masker kefir

Cara Pakai Masker Kefir dan Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

MASKER KEFIR – Masker yang dibuat untuk kaum perempuan yang ingin tampil cantik maksimal.  Masker ini merupakan produk kecantikan alami yang sudah lama digunakan oleh kaum perempuan. Sudah banyak testimoni masker kefir yang sudah merasakan manfaat masker kefir ini. Namun, Efek samping masker kefir juga pasti ada. Jadi, sebelum memutuskan untuk memakai, lebih baik cari informasi lebih dalam terlebih dahulu tentang masker susu ini.

Banyak yang perlu Anda ketahui tentang masker ini, yang paling utama adalah manfaat dari penggunaannya.  Siapa sih yang ngga mau memberikan yang terbaik untuk kecantikan kulit wajah? Masker kefir ini merupakan produk alami, jadi tidak memiliki banyak efek samping yang mengkhawatirkan.

Pengertian Masker Kefir

masker kefir
Sumber: tipskecantikanalami.web.id

Masker kefir adalah suatu produk untuk kecantikan kulit wajah yang terbuat dari bahan utama susu. Sejak zaman dahulu masker kefir digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Dan sudah banyak testimoni dari pengguna masker kefir yang merasakan dampak positif dari masker ini.

Bahan dasar untuk membuat masker ini adalah bibit kefir dan susu murni, bisa susu sapi ataupun susu kambing. Apa itu kefir? Kefir adalah hasil fermentasi susu murni. Dan tidak ada bahan kimia, zat pengawet, atau campuran buatan lainnya untuk membuat masker ini. Jadi sangat aman untuk perawatan kecantikan kulit wajah.

Kefir adalah susu murni yang sudah melalui proses fermentasi. Bisa menggunakan susu sapi murni ataupun susu kambing murni. Seperti dengan yoghurt yang sama-sama hasil dari fermentasi susu murni, hanya saja kefir berwujud cair dan yoghurt memiliki wujud lebih kental.

Proses fermentasi kefir menggunakan bakteri hidup (probiotik), dan kandungan bakteri probiotik ini sangat banyak sehingga semakin bagus. Oleh karena itu masker kefir terkenal dengan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat Masker Kefir

Manfaat masker kefir
Sumber: artikel.co

Ada banyak jenis bakteri probiotik dan asam amino yang merupakan zat antioksidan, sehingga sangat bagus untuk melindungi sel-sel kulit. Bakteri probiotik adalah suatu istilah yang digunakan untuk mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Lactobacillus merupakan spesies dari bakteri probiotik yang sangat berperan dalam mengatur keseimbangan asam basa yang terkandung dalam kulit wajah. Dengan kandungan ini masker kefir menjadi masker yang sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah.

Selain itu kefir juga kaya akan kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acid), yang mana AHA ini merupakan kandungan yang banyak terkandung di dalam produk-produk kecantikan yang memiliki harga tinggi. AHA sangat bagus untuk mncerahkan kulit wajah. Oleh karena itu masker kefir menjadi kaya akan manfaat, di antara manfaatnya yaitu:

  • Mengurangi keriput pada wajah.
  • Memperlambat proses penuan wajah.
  • Bagus untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo pada kulit wajah. Bisa juga untuk memperkecil pori-pori pada kulit wajah.
  • Bagus untuk proses menghilangkan bekas jerawat.
  • Mengurangi iritasi yang disebabkan oleh perawatan wajah dengan bahan kimia.
  • Mengencangkan dan meremajakan kulit wajah.
  • Membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan kandungan AHA pada kefir.
  • Kandungan asam amino sebagai antioksidan yang bagus bagi kulit wajah.

Itulah beberapa manfaat yang harus Anda ketahui. Selain manfaat yang banyak, masker kefir juga memiliki kelebihan yang perlu diketahui. Kelebihan dari masker ini adalah cocok untuk semua jenis kulit. Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa masker ini juga memiliki efek samping.

Efek Samping Masker Kefir

efek samping masker kefir
Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Efek samping merupakan suatu bagian dari produk, hampir semua produk pasti memiliki efek samping. Termasuk juga masker ini, meskipun dibilang alami dan tanpa campuran bahan pengawet ataupun bahan kimia lainnya, masker kefir juga memiliki efek samping yang perlu diketahui.

Akan tetapi efek yang ditimbulkan bukanlah suatu yang serius. Efek yang timbul dari pemakaian masker ini boleh dibilang hal yang sangat wajar. Di antara efek yang biasa terjadi yaitu:

  • Terasa sedikit gatal, hal ini terjadi karena reaksi kerja dari kefir. Kefir mengandung asam laktat, apabila terkena kulit akan bereaksi yang menyebabkan rasa sedikit gatal.
  • Kulit sedikit memerah, hal ini juga merupakan reaksi kerja dari kefir. Namun jarang terjadi kecuali pada kulit yang sudah pernah melakukan perawatan lain yang membuat kulit lebih sensitif.
  • Kulit wajah terasa kering, hal ini bisa terjadi pada tipe kulit kering.

Efek tersebut bisa timbul setelah beberapa hari pemakaian, penggunaan yang berlebihan juga memperbesar timbulnya efek tersebut. Namun, pada umumnya hal tersebut bersifat sementara.

Cara Pakai Masker Kefir

cara-pakai-masker-kefir
Sumber: maskerkefirorganik.com

Masker ini sudah banyak mendapat respon baik dari para testimoni masker ini. Tentunya cara pakai juga berpengaruh dalam mencapai hasil yang baik. Berikut beberapa tahapan cara pakai masker kefir pada kulit wajah.

  • Pertama-tama basuh muka dengan air kemudian keringkan dengan handuk hingga bersih dan kering. Apabila memiliki pembersih muka yang bisa menbersihkan kulit muka dari polusi, sisa-sisa bedak atau kosmetik, maka lebih baik bersihkan muka dengan pembersih muka terlebih dahulu.
  • Selanjutnya oleskan masker kefir pada wajah secara merata, bisa menggunakan tangan atau alat bantu seperti kuas masker.
  • Hindari olesan pada daerah dekat mata, bagian pinggir hidung, dan daerah sekitar bibir. Karena bagian-bagian tersebut lebih sensitif.
  • Jika sudah dioleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 30 menit. Biasanya akan terasa kaku ketika masker sudah mulai mengering dan jika terasa sedikit gatal biarkan saja, hal ini disebabkan oleh proses detok yang sedang berlangsung.
  • Setelah 30 menit, bilas wajah menggunakan air bersih. Untuk menghilangkan lemak susu yang masih menempel di kulit wajah bisa gunakan sabun susu atau sabun bayi. Setelah itu keringkan menggunakan handuk.

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

masker kefir 1
Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Kelebihan lain dari masker ini yaitu bisa dibuat sendiri tanpa proses yang ribet dan tanpa membutuhkan alat kusus. Buat Anda yang ingin mencoba membuat sendiri masker susu ini, berikut ini ada tutorial untuk membuat cream masker kefir.

  • Pertama siapkan bahannya yaitu susu murni dan bibit kefir/kefir grains. Contoh takaran untuk susu murni 1 liter dan bibit kefir 50 gram. Susu murni bisa memakai susu sapi atau susu kambing. Untuk bibit kefir bisa didapatkan di toko-toko di pasar, jika tidak ada bisa cari di online pasti ada.
  • Selanjutnya siapkan alat-alat untuk membantu, yaitu toples dengan bahan kaca, kain untuk menutup toples, spatula untuk mengaduk, dan saringan yang lembut untuk menyaring kedua bahan yang sudah dicampurkan. Siapkan juga alat pendingin freezer atau sejenisnya.
  • Setelah alat dan bahan sudah siap semua, langsung proses pencampuran bahan-bahan yang sudah disiapkan yaitu susu murni dan bibit kefir ke dalam toples. Takaran atau perbandingannya untuk 1 liter susu maka kefirnya 50 gram. Jika ingin membuat dalam volume lebih sedikit maka lakukan pengurangan bahan secara sama, misal 1/2 liter susu murni maka kefir yang dibutuhkan 25 gram.
  • Setelah tercampur, langkah selanjutnya aduk sampai merata menggunakan spatula.
  • Jika sudah diaduk secara merata, selanjutnya tutup toples tersebut dengan kain dan diamkan di tempat yang redup atau gelap selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam, buka tutup toples dan lakukan pengadukan lagi secara perlahan. Setelah diaduk tutup kembali toples dan diamkan ditempat yang sama selama 12-24 jam. Metode ini dilakukan untuk mendapatkan hasil fermentasi yang maksimal.
  • Tahap akhir adalah proses penyaringan. Setelah didiamkan selama 2 x 24 jam kefir siap untuk dilakukan penyaringan, lakukan penyaringan untuk memisahkan kefir grains. Setelah proses penyaringan masukan ke dalam freezer atau alat pendingin sejenisnya.

Cukup mudah bukan? Hanya saja cara membuat masker susu ini memakan waktu yang cukup lama untuk memprosesnya hingga jadi. Jika merasa belum jelas Anda bisa lihat tutorial dalam video beriku ini.

Video Tutorial Pembuatan Masker Kefir

Bagaimana? Pasti sudah semakin jelas dan paham mengenai langkah-langkah membuat masker ini. Dengan langkah-langkah pembuatan di atas dan video tutorial yang baru saja Anda tonton semoga mempermudah Anda dalam membuat masker ini sendiri.

Apabila Anda seorang pemula, pasti akan timbul banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai tentang seputar masker kefir ini, hal ini merupakan suatu kewajaran manusia yang selalu ingin tahu. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul tidak lain seperti berikut.

Pertanyaan-pertanyaan Tentang Pemakaian Masker Kefir

pertanyaan
Sumber: pixabay.com

Berapa lama manfaat atau hasil dari pemakaian bisa terlihat? 

Ada beberapa tipe kulit yang mudah bereaksi sehingga manfaat atau hasil dari penggunaan masker ini bisa terlihat setelah 1-2 pemakaian. Pada kulit yang berminyak biasanya akan lebih cepat terlihat hasilnya yaitu lebih kencang dan pori-pori mengecil.

Bagaimana jika masker dicampur dengan bahan lain?

Pencampuran masker/topping boleh saja dilakukan, asal bukan dengan bahan kimia. Boleh dicampurkan dengan bahan seperti buah-buahan yang sudah dihaluskan, bubuk coklat murni, kopi tumbuk alami, madu murni, (untuk jeruk nipis dan susu bubuk coklat sebaiknya dihindari), dan yang terpenting yaitu semuanya alami. Berikut daftar variasi tambahan masker/topping.

  • Coffe.
  • Beetroot.
  • Taro.
  • Spinach.
  • Pumpkin.
  • Banana.
  • Oatmeal.
  • Bentonite Clay.
  • Matcha Green Tea.
  • Activated Bamboo Charcoal.
  • Barley Grass.

Bolehkah saat memakai masker dibawa tidur?

Tidak dianjurkan, karena pemakaian yang baik hanya memakan waktu 30 menit. Apabila dibawa tidur kemungkinan besar akan memakan waktu lama dan itu tidak dianjurkan.

Bagaimana intensitas dan dosis pemakaian yang baik?

Jika baru pertama kali menggunakan masker ini, pakailah masker kefir secukupnya sebelum tidur dan diamkan selama 30 menit. Ada beberapa jenis kulit yang sudah bisa terlihat hasilnya pada pemakaian pertama. Untuk jenis kulit yang seperti itu boleh memakai sehari dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari.

Jika timbul efek samping setelah beberapa hari pemakaian, seperti kulit wajah sedikit gatal, kulit wajah sedikit memerah, dan jerawat kecil-kecil/bruntus pemakaian bisa dilanjutkan saja. Karena efek seperti itu merupakan reaksi detox antara kulit wajah dengan kefir.

Kurang lebihnya seperti itu, jadi kesimpulannya masker kefir merupakan suatu produk untuk perawatan wajah yang alami dan bagus untuk kesehatan kulit wajah. Dalam artikel ini sudah dijelaskan tentang apa itu masker kefir, apa saja manfaat masker kefir, efek masker kefir, cara pakai dan cara membuat masker kefir sendiri.

Jika Anda ragu untuk membuat sendiri, bisa ambil jalan alternatif membeli masker kefir ini di online atau di toko-toko yang menyediakan masker ini. Demikian Penjelasan tentang masker kefir yang dirangkum dari sumber-sumber terpercaya. Tentunya artikel ini dibuat dengan harapan bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar