Cemani

gambar ayam cemani1
Sumber: vemale.com

Cara mendapatkan minyak ayam jenis cemani cukup mudah, yaitu dengan cara mengukus daging ayam maka minyak ayam cemani bisa didapatkan. Minyak ayam jenis cemani dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka dalam seperti keselo dan sejenisnya.

READ  Cara Membuat Fidget Spinner Mainan dari Bearing

Namun, hanya masyarakat tertentu yang percaya akan mitos ini. Masyarakat yang masih percaya dengan mitos-mitos biasanya adalah masyarakat yang masih kental dengan kepercayaan adat. Menurut dunia kedokteran sendiri belum ada penelitian mengenai hal ini.

5. Telur Ayam Cemani

telur ayam cemani
Sumber: youtube.com

Seperti pada ayam umumnya, ayam ini juga bertelur seperti ayam umumnya. Namun, terkadang ayam ini bertelur dengan warna telur yang hitam seperti warna ayam ini.

Jika seseorang mendapatkan telor ayam cemani yang berwarna hitam, mitosnya seseorang tersebut akan mendapatkan hoki. Jika seseorang tersebut menyimpan dan merawatnya seseorang tersebut akan tertimpa rejeki.

Harga Ayam Cemani

gambar ayam
Sumber: merdeka.com

Harga ayam cemani tergolong mahal, salah satu penyebabnya adalah ayam ini dipercaya berkaitan dengan hal-hal mistis. Selain itu bentuk dan rupa ayam ini juga berpengaruh dengan harga ayam ini.

Bentuknya yang super hitam membuat ayam di kategorikan ke dalam jenis ayam langka. Banyak juga yang menjadikan ayam ini sebagai ayam hias karena keunikannya yang tersendiri.

Harga ayam ini boleh dibilang mahal, namun yang namanya harga pasti bisa berubah-ubah. Berikut kisaran harga ayam cemani dari yang telur, itik, sampai yang dewasa atau besar.

  • Telur ayam cemani berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 50.000,-
  • Cemani usia 3 bulan berksiar Rp. 100.000 – 200.000,-
  • Cemani usia 5 bulan harganya berkisar Rp. 500.000 – Rp.600.000,-
  • Cemani usia 7 bulan memiliki harga berkisar Rp. 1.500.000,- untuk ayam cemani betina, sedangkan jantan berkisar Rp. 2.500.000,- per ekor.
  • Cemani dewasa atau yang sudah besar harganya berkisar Rp. 2.000.000,- untuk yang betina, sedangkan ayam cemani jantan dewasa harganya berkisar Rp. 4.000.000,-

Kisaran harga tersebut merupakan kisaran harga pada umumnya. Jika anda menemui orang yang menjualnya lebih mahal atau sebaliknya, seperti yang sudah dibilang harga ayam sewaktu-waktu berubah. Bisa juga penjual menentukan harga sendiri, karena penjual mempunyai hak untuk menentukan barang dagangannya.

Demikian informasi tentang ayam cemani pada artikel ini, artikel ditulis dengan pengetahuan penulis sendiri dan sumber-sumber terpercaya seperti wikipedia. Dalam memilih, perhatikan benar ciri-ciri ayam cemani asli supaya tidak teripu ketika anda membeli ayam ini. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar