Kumpulan Cara Mengusir Tikus dari Rumah / Pengusir Tikus yang Ampuh

CARA MENGUSIR TIKUS – Tikus adalah binatang pengerat yang sangat mudah untuk dijumpai disekitar kita. Binatang ini biasanya hidup di tempat-tempat yang kotor atau tersembunyi. Tetapi terkadang binatang jenis seperti ini mengganggu kehidupan manusia. Oleh karena itu banyak orang akhirnya mencari cara atau alat sebagai pengusir tikus. Terutama apabila tikus yang suka bersemayam di rumah, kita harus bersegera mencari cara mengusir tikus dari rumah.

Bagaimana caranya? Cara untuk mengusir tikus sendiri sebenarnya ada berbagai macam. Tekniknya bisa Anda lakukan sebagaimana penjelasan kami di bawah ini. Seperti mengusir tikus dengan cuka, dengan racun tikus, perangkap tikus, dan cara lainnya. 

Cara Mengusir Tikus / Pengusir Tikus

Cara mengusir tikus
Sumber: beritaterbaru.id

Banyak tikus berkeliaran di rumah anda? Coba pakai cara pengusir tikus yang kami tulis di artiel ini, jangan biarkan tikus bersuka ria berada di dalam rumah anda.  Karena tikus merupakan hewan yang merugikan, ia suka mencuri makanan. Selain itu, tikus juga suka merusak barang-barang yang ada di rumah, seperti lemari kayu, atap kayu, dan lainnya.

Ada banyak cara atau alat untuk pengusir tikus, namun pada artikel ini akan menuliskan dan menjelaskan beberapa cara untuk mengusir tikus. Apa saja cara dan alatnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

1. Cara Mengusir Tikus dengan Cuka

Cuka Apel
Cuka Apel

Tikus mempunyai sifat yang sensitif terhadap cuka alami, dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan cuka sebagai pengusir tikus yang suka berkeliaran di rumah Anda.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan siapkan sarung tangan plastik, kapas bola secukupnya, cuka, dan mangkuk sebagai tempatnya. Setelah itu, cari lokasi atau tempat yang menjadi tempat keluar masuknya tikus, bahasa mudahnya temukan jalan tikusnya.

Jika sudah ketemu lokasi tempat jalan tikus tersebut, bersihkan dan siram cuka di lokasi tersebut. Selanjutnya, lumuri bola-bola kapas dengan cuka yang sudah disiapkan. Jangan lupa gunakan sarung tangan plastik saat melumuri bola kapas dengan cuka.

Jika sudah letakan bola kapas di tempat yang sudah dibersihkan dan diberi cuka tadi. Letakan bola kapas lainnya di tempat seperti sudut-sudut yang sering dilalui tikus, lubang-lubang, dan tempat lainnya yang sering dilalui tikus.

2. Memasang Perangkap Tikus

Perangkap Tikus
Sumber: riesalam.com

Membuat perangkap sendiri untuk mengusir tikus adalah salah satu cara ampuh untuk membasmi tikus. Gunakanlah perangkap, yang kemudian diberikan jebakan makanan dengan selai kacang, keju, atau makanan lainnya.

Perangkap tikus sekarang sudah banyak jenisnya, ada yang bisa dibuat sendiri, ada juga yang harus beli. Jika ingin membuatnya sendiri, Anda bisa ambil referensi di video-video tentang perangkap tikus. Contohnya seperti video berikut ini.

 

Itu adalah salah satu perangkap tikus yang cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Untuk contoh lainnya bisa cari saja di youtube, ada banyak video-video perangkap tikus yang cukup menarik.

3. Memelihara Kucing

Cara mengusir tikus 1
Sumber: tipsrumah.com

Cara untuk membasmi tikus yang direkomendasikan selanjutnya yaitu dengan cara memelihara kucing. Sebagaimana yang sudah sangat terkenal di dalam acara yang sudah populer di kalangan para anak-anak yaitu film tom & jerry.

READ  Cara Menanam Cabe Rawit Merah dengan Baik dan Benar

Jerry selalu menjadi binatang yang dikejar kejar oleh tom, si kucing predator yang hobi mencari tikus. Naasnya, Tom tidak pernah berhasil untuk menangkap Jerry, karena otak Jerry yang banyak akal.

Tetapi tetap saja, naluri Tom sebagai pemburu tikus pun tak pernah padam. Tom selalu mengejar Jerry kemanapun ia pergi. Hal ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dunia nyata.

Binatang rumahan ini sangat cocok sekali untuk mengusir, atau bahkan menyantap si tikus. Dia akan mengejar tikus hingga dipastikan mati , kemudian memakannya.

Tentu saja kita tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan pengejaran sendiri, karena kucing sudah mengerjakan tuga sealaminya sebagai predator pemburu tikus.

4. Memelihara Jangkrik

Cara mengusir tikus dengan jangkrik
Sumber: cdns.klimg.com

Cara Mengusir tikus yang selanjutnya adalah dengan cara memelihara jangkrik. Memelihara jangkrik ternyata terbukti ampuh, tetapi jangkriknya bukan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring ya, sebaiknya peliharalah jangkrik yang suaranya tidak nyaring.

Suara jangkrik dengan suaranya yang tidak nyaring ditelinga manusia ini ternyata mendapat respon yang berbeda apabila terdengar oleh tikus. Tikus akan merasa terganggu luar biasa dengan suara infrasonik yang dikeluarkan oleh sang jangkrik.

Alhasil, tikus pun akan menjauh dari rumah Anda, dan rumah Anda akan lebih nyaman dan terbebas dari berbagai penyakit yang di bawa oleh tikus-tikus liar.

5. Daun mint

Daun mint
Sumber: cdn2.tstatic.net

Cara selanjutnya untuk mengenyahkan si tikus liar dari peredaran kita adalah dengan menggunakan daun mint. Daun ini tak hanya mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, tanaman jenis ini juga mempunyai kegunaan dan peran penting dalam mengusir tikus yang mondar-mandir di rumah Anda.  Tidak lain tidak bukan adalah karena aroma daun mint yang tidak disukai oleh binatang pengerat itu.

Belilah 1 hingga 2 ikat daun mint, kemudian dilanjutkan dengan mengambil sari serta kemudian dilarutkan ke dalam air. Ketika sudah larut, dilanjutkan dengan menyemprotkan larutan tersebut ke area yang acapkali dilalui oleh tikus hama legendaris ini.

Secara otomatis, tikus akan berusaha untuk menghindar dari tempat yang diberi larutan mint tersebut, untuk dapat melakukan proses ini secara rutin, maka disarankan Anda untuk melakukan penanaman pohon mint sendiri di halaman rumah.

6. Soda Pop (Bom Soda)

Cara mengusir tikus dengan soda
Sumber: id2-cdn.pgimgs.com

Menurut studi yang pernah dilakukan, ternyata tikus ternyata merupakan mamalia yang tidak mampu untuk bersendawa atau mengeluarkan gas yang terdapat di dalam tubuhnya secara alami.

Oleh karena itu, baking soda adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai pengusir tikus. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menaruh atau mencampurkan baking soda ke makanan atau umpan yang digemari oleh tikus.

Bayangkan, apabila makanan yang telah diberi baking soda dikonsumsi oleh tikus, serta tak mampu untuk dikeluarkan, sehingga sejumlah hasil dari reaksi cairan soda serta asam akan membuat perutnya kembung

READ  Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton Lengkap Beserta Gambarnya

7. Menggunakan Kulit Durian

Cara mengusir tikus dengan kulit durian
Sumber: durenjawara.com

Durian adalah buah dengan kulit yang tajam dan sangat berbahaya apabila di pegang menggunakan tangan kosong secara sembarangan. Buah yang mempunyai banyak p[enggemar ini ternyata dapat digunakan untuk mengusir tikus.

Cara mengusir tikus dengan kulit durian yaitu dengan cara memotongnya dan kemudian di letakkan di daerah yang kerap dilewati oleh si tikus. Dengan durinya yang tajam, serta aromanya yang menyengat akan membuat tikus tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

8. Campuran Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian

Cara mengusir tikus dengan saus cabai, air, dan detergen
Sumber: gurupendidikan.co.id

Salah sartu solusi selanjutnya yang bisa kamu lakukan utnuk dapat mengusir tikus yaitu dengan menggunakan campuran  ini. Campurlah saus cabai yang tentunya rasanya pedas dengan deterjen, kemudian dilanjutkan dengan melarutkannya ke dalam air.

Masukkan hasil oplosan atau campuran tersebut ke dalam botol untuk nantinya dapat disemprotkan dengan spray. Nah, ketika Anda melihat tikus tersebut, maka semprotlah si tikus dengan campuran  tersebut. Maka secara otomatis nanti si tikus akan merasa kepanasan dan lari tunggang langgang karena panas di sekujur tubuh mereka.

9. Buah Mengkudu

Mengkudu
Sumber: mengkudu.org

Buah pace atau buah mengkudu adalah salah satu buah dari tanaman yang terkenal akan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ternyata tiidak berhenti di situ, Anda juga bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk mengusir tikus-tikus pengganggu di rumah Anda.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menghancurkan kemudian mencampurkannya dengan air. Setelah itu, campuran itu disebarkan di area di mana tikus biasa melewatinya.Nah, cara ini paling cocok digunakan dalam mengusir tikus yang berada di sawah atau berada di gudang.

10. Menangkap Satu Tikus kemudian Mewarnainya

Tikus Curut
Sumber: yukmenulis.com

Cara mengusir tikus yang terakhir ini digolongkan sebagai salah satu cara yang unik. Bagaimana tidak, dengan cara memanfaatkan tikus tersebut.

Untuk Anda yang tidak merasa jijik dengan tikus, cara ini bukanlah sebuah masalah dan mudah untuk dieksekusi. Salah satu cara efektif untuk mengusir tikus adalah dengan memanfaatkan binatang ini.

Tangkaplah seekor tikus, yang kemudian diwarnai dengan pewarna tekstil menggunakan warna yang cerah atau mencolok. Sertelah itu, biarkan terlebih dahulu warna tersebut kering.

Setelah kering, lepaslah kembali tikus yang sudah diwarnai. Tikus tersebut akan kembali kepada kelompoknya, namun kelompoknya akan pergi menjauhinya karena warnanya yang mereka anggap menakutkan.

 

11. Bulu Burung Hantu atau Ular Plastik

Ular Plastik
Sumber: tokopedia.com

Bulu burung hantu bisa digunakan untuk menakut-nakuti tikus. Tikus adalah mangsa alami dari burung hantu. Di mana burung hantu termasuk sebagai binatang predator yang memburu tikus ketika malam hari.

Replika Ular juga bisa Anda gunakan untuk menakut-nakuti tikus. Ular juga termasuk sebagai predator utama dari tikus. Banyak lubang tikus yang dimasuki oleh ular, yang kemudian tikus tersebut dimangsa oleh ular secara langsung di dalam sarangnya sendiri.

12. Lada

Cara mengusir tikus dengan lada
Sumber: matajurnal.com

Tikus merupakan binatang yang memanfaatkan indra penciumannya untuk mencari makanan. Sayangnya, tikus ini merupakan binatang rakus yang memakan segala jenis makanan apapun. Oleh karena itu, gunakanlah lada untuk membuat tikus ini mejauh.

Aroma lada yang menyengat dan membuat gatal hidung, akan dihindari oleh tikus yang merupakan binatang dengan hidung yang sangat sensitif.

13. Daun salam

Daun salam
Sumber: khasiatdaun.com

Daun salam mungkin tidak memiliki aroma yang menyengat. Tetapi ternyata merupakan salah satu bahan yang cukup efektif di dalam cara mengusir tikus ini. Daun salam mungkin akan dimakan oleh tikus, tetapi kemudian tikus akan keracunan dan mati.

Dengan begitu, gunakanlah daun salam secara rutin untuk emmbuat tikus jera, dan tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

14. Bawang Putih

bawang putih
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Salah satu cara mengusir tikus yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bawang. Bawang adalah salah satu bumbu dapur yang juga tidak disukai oleh tikus. Tikus akan menjauh ketika mencium aroma bawang.

Nah oleh karena itu, gunakanlah bawang dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu agar aroma bawang bisa lebih keluar.

15. Menggunakan Kamper/Kapur Barus

Cara mengusir tikus dengan kapur barus
Sumber: rumah.com

Kamu dapat mengusir tikus dengan cara memanfaatkan kamper atau kapur barus yang dikenal sangat ampuh untuk mengusir tikus. Letakkan kamper di tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk berkeliaran binatang mamalia kecil ini.

READ  Manfaat Air Putih dan Waktu yang Baik untuk Minum

Dengan begitu tikus akan kabur, dan tidak mau mendekat karena aromanya yang mereka rasa tidak sedap. Kapur barus ini juga mampu untuk mengusir serangan semut-semut yang bandel.

16. Minyak Peppermint

Minyak peppermint
Sumber: skin.co.id

Gunakanlah minyak peppermint untuk mengusir tikus. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan kamper, di mana minyak peppermint juga mempunyai aroma menyengat yang tidak disukai oleh si tikus.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Mungkin cara ini tidak terlalu efektif, namun apabila Anda sudah menggunakan berbagai cara mengusir tikus dari rumah tetapi tidak ampuh dan tikus masih saja berkeliaran. Maka tidak ada salahnya menerapkan semua cara yang ada, termasuk cara ini.

 

17. Suara bising

Alat pengusir tikus 1
Sumber: ecs12.tokopedia.net

Dengan suara bising, tikus akan merasa terganggu dan tidak nyaman. Dengan demikian, si tikus akan secara otomatis menjauhi sumber suara. Sekarang sudah banyak tersedia alat pengeluar suara khusus untuk mengusir tikus. 

Tetapi suara bising yang dimaksud bisa saja menggunakan nada-nada seperti suara jangkrik. Sekarang zamannya serba mudah, tinggal ketik suara jangkrik di mesin pencari, maka mesin pencari akan menyuguhkan banyak pilihan suara jangkrik.

Demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai cara mengusir tikus. Semoga dapat dimanfaatkan dan membantu Anda dalam menghindari gangguan tikus yang sangat membandel. Masih banyak cara mengusir tikus dari rumah yang lainnya selain cara-cara di atas. Namun, cara ampuh mengusir tikus hanya beberapa saja. 

Tinggalkan komentar