Gambar dan Jenis-jenis Ikan Gurame Berikut Penjelasannya

Ikan merupakan binatang air yang memiliki macam-macam jenis. Diantaranya ada jenis-jenis ikan gurame. Kita semua pasti tahu, ikan gurame merupakan ikan yang sudah populer di dalam menu-menu makanan yang ada di Rumah Makan, dari Rumah Makan biasa sampai Rumah Makan yang berbintang.

Namun… Apakah kita tahu? Bahwa ikan gurame yang sering kita jumpai ternyata memiliki banyak jenisnya. Kebanyakan orang hanya mengenal jenis ikan gurame soang atau sering disebut juga dengan gurame angsa dan gurame jepun atau gurame jepang.

Ternyata itu hanya dua dari banyaknya jenis-jenis ikan gurame yang sudah diketahui selama ini. Jenis-jenis ikan gurame yang sudah diketahui selama ini ada delapan, untuk informasi lebih lanjut mari kita lanjut membaca artikel ini.

Jenis-jenis Ikan Gurame yang Sudah Diketahui

Jenis ikan gurame
Sumber: budidayakita.com

Ikan gurame merupakan ikan yang memerlukan waktu cukup lama untuk bertumbuh besar. Apa lagi jika untuk dijadikan induk ikan, itu bisa membutuhkan waktu 3-5 tahun. Namun, setiap jenis-jenis ikan gurame memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda. Ada yang cepat besar, ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Seperti yang sudah kita baca di atas, bahwa jenis-jenis ikan gurame yang sudah diketahui saat ini ada delapan, untuk lebih mengenalnya… Mari kita lihat dan baca penjelasan jenis-jenis ikan gurame berikut ini:

Jenis Ikan Gurame Soang atau Gurame Angsa

gurame soang
Sumber: binatangpeliharaan.org

Gurame Soang/Angsa merupakan jenis ikan gurame yang paling popouler. Selain karena namanya yang sering disebut di kalangan umum, Gurame Soang ini juga merupakan ikan yang paling banyak dijumpai di kolam-kolam milik perorangan.

Nama gurame soang/angsa ini berasal dari bentuk kepalanya yang mirip angsa yaitu memiliki dahi yang menonjol baik jantan maupun betina. Gurame ini paling banyak ditemui di daerah Jawa Barat. Oleh karena itu banyak yang berpendapat tentang asal daerah jenis ikan gurame ini dari Jawa Barat.

READ  Cara Mudah Berhenti Merokok

Ciri-ciriĀ  yang paling jelas adalah dahinya yang menonjol dan ciri-ciri lainya yaitu bentuk tubuhnya yang pipih memanjang, memiliki warna tumbuh kombinasi antara putih dan hitam, dan bagian ekor terdapat warna kemerahan yang hanya terlihat jelas ketika masih kecil dengan usia sekitar sebelum satu tahun.

Pertumbuan gurame ini bisa mencapai berat 8 kg dan panjang bisa mencapai 65 cm. Untuk jenis ikan gurame ini termasuk ukuran gurame yang besar bahkan bisa dibilang jenis gurame yang paling besar. Produksi telur yang dihasil sekali mijah sangat banyak karena berjumlah sampai ribuan.

Gurame Jepun atau Gurame Jepang

gurame-jepun
Sumber: khasiat.co.id

Gurame Jepun atau sering disebut juga dengan Gurame Jepang merupakan jenis ikan yang sudah popouler juga seperti jenis Gurame Soang. Namun, sudah terdapat perbedaan yang cukup jelas.

Jenis gurame ini lebih terkenal di Daerah Jawa Tengah. Banyak pendapat yang memvonis gurame ini merupakan asli dari Daerah Jawa Tengah. Ikan gurame ini memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari Gurame Soang/Angasa.

Ciri-ciri ikan gurame ini memiliki warna hitam pekat pada bagian atasnya. Dan bersisik putih dengan garis gelap sehingga terlihat keabu-abuan. Ketika masih berumur dibawah satu tahun, gurame ini agak kelihatan kebiruan.

Pertumbuhan gurame jenis ini bisa mencapai berat 4 kg, dan panjang 45 cm. Untuk produksi telurnya berjumlah ribuan dalam sekali mijah, tapi lebih sedikit dari jumlah produksi ikan Gurame Soang/Angsa.

Gurame Paris

ikangurame paris
Sumber: kios.rainjaya.com

Gurame Paris merupakan gurame yang memiliki warna orange. Sebenarnya gurame ini memiliki warna dasar merah cerah, hanya saja terdapat warna putih pada bagian tubuhnya sehingga menjadi kelihatanorange, dan pada bagian kepalanya terdapat warna yang sejenis yaitu orange kekuningan.

READ  Cara Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui

Ikan Gurame ini memiliki ukuran yang lebih kecil lagi dari jenis gurame yang sudah disebutkanĀ  di atas. Yaitu dengan pertumbuhan rata-rata memiliki berat maksimal 1,5 kg, dan panjang lebih pendek lagi dari ikan Gurame Jepun.

Jenis gurame ini mampu memproduksi telur lebih banyak dari Jenis-jenis ikan gurame yang sudah disebutkan dalam satu kali mijah.

Gurame Bastar

gurame bastar 1
Sumber: budidayakita.com

Gurame Bastar merupakan jenis ikan gurame yang memiliki warna abu-abu kehitaman dan pada bagian kepalanya berwarna putih. Ciri-ciri yang menonjol adalah memiliki sisik yang lebar, dengan pertumbuhan lebih cepat dari jenis-jenis ikan gurame yang sudah disebutkan di atas.

Karena pertumbuhannya yang cepat sehingga tidak memiliki ukuran yang lebih besar dari ikan gurame yang sudah dijelaskan. Untuk produksi telur sekali mijahnya rata-rata berjumlah ribuan. Namun jika dibandingkan dengan jenis gurame lainnya, produksi telurnya boleh dibilang paling sedikit.

Gurame Kapas

Gurame-kapas 1
Sumber: banyudadi.com

Gurame Kapas merupakan gurame yang memiliki ciri khas pada warnanya. Yaitu warna putih keperakan sehingga terlihat seperti warna kapas. Ciri-ciri lainnya memiliki sisik yang lebar dan keras atau kasar.

Pertumbuhan ikan gurame ini cukup cepat, makanya ikan gurame ini hanya bisa tumbuh maksimal dengan berat rata-rata 1,5 kg dan panjang yang relevan dengan jenis-jenis ikan gurame yang berukuran kecil.

Produksi telurnya dalam sekali mijah berjumlah rata-rata ribuan dan hampir sama banyaknya dengan jenis ikan Gurame Bastar. Berarti termasuk dalam jumlah yang sedikit.

Gurame Bluesafir

Jenis ikan gurame
Sumber: budidayakita.com

Gurame Bluesafir memiliki warna hitam kemerahan, hampir mirip dengan gurame lain yang terlihat kemerahan. Dengan pertumbuhan maksimal mencapai panjang 35cm, dan berat 4 kg.

Untuk produksi telurnya sekali mijah hampir sama dengan lainnya, karena jumlahnya ribuan. Tapi, jika dibandingkan dengan jenis gurame lainnya masih kalah banyaknya. Hanya saja lebih banyak dari jumlah produksi telur ikan gurame jenis kapas dan bastar.

READ  Tanaman Kelapa dan Manfaatnya

Gurame Batu

Gurame batu
Sumber: tokomesin.com

Gurame Batu merupakan gurame yang paling jarang sekali kita jumpai, karena peminat untuk memelihara gurame jenis ini sedikit sekali. Ciri-cirinya memiliki warna yang hitam merata dengan sisik yang keras atau kasar.

Penyebab kurangnya peminat gurame jenis ini, karena pertumbuhannya yang lambat dan ukuran maksimalnya tidak terlalu besar. Ikan gurame ini saat usia satu tahun hanya tumbuh dengan berat 0,5 kg.

Untuk Produksi telurnya juga tidak banyak, oleh karena itu banyak yang berpendapat untuk gurameĀ  jenis ini tidak cocok untuk bisnis ternak gurame, dan di kalangan umum pun sedikit peminatnya untuk memelihara.

Gurame Porselin

Gurami-porselin 1
Sumber: banyudadi.com

Gurame Porselin merupakan jenis ikan gurame yang sangat bagus untuk bisnis ternak ikan gurame. Jenis ikan gurame ini memiliki ciri-ciri warna merah muda cerah dengan warna putih dibagian bawahnya. Dan ukuran kepala yang kecil.

Pertumbuhannya yang cukup cepat dengan berat mencapai rata-rata 2 kg. Dan produksi telur sekali mijah sangat banyak. Boleh dibilang paling banyak dari jenis gurame lainnya. Oleh karena itu, jenis ikan gurame ini sangat cocok untuk para pembisnis ternak gurame.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis ikan gurame yang perlu kita ketahui untuk menambah pengetahuan kita tentang ikan gurame. Apabila ada kekeliruan mohon diluruskan lewat komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Tinggalkan komentar