Pembahasan Doa Minum Air Zam zam dan Manfaat Air Zam zam

DOA MINUM AIR ZAM ZAM – Dalam bahasa Arab, kata zam zam memiliki arti melimpah ruah, sesuai dengan artinya air zam zam ini keberadaannya sejak 4000 tahun yang lalu melimpah ruah sampai sekarang tak pernah habis atau pun kering, terutama lagi saat musim haji pada 1 tahun sekali.

Kuasa Allah SWT yang telah menjadikan air zam zam ini sebagai satu-satunya air yang memiliki aliran yang tidak pernah habis walaupun setiap hari bahkan setiap waktu berribu-ribu manusia meminum dan mengambilnya untuk di minum tapi tidak pernah terjadi kekeringan pada sumur air zam zam itu.

Air zam zam merupakan air yang dipenuhi keberkahan dan suci yang diturunkan oleh Allah Swt. Begitu agungnya air zam zam ini sehingga beribu umat muslim berburu untuk meminum dan mendapatkan khasiat dari air ini. Begitu banyak keajaiban yang didapat dari air zam zam ini, salah satunya manfaat air zam zam yang begitu banyak.

Kandungan Air Zam Zam

air zam zam
Sumber: santrigaul.com

Penelitian yang ada sudah membuktikan manfaat dari air zam zam di berbagai macam bidang. Di dalam kandungan air zam zam terdapat 30 unsur dan hebatnya lagi air zam zam ini tidak mempunyai campuran warna, aroma, bakteri dan kuman. Senyawa yang ada pada air zam zam ini antar lain ialah:

  • Sodium dengan jumlah 250 mg.
  • Kalsium yang sangat baik guna kekuatan tulang dan gigi sebanyak 200 mg
  • Potasium dan juga magnesium yang masing-masing berjumlah 20 mg dan 50 mg.

Dan untuk sekarang ini sudah banyak penjualan air zam zam utnuk di eksport oleh pemerintahan Arab Saudi sendiri, yang memiliki tujuan untuk membagikan berbagai macam manfaat dari air zam zam ini, yang mana kandungan air zam zam ini memiliki banyak sekali manfaat.

READ  Gambar Cicak Lucu dan Penjelasan Mitos Kejatuhan Cicak menurut Islam

Manfaat Air Zam Zam

Manfaat Air Zam zam
Sumber: uzone.id

Adapun manfaat dari meminum air zam zam ini sangatlah banyak terutama untuk kesehatan badan dan masih banyak lagi yang lainnya, yang akan kita bahas satu-persatu di artikel ini. Manfaat air zam zam antara lain sebagai berikut:

  • Meregenerasi Sel Kulit Mati.
  • Melancarkan Metabolisme Pada Tubuh.
  • Mengobati berbagai macam jenis penyakit.
  • Menambah energi untuk ibu yang sedang hamil.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Sebagai penutrisi untuk janin.
  • Memberikan rasa bahagia selalu.
  • Sangat baik untuk kekuatan tulang dan gigi.
  • Menambah kekuatan terhadap rahim saat hamil.
  • Sesuai dengan niat kita disaat minum air zam zam.

Doa Minum Air Zam Zam

Doa minum air zam zam
Sumber: al-iman-penang.blogspot.co.id

Apakah dianjurkan berdoa ketika kita meminum air zam zam? Pertanyaan itu sudah sering kita dengar di masyarakat, karena sebagian dari masyarakat meyakini adanya doa khusus ketika minum air zam zam, dan dari mereka ada juga yang belum hafal akan lafadz doa minum air zam zam itu.

Sebagai mana yang telah saya tau, bahwa ada riwayat dari Ad Daruqurhniy (tapi ini bukan sabda Rasulullah SAW), melainkan doa yang digunakan oleh Ibnu Abbas. Beliau berdoa ketika meminum air zam zam. Dan lafadz doa inilah yang sampai saat ini diamalkan oleh sebagian orang disaat meminum ari zam zam.

Berikut ini lafaza dari doa air zam zam:

doa minum air zam zam
kbihalmabrurcilacap.blogspot.co.id

Yang artinya:

Ya Allah sesungguhnya saya memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat dan rizki yang luas dan sebagai penawar dari segala macam penyakit, dengan rahmatmu wahai tuhanku yang maha pengasih dan maha penyayang.

Lantas apakah Rasulullah SAW tidakĀ  baca doa ketika meminum air zam zam? Ada penggalan hadits shahih dari Rasullullah SAW yang menerangkan beliau pernah minum air zam zam dengn keadaan berdiri. Sebagai mana Ibnu Abbas meriwayatkan dalam riwayat Bukhari,

READ  Bacaan Niat Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

doa minum air zam zam

Yang artinya:

“Saya pernah memberikan minuman air zam zam kepada Rasullullah SAW dan beliau meminumnya sedang beliau berdiri.”

Dalam riwayat yang lain, datang dari Rasulullah SAW bahwa khasiat air zam zam itu tergantung akan maksud orang yang meminumnya. Dari adanya hadits ini, para ulama mengambil kesimpulan bahwasanya doa yang dibaca sesudah meminum air zam zam ialah doa yang pasti dikabulkan.

diriwayatkan oleh Al Hakim, Ahmad dan Ad Darquthniy oleh ahmad dari Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda,

doa minum air zam zam

Yang Artinya:

“Air zam zam tergantung niatan orang yang meminumnya.”

Telah diriwayatian oleh Ibnu Jauzi di dalam kitabnya Al Adzkiya’ bahwasanya Sufyan bin Uyainah ditanyakan tentang hadits yang ada diatas, lalu penilaian beliau bahwa hadits itu sohih.

Nah dari beberapa penjelasan yang berada diatas, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada doa yang dikhususkan ketika meminum air zam zam yang dianjurkan Rasulullah SAW.

tapi tidak dianjurkan untuk berniatan yang tidak baik disaat meminum air zam zam dan juga berdoalah setelah minum air zam zam, karena berdoa setelah minum air zam zam itu mustajab, sebagai mana para ulama menyimplkan riwayat Rasulullah SAW seperti yang dijelaskan diatas.

Adapun lafadz doa minum air zam zam sebagaimana yang digunakan oleh Ibnu Abbas buka termasuk dari perkataan Rasulullah SAW. Jadi maksud dari inti permasalahannya, ketika kita minum air zam zam baiknya kita berniat baik. Dengan niatan yang baik dan memohon kepada Allah SWT sesudah minum air zam zam.

Itulah yang bisa saya sampaikan dari urayan manfaat air zam zam dan doa minum air zam zam. mudah-mudahan Allah SWT memberikan keberkahan selalu untuk kita semua dari setiap langkah dan tindakan kita. amin ya allah.

Tinggalkan komentar