Bunga mawar

Bunga Hiasan Rumah yang Indah+Gambar

Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang berbentuk indah dan wangi.  Bunga atau yang biasa disebut dengan kembang  merupakan salah satu jenis dari tanaman hias. Tanaman hias ada 5 jenis yaitu tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias akar, tanaman hias batang, dan tanaman hias buah. Dari sekian banyak jenis tanaman hias, banyak yang dimanfaatkan manusia untuk dijadikan bunga hiasan rumah.

Bunga hiasan rumah biasanya di ambil dari jenis bunga hias, tanaman hias daun dan batang. Zaman sekarang bunga buatan juga sudah banyak sekali. Bunga buatan adalah bunga yang sengaja dibuat manusia dari bahan seperti plastik, biasanya dibuat dengan bentuk dan warna yang menyerupai dengan bunga asli. Tujuannya, untuk dijadikan bunga hiasan rumah di bagian ruangan dalam rumah.

Macam-macam Bunga Hiasan Rumah dari Jenis Tanaman Hias Bunga

Bunga Hiasan Rumah1
Sumber: pexels.com

Tanaman hias bunga atau kembang merupakan jenis yang paling banyak disukai manusia. Karena bentuknya yang bagus dan berbau wangi. Jenis tanaman hias ini banyak kita jumpai sebagai bunga hiasan rumah bagian depan atau halaman. Ada yang di dalam pot, ada juga yang di tanam dihalamannya. Berikut beberapa macam-macam tanaman bunga hias:

1. Bunga Mawar

Bunga mawar
Sumber: pixabay.com

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang hampir terdapat di bagian dunia yang beriklim tropis. Seperti negara-negara di Asia, khususnya Asia Tenggara. Hampir setiap negara-negara Asia terdapat bunga mawar, namun di setiap negara berbeda-beda nama.

Bunga mawar memiliki bermacam-macam warna, ada warna merah, kuning, putih, dan warna kombinasi antara warna-warna tersebut. Bentuknya majemuk melingkar berlapis-lapis dan di tengah terkumpul benang dan putik seperti pada gambar bunga mawar di atas. Bunga ini memiliki batang pohon yang kecil dan berduri.

2. Bunga Melati

Bunga melati
Sumber: pixabay.com

Bunga melati merupakan bunga yang sudah menjadi bunga yang terkenal di Indonesia. Oleh karena itu, bunga melati sudah ditetapkan menjadi bunga nasional. Bunga melati memiliki warna yang khas yaitu putih.

Bunga ini memiliki aroma wangi, bunga ini juga melambangkan kesucian. Karena, bunga ini berwarna putih dan memiliki aroma yang wangi mampu membuat suasana menjadi tenang dan sejuk.

3. Bunga Bougenville/ Kertas

bougainville
Sumber: pixabay.com

Bunga bougenville merupakan bunga yang sudah populer hampir disetiap negara. Batang pohon bunga ini berbentuk kecil dan melika-liku banyak cabangnya. Jadi, bunga ini kurang pas jika di tempatkan di tempat seperti pot bunga.

Bunga ini memiliki warna yang cerah, sehingga sangat bagus untuk dijadikan bunga hiasan rumah. Dengan ditanam di halaman rumah bagian depan pasti akan membuat rumah semakin enak dipandang.

4. Bunga Matahari

Bunga Matahari
Sumber: pixabay.co

Bunga matahari adalah bunga yang banyak di jumpai diberbagai negara, termasuk Indonesia. Bunga termasuk ke dalam bunga tropis. Memiliki warna kuning cerah dan menghadap ke arah matahari.

Dinamakan bunga matahari, karena bentuk bunga ini seperti matahari yaitu berwarna kuning dan berbentuk bulat seperti matahari. Bunga ini memiliki batang pohon yang tegak dan tidak keras. Memiliki biji pada bagian tengah bunga, biasanya biji bunga matahari dimanfaatkan manusia sebagai makanan cemilan yang bernama kwaci.

READ  Hello world!

5. Buka Pukul Empat

Bunga Pukul Empat
Sumber: youtube.com

Bunga pukul empat merupakan bunga yang sangat cantik karena warnanya. Memiliki warna yang bermacam-macam, ada warna merah, putih, kuning, dan warna kombinasi antara warna-warna cerah. Bunga ini merupakan bunga tropis yang bisa tumbuh di negara mana saja yang beriklim tropis.

Dinamakan bunga pukul empat atau kembang sore, karena bunga ini akan bermekaran pada sore hari sekitar jam empat, dan akan menutup kembali pada pagi hari. Aromanya yang harum kemanisan akan sangat terasa ketika di malam hari.

6. Bunga Dahlia

Bunga Dahlia
Sumber: pixabay.com

Bunga dahlia merupakan bunga yang sudah populer di Indonesia. Bunga ini memiliki warna yang indah dan bermacam-macam. Ada warna merah, putih, kuning, ungu, dan warna kombinasi antara warna-warna tersebut.

Bunga ini sangat cocok dijadikan bunga hiasan rumah, karena memiliki keindahan yang bisa membuat orang memandang rumah menjadi semakin indah. Bunga ini berasal dari tumbuhan yang berakar umbi. Namun, cara menanamnya bisa dari bijinya.

7. Bunga Kembang Sepatu

gambar-bunga-kembang-sepatu
Sumber: gambarnya.com

Bunga sepatu merupakan bunga yang berwarna merah cerah. Bunga ini memiliki bagian-bagian bunga yang lengkap. Ada 5 kelopak yang melingkar saling berhubungan, ada putik yang indah karena menjulur ke luar, dan serbuk sari yang bertaburan.

Bunga ini memiliki batang pohon yang kecil dan tidak keras, jadi sangat mudah tumbang atau patah ketika tersentuh dengan keras. Bunga ini bisa ditanam di dalam pot, dan sangat bagus untuk dijadikan bunga hiasan rumah.

8. Bunga Kenanga

Bunga Kenanga
Sumber: pixabay.com

Bunga kenanga merupakan bunga yang terkenal mistis di Daerah Jawa. Karena sering dijadikan untuk media ritual. Namun, sebenarnya bunga ini memiliki bentuk yang unik. Berbentuk seperti kaki ubur-ubur karena menjulur panjang dan mengikal.

Bunga ini memiliki warna hijau ketika masih muda, dan berwarna kuning ketika sudah tua. Bunga ini tidak cocok ditanam di dalam pot. Bunga ini memiliki aroma yang sangat wangi sehingga sering digunakan oleh manusia, khususnya kaum perempuan untuk bahan wangian badan.

9. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja
Sumber: pixabay.com

Bunga kamboja merupakan bunga yang sangat bagus untuk ditanam di dalam pot. Karena bunga ini memiliki keindahan dari batang sampai bunganya. Warna bunga kamboja bermacam-macam, ada warna kuning, putih, dan merah.

Bunga ini merupakan salah satu bunga favorit para ibu-ibu rumah tangga, terbukti banyak rumah-rumah dengan hiasan bunga kamboja ini. Cara menanam bunga ini bisa ditanam dari bijinya, bisa juga dengan cara stek batang bunga ini.

10. Bunga Cempaka

Bunga Cempaka
Sumber: pixabay.com

Bunga cempaka biasa disebut dengan bunga kantil. Bunga ini memiliki warna yang bermacam-macam, ada cempaka putih, kuning, ungu, dan kombinasi warna tersebut. Bunga ini memiliki aroma yang harum. Bisa ditanam di dalam pot, karena batang pohonnya yang tidak terlalu besar dan tinggi.

Bunga ini bermacam-macam bentuk ada yang seperti bintang yang memiliki 5 kelopak, ada juga yang memiliki enam kelopak. Biasanya, masing-masing warna berbeda bentuk bunganya.

11. Bunga Anggrek

bunga anggrek
Sumber: pixabay.com

Bunga anggrek sangat bermacam-macam spesies sampai beribu-ribu, bahkan sampai bentuknya ada yang sangat jauh berbeda. Di Indonesia bunga anggrek ada yang dilindungi karena kelangkaannya. Namun, banyak juga yang diperjual belikan dengan bebas di pasaran.

READ  16 Gambar Ayam Cemani Asli beserta Mitos Khasiat Ayam Cemani

Bunga anggrek memang bunga yang banyak dicari orang pecinta bunga. Meskipun bunga jenis anggrek ada yang butu perawatan khusus untuk memeliharanya. Tidak lain alesannya, karena keindahannya yang sangat menarik.

12. Bunga Tulip

bunga tulip
Sumber: pixabay.com

Bunga tulip merupakan bunga yang sangat indah. Bunga ini sangat menarik perhatian dunia, meskipun bunga ini terlihat biasa-biasa saja. Bunga tulip sangat terkenal di Negara Belanda, bahkan sudah menjadi icon khas negara kincir angin tersebut.

Di Belanda setiap tahunnya diadakan festival bunga tulip, pengunjungnya pun sangat banyak yang berantusias, bahkan sampai wisatawan manca negara pada berdatangan untuk menyaksikan bunga ini. Bunga ini sebenarnya tidak jauh seperti bunga pada umumnya. Hanya saja memiliki warna yang indah dan kontras sekali.

13. Bunga Lily

Bunga LILY
Sumber: pixabay.com

Bunga lily merupakan bunga yang sangat cantik. Bunga ini sangat bagus sebagai bunga hiasan rumah. Ada beberapa macam warna bunga lily, seperti warna putih, wrna kuning, warna merah, warna orange, dan warna kombinasi.

Bunga cukup populer di Indonesia, karena keindahaanya yang sangat menarik dengan warna-warna yang sangat cerah.

14. Bunga Asoka

Bunga Asoka2
Sumber: pixabay.com

Bunga asoka sering dijumpai sebagai tanaman pagar hidup di rumah-rumah. Tanaman bunga ini sangat mudah perawatannya, diantara bunga lainnya bunga asoka merupakan bunga yang termasuk bunga dengan perawatan mudah.

Bunga ini sebenarnya banyak macam warnanya, namun yang sering dijumpai adalah warna merah dan warna orange. Bunga ini sangat disukai serangga-serangga karena memiliki banyak nektar yang manis.

15. Bunga Air Mata Pengantin

Air-Mata-Pengantin-
Sumber: khasiat.co.id

Bunga air mata pengantin merupakan bunga yang merambat. Bunga ini memeiliki batang yang tumbuh melilit di pohon yang lebih besar. Bunga ini memiliki warna yang sangat indah. Bunga ini merupakan bunga rambat jadi tidak cocok apabila ditanam di dalam pot.

Bunga air mata bisa ditanam dengan bijinya, tapi bisa juga dicangkok. Konon tananman hias bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

16. Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara
Sumber: khasiat.co.id

Bunga ini terkenal dengan bunga semusim yang bertubuh pendek. Seperti bunga air mata pengantin, bunga ini selain dimanfaatkan sebagai bunga hiasan rumah yang indah, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Karena bertubuh pendek, bunga ini cocok apabila ditanam di dalam pot untuk hiasan rumah. Bunga ini memiliki warna yang indah dan cantik, jadi bisa untuk menambah daya tarik apabila dimanfaatkan untuk bunga hiasan rumah.

Macam-macam Tanaman Hias Selain Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias
Sumber: pexels.com

Tanaman hiasan rumah yang tidak berbunga. Boleh dibilang ini merupakan jenis tanaman hias yang meiliki keindahan pada batang, daun, maupun warna. Atau biasa disebut tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias batang. Berikut macam-macam:

Kaktus

Kaktus
Sumber: pexels.com

Kaktus merupakan tanaman hias yang umumnya tumbuh di daerah padang pasir atau dataran padang. Tanaman hias ini banyak jenisya, ada yang berbunga, namun kebanyakan orang menilai dari keunikan batangnya.

Kaktus merupakan tanaman hias yang mempunyai kemudahan dalam perawatannya. Karena, tidak memerlukan penyiraman yang rutin berkali-kali. Tanaman ini cocok sebagai koleksi bunga hiasan rumah.

READ  Contoh Gambar Desain Hiasan dalam Rumah Kecil

Cemara

Tanaman Hias Cemara
Sumber: warung-tanaman.com

Cemara merupakan jenis tanaman hias yang bisa tumbuh besar dan tinggi. Semakin besar semakin membentuk kerucut. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah.

Tanaman cemara ada beberapa jenisnya, dan berbeda-beda bentuknya. Ada cemara udang, cemara kinoki, cemara golden peking, cemara kipas, cemara norfolk, cemara papua dan masih banyak lainnya. Namun, pada umumnya yang dinamakan tanaman cemara adalah tanaman yang sering dipakai buat acara natalan.

Sri Rejeki

Tanaman-Sri-Rejeki
Sumber: caratanam.com

Sri rejeki merupakan tanaman hias yang sering kita jumpai di kampung-kampung. Tanaman ini bagusnya ditanam di dalam pot. Tanaman ini memiliki daun yang indah dan batang yang berwarna sama dengan daunnya.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman indoor atau tanaman dalam rungan. Selain berfungsi untuk memperindah ruangan, tanaman juga berfungsi untuk menyegarkan ruangan. Karena tanaman bisa menghasilkan oksigen.

Suplir

Suplir
Sumber: tanamanhiasdaun.com

Tanaman ini sangat mudah dijumpai di kebun-kebun perkampungan, ada yang liar ada juga yang di rawat dan dijadikan bunga hiasan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi, di tebing-tebing, dan bisa juga di bebatuan.

Tanaman ini mudah tumbuh di tempat yang lembab dan mengandung humus. Tanaman suplir merupakan tanaman yang mempunyai keindahan di daunnya yang berbentuk bulat kecil dan banyak, dengan batang dan cabang yang kecil-kecil.

Paku Tanduk Rusa

paku tanduk rusa
Sumber: wikiwand.com

Tanaman paku tanduk rusa atau simbar menjangan adalah jenis tanaman pakis yang berasal dari Pulau Jawa. Tanaman ini mudah ditemukan di hutan-hutan liar. Tanaman ini tumbuh di batang pohon yang besar.

Disebut tanaman paku tanduk rusa atau simbar menjangan karena bentuk daunnya yang menyerupai tanduk rusa atau dalam bahasa jawa simbar  menjangan. Tanaman ini unik dan menarik, tidak jarang rumah-rumah yang menghiasi halaman dengan tanaman hias yang satu ini.

Calathea

Calathea
Sumber: tokopedia.com

Tanaman ini memiliki bentuk, warna, dan motif daun yang indah. Tanaman ini banyak jenisnya, ada calathea zebra hijau, calathea sisir, calathea jago, calathea silver plate, calathea saputangan, calaathea makoyana, calathea multicolor, dan calathea peacock.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman indoor atau dalam ruangan. Namun, bukan berarti tidak bagus di taruh di luar ruangan. Tanaman ini mempunyai keindahan pada daunnya yang mempunyai motif bagus dan menarik.

Gelombang Cinta

gelombang-cinta
Sumber: balebengong.com

Tanaman ini merupakan tanaman outdoor atau di luar ruangan, namun tidak dianjurkan terkena matahari secara langsung. Karena tanaman ini menyukai sinar matahari yang teduh.

Gelombang cinta merupakan tanaman yang memiliki keindahan di daunnya yang bergelombang. Tanaman ini cocok untuk ditanam di dalam pot yang besar, karena tanaman ini bisa tumbuh besar.

Demikian informasi tentang tanaman hias yang perlu diketahui. Bunga hiasan rumah sangat banyak jenisnya, sebelum memilih dari sekian banyak macam tanaman hias, alangkah lebih baik jika mencari informasi terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar