Cara Ganti Password Gmail yang Lupa / Reset Password Gmail

CARA GANTI PASSWORD GMAIL – Lupa password Gmail anda? Akun gmail merupakan sesuatu hal yang penting terutama bagi yang hidupnya penuh dengan aktivitas berhubungan dengan komputer atau laptop dan smartphone yang berbasis android atau IOS. Tentu sudah tahu yang namanya email Gmail termasuk cara membuat Gmail, fungsi Gmail, dan cara menggunakan Gmail. Oleh karena itu Gmail merupakan suatu yang penting, jadi usahakan jangan sampai lupa password untuk masuk akun Gmail. Jika lupa? Jangan kawatir, pada artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengganti password Gmail yang lupa.

Gmail merupakan kata singkatan, kepanjangan Gmail sendiri adalah Google Mail. Gmail atau Google Mail yaitu suatu layanan yang disediakan oleh Google dengan tanpa biaya atau gratis, layanan yang dimaksud adalah layanan berbasis web. Luncurnya pelayanan ini di publik boleh dibilang belum lama, yaitu dimulai pada tanggal 21 Maret 2004. Awal keluncuran Gmail ini cukup menghebohkan, karena baru keluar langsung menyediakan kapasitas sebesar 1 GB, merupakan kapasitas yang luar biasa pada waktu itu.

Kenapa Gmail belum lama keluar namun sudah sudah menguasai akses email di internet? Menurut data yang ada, pengguna internet 90% menggunakan mesin pencari google. Hal lain yang mendukung yaitu produk google kini semakin banyak dan pengguna produk google pun semakin banyak. Penggunaan Gmail menjadi akses mengirim dan menerima pesan maupun gambar yang sangat mendukung, selain itu kapasitas yang besar membuat Gmail bisa mengirim dan menerima pesan maupun file data lainnya dengan jumlah yang banyak.

Itulah sedikit alasan kenapa Gmail sekarang populer, alasan tersebut merupakan sebagian fungsi dari Gmail. Pembahasan utama pada artikel ini adalah bagaimana cara mengganti password Gmail. Banyak orang yang belum tahu cara ganti password Gmail ketika orang tersebut lupa password akun Gmailnya. Untuk lebih jelasnya bisa baca sampai selesai artikel ini.

Cara Ganti Password Gmail yang Lupa

Cara merubah password gmail
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Cara mengganti password Gmail yang lupa bukanlah suatu hal yang sulit, asal tahu cara dan aturannya. Cara dan aturannya cukup mudah, yang terpenting adalah nomor ponsel atau nomor handphone yang dipakai saat membuat akun Gmail masih aktif dan masih dipegang sama anda. Karena itulah kunci untuk mempermudah mengganti password Gmail yang lupa.

READ  Jual Masker Kefir Organik Berkualitas dengan Harga Pas di Hati

Tetapi, bagaimana jika nomor ponsel yang untuk mendaftar Gmail sudah tidak ada atau hilang? Apakah masih password Gmail yang lupa masih bisa diganti? Tenang saja, password Gmail yang lupa masih bisa diganti meskipun tanpa nomor ponsel untuk konfirmasi/verifikasi nomor ponsel. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara-cara mengganti password Gmail tanpa nomor ponsel.

Cara Mengganti Password Gmail tanpa Nomor Ponsel

lupa password gmail
Sumber: youtube.com

Reset password Gmail yang lupa tanpa nomor ponsel, pada masalah ini ada dua kemungkinan, yaitu berhasil atau tidak. Jika Gmail yang lupa passwordnya benar-benar milik anda, kemungkinan besar password akan berhasil diganti meskipun tanpa nomor ponsel untuk minta kode verifikasi. Berikut ini adalah caranya.

1. Masuk ke Gmail

Cara ganti password gmail

Pertama kali yang harus anda lakukan jika anda lupa password Gmail anda dan nomor untuk verifikasi juga sudah hilang atau tidak ada. Maka mencobalah untuk tenang dan jangan panik. Karena kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa membuat masalah semakin kacau. Jika sudah merasa tenang, anda bisa ikuti langkah-langkah mengganti password Gmail yang ada pada artikel ini.

Langkah pertama yaitu masuk ke mesin pencari google, lalu ketik Gmail pada bagian pencarian. Jika sudah, langsung klik enter atau klik tombol pencarian di sebelah kanan ketikan anda. Jika sudah, maka akan keluar tampilan seperti gambar di atas. Jika sudah tampil tampilan seperti gambar di atas, maka langkah selanjutnya adalah klik gmail dengan alamat web yaitu google.com/gmail/ . Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di atas, yaitu bagian yang dilingkari warna hijau.

2. Masukan Alamat Gmail yang Lupa Password

Cara mengganti password gmail

Setelah anda mengklik alamat web google.com/gmail tadi, maka akan keluar tampilan seperti gambar di atas ini. Isi tampilan memuat sign in / masuk ke akun Gmail, dengan cara masukan alamat Gmail pada bagian yang dilingkari merah pada gambar di atas. Masukkan alamat Gmail yang lupa password, lalu klik bagian yang warna biru dengan tulisan “next”.

Perlu diingat langkah ini adalah langkah-langkah atau cara ganti password Gmail yang lupa dan nomor ponsel yang digunakan untuk membuat akun Gmail tersebut sudah tidak ada atau hilang.

READ  Manfaat Air Putih dan Waktu yang Baik untuk Minum

3. Klik Forgot Password/Lupa Password

Cara ganti password gmail yang lupa

Jika sudah mengklik tombol biru next, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas. Yaitu tampilan yang berisi form untuk masukkan password. Pada tampilan ini, langkah yang harus anda lakukan adalah klik forgot password, letaknya yaitu di bagian yang dilingkari warna merah pada gambar di atas.

Kalau yang muncul bukan kata forgot password, biasanya kata lupa password pada tata letak yang sama. Kata forgot password/lupa password berisi link yang akan menampilkan tampilan berikutnya.

4. Pertanyaan Verifikasi Gmail

Cara ganti password gmail yang lupa

Jika sudah mengklik forgot password/lupa password maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas ini. Pada tampilan ini, berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu anda untuk ganti password Gmail anda tanpa melalui nomor ponsel.

Pilih pertanyaan yang sesuai dan yang anda bisa menjawabnya. Cara untuk memilih pertanyaan yaitu dengan mengklik “coba pertanyaan lain” pada gambar di atas bagian yang dilingkari warna merah. Klik sampai anda menemukan pertanyaan yang tidak menyangkutkan nomor ponsel untuk verifikasi.

5. Pilih Pertanyaan yang Bisa Anda Jawab

Cara ganti password gmail yang lupa

Khusus untuk cara ganti password Gmail yang lupa dan nomor ponsel untuk verifikasi sudah hilang maka pilihlah pertanyaan seperti pada gambar di atas ini. Pertanyaan di atas bermaksud supaya anda memasukkan alamat Gmail lain yang masih aktif. Yaitu alamat Gmail lain yang anda miliki untuk menerima kode verifikasi.

Jika anda hanya memiliki akun Gmail cuma 1, dan akun Gmail itu berisi pesan atau data-data file penting, maka tidak ada salahnya anda bisa membuat Gmail baru untuk menerima kode verifikasi. Supaya Gmail yang lupa password bisa terselamatkan. Jadi pada bagian ini anda harus memasukkan alamat Gmail anda selain Gmail yang lupa passwordnya. Jika sudah klik tombol warna biru “berikutnya”.

6. Masukan Kode Verifikasi dari Gmail Pemulih

Cara ganti password gmail yang lupa

Apabila anda sudah memasukkan alamat Gmail untuk pemulih, maka anda akan menerima pesan Gmail berisi kode untuk verifikasi. Buka Gmail pemulih anda, lalu pastikan ada pesan dari Google yang berisi kode verifikasi. Biasanya hanya hitungan menit pesan kode verifikasi akan sampai. Masukkan kode verifikasi ke bagian yang sudah disediakan, tampilannya seperti gambar di atas ini.

READ  Pengertian Animisme dan Dinamisme

Pastikan kode verifikasi yang anda masukkan benar, supaya mempelancar dan mempercepat proses. Solusinya, kopi paste saja biar tidak terjadi kesalahan memasukkan kode verifikasi. Jika sudah, klik tombol biru “berikutnya”.

7. Berikan Alasan Penyebab Akun Tidak Bisa Diakses

Cara ganti password gmail yang lupa

Jika sudah klik tombol “berikutnya” maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Yaitu berisi pertanyaan tentang penyebab yang membuat anda tidak bisa masuk atau tidak bisa mengakses akun Gmail anda. Pada bagian ini isi sesuai alasan anda. Jika lupa, ketik lupa password di bagian yang dilingkari pada gambar di atas.

Apabila sudah, lalu klik tombol biru “kirim”. Jika sudah sampai tahap ini dan lancar-lancar saja, maka kemungkinan besar akun anda bisa terselamatkan.

8. Tahap Akhir

Cara ganti password gmail yang lupa

Terakhir anda akan mendapatkan balasan seperti pada tampilan gambar di atas ini. Yaitu berisi tentang pemberitahuan. Bahwa pihak Gmail akan mengirim pembaruan ke alamat Gmail pemulihan. Tunggu dalam waktu 24 jam. Jika selama 24 jam tidak ada pesan pembaruan, maka coba cek di spam. Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah dengan benar, seharusnya pesan pembaruan dapat dipastikan akan sampai ke akun Gmail pemulihan anda.

Untuk selanjutnya, anda ikutin saja perintah yang ada pada pesan Gmail dari Google. Biasanya anda akan disuruh membuat password baru untuk Gmail yang lupa password. Pada tahap itu lebih bersifat pribadi, jadi bisa dikondisikan sendiri.

Demikian langkah-langkah atau cara ganti password Gmail yang lupa. Artikel ini  ditulis dengan sumber dari pengalaman penulis sendiri. Menurut penulis, cara ini tidak sulit karena penulis sendiri berhasil mengganti password Gmail yang lupa dengan cara ini. Jadi, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar