Jenis-jenis Lovebird yang Bagus untuk Diketahui

Lovebird Muka Merah
Sumber: id.wikipedia.org

Burung cinta atau yang biasa akrab dipanggil dengan Lovebird, merupakan salah satu dari macam-macam unggas yang sudah cukup lama populer di kalangan masyarakat umum. Karena burung ini memiliki keindahan bentuk dan warna pada bulunya. Bagi kalangan umum burung ini pasti bagus semua, karena tahunya bentuk dan warnanya saja. Tapi bagi para pecinta Lovebird pasti sudah tahu ciri-ciri jenis Lovebird yang bagus dari yang paling bagus.

Pada dasarnya semua jenis Lovebird bagus. Namun, bagi pecinta Lovebird pasti tahu jenis Lovebird yang terbagus. Lovebird terbagus yaitu Lovebird yang mempunyai mental dan selalu menang ketika dilombakan.

Ciri-ciri Jenis Lovebird yang Bagus untuk Lomba

Jenis Lovebird yang Bagus
Sumber: omkicau.com

Lovebird adalah bahasa inggris dari Burung Cinta, yang mana Lovebird merupakan spesies dari Genus Agapornis. Agapornis merupakan gabungan dari dua kata bahasa Yunani, yaitu Agape yang artinya cinta dan Ornis yang artinya burung.

Habitat asli Lovebird yaitu di Negara Afrika, Madagaskar dan sekitar negara tersebut. Burung ini memiliki ukuran rata-rata panjangnya 13-17 cm dan  berat antara 40-60 gram. Pada dasarnya usia hidup burung ini bisa mencapai 15 tahun. Burung ini dilihat dari namanya sudah jelas, yaitu burung yang selalu bercinta atau burung yang selalu setia bersama pasangannya.

Burung ini memiliki banyak jenis, yang dibedakan oleh bentuk dan warnanya. Perbedaan tersebut semakin banyak karena seiring berjalannya waktu banyak yang menyilangkan perkawinannya. Ciri-ciri Lovebird yang bagus khususnya untuk diperlombakan yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki postur badan yang ideal, yaitu antara kepala, leher, dada, dan kaki seimbang besarnya.
  2. Kepala Lovebird besar, Lovebird yang memiliki kepala besar cenderung memiliki mental yan bagus.
  3. Leher yang panjang, yaitu leher yang panjang dan berisi, jika dipegang terasa padat. Hal ini cenderung akan mampu mengeluarkan power suara yang maksimal.
  4. Kaki yang kekar dengan sayap yang perkasa, yaitu kaki dan sayap yang besar.
  5. Memiliki nafsu makan yang besar.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh Lovebird yang bagus untuk dilombakan, sudah pasti Lovebird yang dilombakan adalah jenis Lovebird yang terbaik dan terbagus.

Macam-macam jenis Lovebird yang Perlu Diketahui

jenis lovebird yang perlu diketaui
Sumber: qubicle.id

Jenis Lovebird yang bagus yaitu Lovebird pilihan karena untuk dilombakan. Namun, macam-macam jenis Lovebird juga perlu kita ketahui, karena Lovebird tidak hanya satu jenis saja, namun bermacam-macam. Berikut macam-macam jenis Lovebird yang perlu kita ketahui:

1. Lovebird Fischer atau Agapornis Fischeri

Lovebird Fischer
Sumber: petmeshop.com

Lovebird jenis ini memiliki warna dominan hijau, dengan tambahan warna pada kepalanya yaitu merah orange dan paruh berwarna merah. Untuk ekornya terdapat warna biru keunguan.

Selain itu, ciri lainnya adalah pada ke dua matanya yang dikelilingi warna putih membentuk seperti kacamata. Dengan pertumbuhan panjang maksimal 14 cm. Habitnya banyak ditemukan di Negara Afrika dan Tanzania.

2. Lovebird Topeng Hitam atau Agapornis Personata

Lovebird Topeng Hitam
Sumber: wikiwand.com

Black Masked Lovebird atau nama di Indonesianya yaitu Lovebird topeng hitam memiliki ciri khas pada kepala bagian muka yang berwarna hitam. Itulah yang menyebabkan Lovebird ini dinamai Lovebird topeng hitam. Pada bagian badannya di dominasi warna hijau.

Sedangkan paruhnya berwarna merah dengan mata yang dikelilingi warna putih melingkar membentuk seperti kacamata. Habitatnya kebanyakan di Negara Tanzania dan Kenya. Pertumbuhannya bisa mencapai panjang 14,5 cm.

3. Lovebird Madagaskar atau Agapornis Canus

Lovebird Madagaskar1
Sumber: pinterest.com

Grey Headed Lovebird juga biasa disebut dengan Lovebird Madagaskar, memiliki ciri-ciri pada bagian kepalanya berwarna abu-abu. Dengan warna badan hijau muda, dan bagian sayapnya berwarna hijau tua.

Sedangkan paruhnya berwarna abu-abu gelap. Pada matanya tidak terdapat lingkaran seperti kacamata. Lovebird ini memiliki postur tubuh yang kecil, namun bukan yang terkecil antara jenis Lovebird lainnya. Untuk habitatnya di Negara Afrika.

4. Lovebird Muka Salem atau Agapornis Roseicollis

Lovebird Muka Salem
Sumber: pinterest.com

Peach Faced Lovebird biasa disebut juga Lovebird Muka Salem, memiliki ciri-ciri di kepala bagian muka yang berwarna merah muda. Dengan badan berwarna hijau muda.  Terdapat sedikit warna biru di bagian ekor dan warna hitam di bagian ujung sayap.

Sedangkan paruhnya brwarna gading. Pertumbuhannya bisa mencapai panjang 15 cm. Dan habitatnya di Negara Afrika Selatan dan Angola.

5. Lovebird Abisinia atau Agapornis Taranta

Lovebird Abisinia
Sumber: pinterest.com

Lovebird Abisinia memiliki ciri-ciri warna yang didominasi oleh warna hijau tua. Terdapat warna hitam pada bagian ujung sayap. Lovebird ini termasuk ke dalam Lovebird yang besar. Pertumbuhannya bisa mencapai panjang 16,5 cm.

Selain itu terdapat warna orange kemerahan pada bagian mukanya yang hampir serupa dengan warna paruhnya, karena warna paruhnya yaitu merah tua. Habitatnya kebanyakan di Negara Ethiopia.

6. Lovebird Muka Merah atau Agapornis Pullaria

Lovebird Muka Merah
Sumber: id.wikipedia.org

Red Faced Lovebird atau Lovebird muka merah. Sesuai namanya, Lovebird ini memiliki ciri-ciri warna merah pada bagian mukannya. Dengan warna dominan hijau muda pada bagian tubuhnya.

Sedangkan paruhnya berwarna orange. Pertumbuhan Lovebird ini bisa mencapai panjang 15 cm. Habitatnya kebanyakan di Negara Afrika dan Ethiopia. Lovebird ini sangat jarang ditemukan di Indonesia karena sulit dibudidayakan.

7. Lovebird Kacamata Nyasa atau Agapornis Lilianae

Lovebird Kacamata Nyasa
Sumber: satwapedia.com

Lovebird ini sering disebut juga dengan Lovebird Lilian, memiliki ciri-ciri warna dominan hijau muda pada bagian tubuhnya. Warna kepalanya merah dan terdapat sedikit warna kuning dibagian leher.

Sedangkan paruhnya berwarna merah. Pertumbuhannya bisa mencapai panjang 13 cm. Habitatnya terdapat di Negara Tanzania, Zimbabwe, dan sekitarnya.

8. Lovebird Kacamata Pipi Hitam atau Agapornis Nigrigenis

Lovebird Kacamata Pipi Hitam
Sumber: pinterest.com

Black Cheeked Lovebird atau Lovebird kacamata Pipi Hitam, memiliki ciri-ciri kepala berwarna coklat dengan warna hitam di bagian pipi muka. Warna dominannya adalah hijau kekuningan pada tubuhnya. Namun, sayapnya berwarna hijau tua.

Dengan paruh berwarna orange kemerahan. Pertumbuhannya bisa mencapai panjang 14 cm. Habitatnya kebanyakan di Zimbabwe.

9. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel Biru
Sumber: hoobly.com

Lovebird ini merupakan lovebird favorit. Karena jenis Lovebird ini menjadi incaran para pecinta Lovebird. Warnanya yang sangat menarik menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Lovebird jenis ini memiliki beberapa warna, yang mana warnanya menjadi nama panggilannya. Disebut dengan Pasjo atau Pastel Ijo, Paskun atau Pastel Kuning, dan Pasblue atau Pastel Biru.

10. Lovebird Merah

Lovebird Merah
Sumber: pinterest.com

Lovebird yang satu ini merupakan Lovebird yang memiliki nilai jual tinggi. Karena jenis Lovebird ini tergolong langka di Indonesia. Dari namanya sudah jelas mengenai ciri-ciri warnanya.

Lovebird Merah memiliki warna merah di bagian tubuh, kepala, dan paruh. Biasanya harga Lovebird ini ketika masih muda dibandrol dengan harga sekitar 1 Juta. Harga yang cukup fantastis untuk Burung jenis Lovebird.

11. Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon
Sumber: wildword.site

Lovebird ini hampir mirip dengan Lovebird jenis Pastel, yaitu pada bagian warnanya yang memiliki daya tarik tersendiri. Hanya saja warna Lovebird Australian Cinnamon ini lebih soft atau kalem. Lovebird ini merupakan jenis Lovebird yang bagus. Warna yang di dominasi kuning keputihan, namun jika dilihat dari kejauhan akan terlihat putih polos.

Demikian informasi tentang beberapa macam-macam jenis Lovebird yang sudah masuk dan populer di masyarakat Indonesia. Termasuk mengenai jenis Lovebird yang bagus untuk diperlombakan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan
You May Also Like
Read More

Aneka Olahan dari Singkong yang Paling Mudah

Singkong atau ketela pohon adalah jenis ubi yang cukup terkenal, Aneka olahan dari singkong di buat menjadi banyak jenis makanan, sudah sejak dari dulu. bahkan sekaranng perusahaan perusahaan besar juga sudah ada yang ikut andil dalam memproduksi jajanan olahan dari singkong. Semua itu tidak lepas karena singkong dapat di olah menjadi makanan yang mempunyai rasa nikmat ... Read more
1 hektar berapa meter persegi
Read More

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Cara Mengitung Satuan Luas Tanah

1 HEKTAR BERAPA METER – Ini adalah hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang, terutama mereka yang sedang berurusan dengan tanah. Pada artikel ini akan menjelaskan cara menghitung luas tanah. Satu hektar berapa meter? Dalam tangga konversi satuan luas, Hektar ke meter itu turun dua tangga. Setiap turun atau naik satu tangga dikalikan dan dibagikan 100. ... Read more
Benih gurame
Read More

Budidaya Ikan Gurame dan Pembesaran Ikan Gurame

Ikan Gurame merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Jenis ikan ini memiliki pertumbuhan yang lambat, namun hal itu tidak menjadi alasan para pembudidaya ikan gurame. Para pembudidaya ikan gurame rata-rata sudah mengerti dan tahu cara untuk mempercepat laju pembesaran ikan gurame. Kebanyakan para pembudidaya sudah banyak belajar tentang pembudidayaan yang baik dan benar. Entah ... Read more

Aku dan Sepak Bola di Kampungku

Sepak bola adalah cabang olahraga paling populer di dunia. Hampir setiap laki-laki di penjuru negara sampai penjuru kampung pelosok, semuanya suka bermain cabang olahraga yang satu ini. Termasuk juga kampungku. Di kampungku, bermain sepak bola merupakan agenda setiap sore bagi anak-anak muda. Tapi, itu dulu… waktu aku masih tinggal di kampung, sekarang hidupku lebih banyak di ... Read more
Bentuk akomodasi
Read More

Bentuk-bentuk Akomodasi dalam Interaksi Sosial

BENTUK AKOMODASI – Seperti yang kita ketahui bahwa interaksi sosial memiliki dua bentuk yaitu interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. Pembahasan kali ini adalah bentuk-bentuk akomodasi. Akomodasi merupakan salah satu bagian dari interaksi sosial dalam bentuk asosiatif. Yang mana arti dari interaksi sosial dalam bentuk asosiatif adalah interaksi sosial yang memiliki nilai positif. Akomodasi adalah ... Read more
Tes interview
Read More

Cara ini Ternyata Sangat Membantu Tes Wawancara !!!

Tes wawancara atau yang biasa disebut juga dengan interview merupakan tes yang paling bikin deg-degan. Apalagi bagi yang baru pertama kali mengikuti tes wawancara, pasti bisa gugup dalam menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh bagian personalia atau HRD. Banyak yang bilang bahwa lulus atau engganya tes kerja merupakan hal keberuntungan. Ya… Itu sangat bisa terjadi, tapi ... Read more