Kumpulan Contoh Artikel Pendidikan / Kesehatan / dan Artikel Ilmiah

CONTOH ARTIKEL – Pengertian artikel berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Artikel adalah suatu hasil karya yang berbentuk tulisan yang lengkap, seperti esai majalah, laporan surat kabar, laporan berita, dan masih banyak lagi. Artikel sendiri ada banyak macamnya seperti artikel pendidikan, artikel kesehatan, artikel ilmiah, artikel budaya, artikel politik, artikel ekonomi, artikel olahraga, dan artikel penuntun praktis.

Selain macam-macam artikel, ada juga jenis artikel, yaitu jenis artikel  argumentasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan narasi. Sedangkan cara penulisannya ada jenis artikel prediktif, eksploratif, deskriptif, eksplanatif, dan preskriptif.

Untuk mempermudah mengenali sebuah artikel, maka perlu mengetahui ciri-ciri artikel. Ciri-ciri artikel yaitu:

  • Isi tulisannya singkat, padat, jelas, dan tuntas.
  • Mempunyai sumber dari fakta yang bukan sekedar realita.
  • Bersifat faktual dan mengungkapkan semua data dengan sepengetahuan pengarang.
  • Tulisannya original.
  • Uraian atau isi dari karangan sesuai dengan fakta dan data yang diperoleh dari objek atau narasumber, bukan hanya sekedar hasil pemikiran pengarang atau penulis.
  • Isi artikel bisa penjelasan tentang biografi seorang tokoh, sebuah peristiwa, kisah suatu perjalanan, argumentasi, dan lainnya.
  • Gagasan yang dibawa harus sesuai dengan khalayak umum.

Itulah penjelasan singkat tentang artikel, intinya artikel adalah suatu hasil karya tulis yang lengkap dan bersifat informatif. Seperti tulisan yang sedang anda baca ini, adalah sebuah artikel yang memuat tentang informasi seputar artikel. Masuk ke tema pembahasan utama yaitu contoh-contoh artikel pendidikan, kesehatan, dan contoh-contoh artikel ilmiah.

Artikel Pendidikan

Contoh Artikel pendidikan
Sumber: pixabay.com

Artikel pendidikan adalah sebuah karya tulis yang berisi informasi tentang bidang pendidikan, baik pendidikan formal atau pun pendidikan non formal. Pendidikan formal yaitu pendidikan yang dilakukan di sekolahan, jalur pendidikan formal memiliki jenjang pendidikan lanjutan yang jelas dan pasti. Seperti pendidikan dasar, selanjutnya ke jenjang pendidikan menengah, dan lanjut ke pendidikan tinggi.

Sedangkan pendidikan non formal adalah jalur pendidikan yang di luar jalur pendidikan formal, artinya pendidikan yang didapat dari cara tidak melalui sekolah formal, seperti kursus, pesantren, dan lainnya. Jadi artikel pendidikan merupakan tulisan yang memuat gagasan yang mendidik, atau bernilai edukasi.

Contoh Artikel Pendidikan

Penjelasan tentang artikel pendidikan tentu tidak lengkap tanpa disertai dengan contoh artikel pendidikan. Mungkin bisa diibaratkan seperti teori tanpa praktek. Artinya ilmu itu akan lebih mudah dipahami jika penjelasannya disertai dengan praktek.

Begitu juga dengan pembahasan tentang artikel pendidikan ini, tentu akan lebih mudah dipahami penjelasannya jika disertai sebuah contoh. Maka dari itu, pada artikel ini tidak hanya sekedar memberikan penjelasan tentang pengertiannya saja, tetapi diseratkan pula contoh artikel pendidikan. Berikut ini adalah contoh artikel pendidikan.

A. Contoh Artikel Tentang Pendidikan 1

Motivasi Belajar untuk Anak

Artikel pendidikan
Sumber: pixabay.com

Memberikan semangat kepada anak untuk rajin belajar merupakan hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika anak sudah masuk ke sekolah dasar, tentunya memerlukan perhatian lebih. Penerapan pendidikan yang baik sejak dini merupakan hal yang akan sangat berefek baik ketika sudah besar nanti.

Tanpa motivasi dari orang tua dan para guru, tentu anak akan mengalami kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu, memberikan motivasi secara terus-menerus menjadi keharusan orang tua dan para guru dalam proses belajar. Berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk memberikan motivasi dalam meningkatkan semangat belajar anak di sekolah.

1. Metode Pengajaran dan Kegiatan Belajar yang Beragam

Cara ini perlu diterapkan oleh guru yang mengajar anak di sekolah, karena dalam belajar di sekolah akan terasa jenuh dan membosanka jika terlalu monoton. Apabila anak jenuh dan bosan dalam belajar, tentu akan menurunkan semangatnya dalam belajar dan menimba ilmu.

Alhasil anak akan kurang mempunyai minat untuk menangkap dan memahami pelajaran yang disampaikan. Jadi, seorang guru memang mempunyai tugas yang benar-benar diperhatikan jika ingin anak didikannya sukses dalam menangkap pelajaran yang disampaikannya.

2. Menjadikan Anak sebagai Peserta Aktif dalam Belajar

Seorang guru harus bisa memberikan keleluasan kepada muridnya untuk mengekspresikan diri dalam berpendapat, bertanya, berkreasi, mendesain, dan hal lainnya yang memancing keaktifan seorang anak dalam belajar.

3. Memberikan Suatu Pengarahan yang Baik pada Siswa

Seorang harus bisa memberikan arahan kepada muridnya tentang hal-hal yang baik dan bagaimana cara untuk mendapatkan suatu hasil yang maksimal. Seperti jangan membiarkan anak didikannya mencotek, mengerjakan tugas asal-asalan, dan lainnya.

4. Memberikan Penghargaan pada Hasil Belajar

Apabila anak sudah berusaha dengan sungguh-sungguh dalam belajar, maka berikanlah suatu penghargaan yang membuat senang dan bisa memberikan dorongan untuk meningkatkan prestasi dan usahanya dalam belajar. Penghargaan ini bisa dalam bentuk hadiah atau pun sesuatu lain yang membuat anak senang.

5. Tidak Memberikan Ancaman

Jangan membuat anak merasa terancam, seperti memberikan hukuman yang tidak mendidik, kekerasan, dan lainnya yang tidak memiliki nilai positif. Misalkan mengancam apabila anak mendapatkan nilai yang tidak memuaskan, hal ini bisa menyebabkan anak berbuat segala cara untuk terhindar dari ancaman. Seperti mencontek supaya mendapat nilai yang memuaskan dan terhindar dari ancaman.

Itulah beberapa tips atau cara yang bertujuan bisa memberikan motivasi belajar pada anak. Sebenarnya masih ada banyak tips dan cara untuk memberikan motivasi belajar pada anak yang tidak tercantum di sini. ke-5 hal di atas merupakan contoh saja.

B. Contoh Artikel Tentang Pendidikan 2

6 Tips Melatih Anak untuk Percaya Diri

Contoh artikel pendidikan 2
Sumber: pixabay.com

Rasa percaya diri merupakan bekal yang sangat penting buat kesuksesan anak kelak besar nanti. Sering kita jumpai orang dewasa yang pemalu dan tidak berani tampil di muka umum, hal ini karena seorang tersebut kurang memiliki rasa percaya diri, padahal untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses harus berani tampil di muka umum untuk berpidato atau pun presentasi.

Maka dari itu, kita bisa ambil kesimpulan bahwa rasa percaya diri itu sangat penting untuk kesuksean orang tersebut. Jadi melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri itu perlu sejak dini atau sejak masih anak-anak. Lalu apa saja kiat-kiat agar anak tumbuh menjadi seorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri maksimal? Berikut ini adalah tis-tips untuk melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

READ  Cara Ganti Password Gmail yang Lupa / Reset Password Gmail

1. Bantu Anak untuk Menemukan Kegiatan yang Cocok

Setiap anak umumnya dilahirkan dengan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sebagai orang tua tentu harus bisa mengenal kelebihan dan kekurangan yang ada pada anaknya. Mungkin hal ini akan bisa dilihat ketika anak mulai mengenyam pendidikan formal.

Misalnya anak memiliki kelebihan di jiwa seni yang bagus atau hobi olahraga di mata olahraga tertentu, sebagai orang tua harus mengenali hal ini, dan mendukungnya selama itu hal yang positif. Jika anak sudah menemukan kegiatan yang sesuai dengan minatnya, maka rasa percaya diri akan lebih mudah tumbuh dan orang tua pun akan lebih mudah melatih kepercayaan diri pada anak.

Contohnya yaitu anak memiliki suara yang bagus, maka orang tua bisa membantu menemukan kegiatan yang cocok untuk anaknya. Misal memberikan les menyanyi biar menjadi seorang penyanyi, atau masukan anak ke pesantren tahfidz Qur’an agar menjadi seorang Qori.

2. Berikan Hadiah Ketika Anak Melakukan Hal yang Istimewa

Tips berikutnya yaitu apabila anak melakukan sesuatu yang istimewa berikan sesuatu yang membuat anak merasa besar hati. Namun dengan catatan berniat untuk melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Misalkan anak berhasil menjadi juara kelas, sesekali puji dengan kata-kata yang baik, seperti memuji dengan kata wah… Anak Ibu pinter, anak ibu hebat.

Dengan perkataan seperti itu, pastinya bisa membuat hati anak senang dan merasa dihargai atas kerja kerasnya. Namun, ucapan pujian yang diberikan jangan sampai berlebihan.

3. Selalu Gunakan Kata-kata yang Baik Meskipun Bermaksud Menegurnya

Berkata dengan kata-kata yang baik kepada anak sebaiknya dalam setiap keadaan, entah ketika anak melakukan sesuatu yang besifat istimewa atau pun ketika anak melakukan sesuatu yang bersifat kesalahan.

Selain itu, saat anak sedang membutuhkan kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu, berikanlah motivasi dengan kata-kata yang bisa mendorongnya untuk bisa. Seperti anak Ibu/Bapak pasti bisa, hal itu mudah buat anak Ibu/Bapak.

4. Hindari Perkataan yang Bisa Menyinggungnya

Masih bersangkutan dengan yang di atas, bahwa jangan sampai orang tua mengatakan kepada anak perkataan-perkataan yang kasar, membentaknya, apalagi sampai berbuat kekerasan. Hal tersebut tentu akan menyinggung hati anak, dan anak akan terpuruk dan menurun mental dan tingkat kepercayaan dirinya.

Hal tersebut juga bisa membuat anak tumbuh menjadi seorang yang minder dan tidak memiliki kepercayaan diri. Jika seperti itu, harapan anak menjadi seorang yang sukses semakin berkurang.

5. Jangan Membandingkan-bandingkan Anak

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh setiap orang tua, karena setiap anak tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, setiap anak pasti memiliki perbedaan. Jadi, meskipun itu sesuatu yang baik pada diri anak, usahakan jangan sampai membanding-bandingkan dengan sodaranya, temannya atau orang lain siapa saja.

Karena jika membandingkan hal buruknya hal tersebut bisa mengganggu psikologinya, begitu juga sebaliknya jika membandingkan hal baiknya itu bisa menimbulkan rasa sombong pada diri anak.

6. Ajari Berkomunikasi yang Baik

Tips terakhir pada artikel ini yaitu membiasakan berkomunikasi dengan anak, supaya anak lebih terbiasa dalam berbicara dan berkomunikasi. Rasa percaya diri pada anak bisa terlatih dan tumbuh apabila anak sudah terbiasa berkomunikasi.

Ketika orang tua rajin berkomunikasi dengan anak, maka anak akan lebih aktif ketika sedang berkomunikasi. Misalnya anak pasti akan bertanya dan tidak menutup kemungkinan anak akan mengeluarkan unek-unek dalam hati ataupun ide-ide yang ada dalam pikirannya.

Demikian tips-tips pada artikel ini, yaitu tips melatih anak untuk percaya diri. Kepercayaan diri merupakan suatu yang sangat penting bagi si anak, karena akan meningkatkan tingkat kesuksesannya kelak ketika sudah besar.

C. Contoh Artikel Tentang Pendidikan 3

Pengertian Metode Brainstorming dan Manfaatnya

Contoh artikel tentang pendidikan
Sumber: pixabay.com

Ada banyak metode pembelajaran yang sudah diterapkan oleh suatu kelompok diskusi atau pun kelompok belajar. Banyaknya varian metode dalam pembelajaran tentunya bermaksud untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif dan berkembang.

Seperti metode pembelajaran brainstorming yang sekarang sedang mulai dikembangkan. Metode ini sering kali dilakukan kelompok diskusi yang akan menyelesaikan suatu masalah secara bersama-sama. Lalu apa pengertian dari metode pembelajaran brainstorming ini?

Pengertian Metode Pembelajaran Brainstorming

Metode brainstorming adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi diskusi untuk memecahkan masalah atau juga untuk menemukan suatu gagasan, pengetahuan, pendapat, informasi, dan pengalaman dari peserta.

Di dalam metode ini, peserta diskusi diberi keleluasan untuk menyampaikan pendapatnya tanpa ada tanggapan. Artinya tanggapan berupa apa saja dan seaneh apapun akan ditampung dan nantinya akan di analisa sekaligus dievaluasi.

Diharapakan dengan adanya metode ini di dalam diskusi bisa muncul ide-ide yang  unik dan menarik. Metode ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi suatu diskusi yang dilakukan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat dari Metode Pembelajaran Brainstorming

Manfaat dari penerapan metode pembelajaran brainstorming ini ternyata cukup banyak bagi suatu forum yang sedang berdiskusi dengan metode brainstorming. Di antaranya yaitu:

  • Mengasah Daya Pikir Peserta Diskusi.
  • Melatih peserta diskusi untuk tampil percaya diri.
  • Melatih peserta diskusi untuk menghargai suatu pendapat.
  • Melatih kekreatifan peserta diskusi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari diskusi yang menerapkan metode pembelajaran brainstorming. Demikian pembahasan tentang metode pembelajaran brainstorming meliputi pengertian dan manfaatnya, semoga bermanfaat.

Itulah tiga contoh artikel pendidikan yang bisa diketahui, dengan ketiga contoh tersebut tentu sudah tahu dan paham tentang artikel pendidikan. Selanjutnya adalah pembahasan tentang artikel kesehatan. Sama dengan pembahasan artikel pendidikan, kita akan membahas artikel kesehatan yaitu meliputi pengertian dan contoh-contohnya.

Seperti yang kita ketahui dan sudah dibahas di atas, bahwa artikel ada banyak macamnya. Selain artikel pendidikan, ada juga yang namannya artikel kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tentang artikel kesehatan.

Artikel Kesehatan

Contoh artikel kesehatan
Sumber: pixabay.om

Artikel kesehatan adalah suatu karya tulis yang berisi tentang informasi dunia kesehatan. Ada banyak yang mendifinisikan tentang pengertian kesehatan, seperti Organisasi Kesehatan Dunia mengartikan kesehatan sebagai suatu keadaan fisik, mental, dan sosial yang sejahtera bukan sekedar tidak memiliki penyakit atau keadaan yang lemah.

Sedangkan definisi kesehatan menurut Majelis Ulama Indonesia yaitu mengartikan kesehatan sebagai suatu ketahanan jasmani, sosial, dan rohani yang dimiliki manusia dan merupakan suatu karunia dari Allah SWT yang harus disyukuri.

READ  Rambu Lalu Lintas dan Artinya beserta Gambar Rambu Lalu Lintas

Dari dua definisi pengertian tentang kesehatan tersebut, kita bisa ambil kesimpulan secara umum bahwa kesehatan dibagi menjadi dua bagian yaitu kesehatan secara fisik dan kesehatan secara mental.

Kesehatan tubuh yaitu kesehatan yang dilihat dari segi kondisi fisik, sedangkan kesehatan mental yaitu kesehatan yang dilihat dari segi kondisi jiwa dan mental. Mungkin itu sedikit pembahasan tentang pengertian kesehatan, selanjutnya yaitu contoh-contoh artikel kesehatan.

Contoh Artikel Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa contoh artikel kesehatan, bagi anda yang sedang mencari contoh-contoh artikel kesehatan, mungkin ini bisa membantu.

A. Contoh Artikel Kesehatan 1

Penanganan Mudah untuk Mengeluarkan Racun Dalam Kulit

Contoh artikel tentang kesehatan
Sumber: naturalhut.net

Tanpa kita sadari kulit kita sering terpapar polusi yang mengandung zat-zat, racun, dan partikel-partikel berbahaya untuk kesehatan kulit. Sehingga menjadikan kulit memiliki warna yang kusam, tidak merata, berminyak berlebihan, kering, dan muncul jerawat dan komedo. Maka dari itu perlu penanganan mudah untuk mengeluarkan racun dalam kulit.

Di dunia yang semakin maju dan modern ini, banyak obat-obatan yang diracik dengan teknologi khusus untuk kesehatan kulit. Hasilnya memang bagus dan banyak yang terbukti, namun penanganan dengan jenis obat-obatan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi, hanya orang-orang tertentu yang bisa memanfaatkannya.

Dan bagi yang terkendala oleh biaya, jangan khawatir, untuk merawat kulit dari zat-zat, racun, dan partikel-partikel berbahaya jangan sampai terpaku dengan biaya yang banyak. Ada banyak cara lain untuk masalah ini, misalnya dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini.

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih adalah zat paling netral dan bagus untuk menetralkan racun-racun di dalam tubuh maupun di dalam kulit. Minum air secara cukup akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta proses ekskresi di dalam tubuh.

Banyak manfaat yang kita dapat apabila kita minum air putih yang cukup setiap hari, selain terhindar dari dehidrasi, organ-organ penting dalam tubuh juga menjadi lebih sehat dan enak di badan.

Konsumsi Yogurt

Yogurt banyak mengandung bakteri probioitik yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk kesehatan kulit. Karena bakteri ini di dalam tubuh bekerja memerangi racun yang ada.

Mengkonsumsi Makanan yang Banyak Serat

Serat memang memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, tidak hanya bagi kesehatan pencernaan saja, namun ada juga manfaat lainnya yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh kita, termasuk juga kesehatan kulit.

Serat ini mampu membantu memerangi racun pada tubuh yang menyerang pori-pori kulit. Racun inilah yang membuat kulit kusam dan tidak cantik.

Mengkonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Zat Antioksidan

Banyak jenis makanan yang mengandung zat antioksidan, seperti buah-buahan, ikan, dan masih banyak lagi. Zat antioksidan ini bekerja melawan radikal bebas yang membuat kulit cepat keriput, kusam, dan bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan terlhat cantik. Jadi jika tidak memiliki biaya untuk perawatan kesehatan kulit, anda bisa menerapkan cara-cara di atas.

B. Contoh Artikel Kesehatan 2

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Artikel tentang kesehatan
Sumber: Lifestyle.Analisadaily.com

Kelebihan berat badan merupakan hal yang perlu diperhatikan, selain menyebabkan kurangnya tingkat kepercayaan diri, kelebihan berat badan juga bisa mejadi sumber datangnya penyakit.

Terkadang manusia memang aneh, yang kurus ingin memiliki tubuh yang gemuk dan berisi, namun sebaliknya yang gemuk ingin memiliki tubuh yang kurus. Dan yang terjadi, ketika keduanya kesampaian keinginannya, yang ingin gemuk dan sudah terwujud menjadi gemuk berubah pikiran jadi ingin kurus lagi.

Artinya memiliki tubuh yang gemuk, apalagi sampai kelebihan berat badan memang tidak nyaman, karena sudah pasti geraknya terbatas. Nah, bagi yang ingin menurunkan berat badan, anda boleh menerapkan cara mudah dan sederhana untuk menurunkan berat badan berikut ini.

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan sebenarnya dianjurkan bagi semua orang, tidak hanya untuk yang ingin menurunkan berat badan. Mengatur jam makan dan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi menjadi suatu perhatian yang harus diperhatikan.

Seringkali dijumpai seseorang yang sedang melakukan program penurunan berat badan dengan cara yang membuat badan lemas dan berkurangnya sistem kekebalan tubuh. Hal seperti itu tentunya tidak dianjurkan. Meskipun kita sedang menjalani program penurunan berat badan, tetapi jangan sampai mengorbankan kesehatan tubuh kita.

Karena kesehatan tubuh adalah suatu yang harus diutamakan. Percuma apabila berhasil menurunkan berat badan namun langsung rumah sakit. Jadi, meskipun sedang menjalani program penurunan berat badan, nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh harus tetap terpenuhi.

Olahraga yang Teratur

Olahraga yang teratur akan sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Olahraga ringan namun membakar banyak lemak di antaranya seperti olahraga jogging, low impact aerobic, dan lari di treadmill selama kurang lebihnya 20 menit.

Jika ingin hasil yang maksimal, bisa diusahakan untuk olahraga tersebut setiap hari dengan waktu yang cukup dan jangan belebihan. Selain akan menurunkan berat badan, tingkat kesehatan pun akan terjaga.

Nah, cara tersebut merupakan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan jika anda seorang yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Jadi, tidak harus mengkonsumsi suplemen atau obat penurun berat badan.

C. Contoh Artikel Kesehatan 3

Resiko Tidur yang Berlebihan

Artikel Kesehatan 1
Sumber: pixabay.com

Tidur merupakan salah satu kegiatan wajib semua orang, tanpa tidur orang tidak bisa istirahat dan badan akan terasa lelah, letih, dan lemas tidak berdaya. Namun, tidur juga sama dengan aktivitas lainnya yang tidak boleh dilakukan secara belebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Normalnya waktu tidur yaitu 7-8 jam saja. Adapun seseorang jika sering tidur secara berlebihan tidak menutup kemungkinan akan berpotensi terkena beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dimaksud.

Sakit Kepala

Sakit kepala yang disebabkan karena tidur yang berlebihan memang sudah teruji oleh para peneliti. Tidur yang terlalu lama bisa mengganggu neurotransmitter di otak, termasuk juga serotonin.

Obesitas

Tidur yang terlalu lama memang sudah dipercaya dari dulu dapat menyebabkan kegemukan atau yang sering disebut dengan obesitas. Orang yang sering tidur lebih dari 8 jam akan lebih besar terkena obesitas.

READ  Pemain Bola Muslim yang Populer di Sepak Bola Eropa

Diabetes

Diabetes atau yang sering disebut dengan penyakit gula, merupakan suatu penyakit yang tergolong mematikan. Gula darah daat naik dan turun tidak hanya dari faktor makanan saja. Tidur yang berlebihan ternyata dapat mengganggu kestabilan kadar gula darah.

Ternyata dibalik enaknya tidur secara berlebihan bisa merugikan kesehatan tubuh kita. Jadi, jika anda memiliki kebiasan tidur yang berlebihan sebaiknya hilangkan kebiasan tersebut dan mulailah hidup dengan pola yang sehat.

Ketiga artikel di atas ini adalah contoh-contoh artikel tentang kesehatan, pada intinya artikel kesehatan yaitu artikel yang membahas seputar dunia yang berhubungan dengan kesehatan. Dengan ketiga contoh artikel di atas semoga bisa membantu anda yang masih bingung dengan artikel kesehatan. Pembahasan selanjutnya yaitu tentang artikel ilmiah.

Terakhir kita akan membahas tentang artikel ilmiah, sama seperti di atas, kita akan membahas meliputi penjelasan dan contohnya.

Artikel Ilmiah

Contoh artikel ilmiah
Sumber: manistebu.com

Artikel ilmiah adalah karya tulis yang paling lengkap karena memenuhi kaidah-kaidah ilmu tentang pengetahuan. Berbeda dengan artikel lainnya, artikel ilmiah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu yang dikenal dengan artikel ilmiah hasil pemikiran, artikel ilmiah hasil penelitian, dan artikel ilmiah populer.

Jenis-jenis Artikel Ilmiah

  • Artikel ilmiah hasil penelitian, yaitu artikel yang dibuat dari hasil pemikiran dan sudah dilakukan penelitian, tetapi penelitian yang dilakukan tidak sistematis dan juga bukan untuk tujuan akademis.
  • Artikel ilmiah hasil penelitian, yaitu artikel yang dibuat sesuai hasil penelitian. Umumnya seorang mahasiswa menulis skipsi, kemudian guru atau dosen menulis tesis dan dilanjutkan dengan mengadakan penelitian.
  • Artikel ilmiah populer, yaitu karya tulis ilmiah yang disajikan menggunakan format dengan bahasa yang populer namun tetap tidak meninggalkan kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah.

Sitematika Artikel Ilmiah

Ketiga jenis artikel ilmiah di atas masing-masing memiliki sistematika ilmiah yang berbeda-beda, namun pada intinya masing-masing memiliki sistem penulisan yang sama.

Sistematika Artikel Ilmiah Hasil Pemikiran

  • Pendahuluan: Judul, abstrak, kata-kata kunci.
  • Isi                 : Pernyataan masalah, uraian teori, fakta-fakta yang jadi masalah,                             diskusi, kemudian kesimpulan, dan saran.
  • Penunjang    : Daftar pustaka dan biodata penulis.

Sistematika Artikel Ilmiah Hasil Penelitian

  • Pendahuluan: Judul, abstrak bisa Indonesia bisa juga inggris, dan kata kunci.
  • Isi                 : Pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, simpulan, saran.
  • Penunjang   : Daftar pustaka dan data diri penulis.

Sistem Artikel Ilmiah Populer

  • Pendahuluan: Hal-hal yang menarik dan mutakhir dari permasalahan.
  • Isi                  : Pembahasan dari yang umum menuju lebih spesifik atau                                        sebaliknya.
  • Penutup        : Simpulan dan saran.

Contoh Artikel Ilmiah Populer

Reformasi Pendidikan Tinggi dan Universitas Kreatif

Said Irandoust

Indonesia International Institute for Life Science, Jakarta

Universitas sudah selayaknya menjadi pemain penting di dalam terciptanya generasi pengusaha yang bisa memulai dan mengembangkan sebuah usaha, sampai bisa menciptakan lapangan kerja, dan berpartisipasi dalam kemajuan ekonomi di daerahnya.

Peran staf di perguruan tinggi wajib mempunyai komitmen bersama untuk memajukan perekonomian dengan menciptakan pengusaha yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu, tidak hanya menghasilkan karyawan dan konsumen, namun menghasilkan generasi-generasi pengusaha yang banyak mencetuskan ide-ide dan inovastif.

Supaya tercapai semua itu, sebuah perguruan tinggi perlu menumbuhkan pola pikir yang kreatif dan memiliki skill kewirausahaan yang bagus. Kekreatifan bisa dilihat dari bagaimana kemampuan dalam mengimajinasi dalam menciptakan sesuatu yang baru.

Hal ini tidak terbatasi oleh kemampuan dalam menciptakan dari ketiadaan, namun bagaimana menghasilkan ide-ide ynag baru dan bagaimana menggabungkannya, mengubahnya, atau bisa juga mengulang-ulang ide yang ada.

Setiap orang tentu memiliki kemampuan dalam berkreasi yang kreatif, tetapi kekreatifan umumnya harus ditekan dengan pendidikan, meskipun tidak semuanya seperti itu.

Suatu hal yang berperan penting untuk menjadi kreatif yaitu komitmen dengan kekreatifan. Kreatif juga bisa diartikan sikap untuk menerima perubahan, kemauan dalam bermain dengan ide-ide yang bagus dalam mengatasi masalah.

Adapun pola pikir pada kewirausahaan yaitu suatu kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan menggunakan ide-ide inovatifnya, dan dengan cepat mengubah konsep tersebut menjadi realita. Ini menyangkut kemampuan dalam mengenali peluang komersial, pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan dalam bertindak.

Namun yang paling penting yaitu bertindak dan mewujudkannya, termasuk mengenal peluang, mengomersial konsep yang sudah dibikin, memobilisasi sumber dayanya meskipun terdapat resiko besar, dan memulai usaha.

Kewirausahaan yaitu gabungan ketrampilan dengan sikap lintas yang disiplin ilmu. Contohnya memanajemen waktu, ekonomi, informasi, dan  juga keuangan. Lainnya yaitu pemahaman akan peraturan dan hukum, dinamika pasar, kemajuan tekhnologi, dan perkembangan industri.

Integrasi ke Kurikulum

Pendidikan untuk berwira usaha atau kewirausahaan harus mampu memberi peluang pada siswa untuk belajar kewirausahaan dari tangan pertama. Dalam kata lain melakukan kerjasama dengan seorang pengusaha atau perusahaan.

Hal tersebut menjadikan perguruan tinggi untuk mengintegrasi konsep kurikulum, memperkuat interaksi, jaringan, dan menanamkan kewirausahaan pada praktek akademik serta budaya. Perguruan tinggi yang ada di Indonesia perlu mendukung prespektif ini, dan dalam hal ini perguruan tinggi bertindak sebagai tempat pengetahuan.

Suatu penemuan membutuhkan banyak pengetahuan, suatu perkataan dari Fleming pengajar teknik di MIT, “Kita, para guru merasa wajib menjejalkan pengetahuan ke pikiran manusia. Tetapi, tetap harus memperhatikan kebebasan kepada mereka untuk bertanya yang berpotensi siswa akan menemukan cara dan mengembangkan suatu pikiran yang kreatif sendiri.”

Sumber: Slideshare

Contoh artikel ilmiah di atas adalah contoh artikel populer yang di ambil dari sumber slideshare.net. Pada dasarnya, artikel ilmiah memang berbeda dengan jenis artikel lainnya. Penulisan suatu artikel ilmiah harus sesuai kaidah-kaidahnya.

Demikian informasi tentang kumpulan contoh artikel pendidikan, artikel kesehatan, dan artikel ilmiah. Semoga bisa membantu anda yang sedang membutuhkan informasi tentang artikel pendidikan, artikel kesehatan, serta artikel ilmiah, dan pengetahuan tentang contoh artikel-artikel tersebut.

Tinggalkan komentar