Macam-macam Olahraga Mengecilkan Perut

Ada beberapa cabang olahraga yang bisa dipakai sebagai cara mengecilkan perut. Beberapa cabang olahraga mengecilkan perut yang akan dibahas di artikel ini merupakan cabang olahraga yang ringan dan siapa saja bisa melakukannya. Perlu diketahui bahwa olahraga memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita membuat agenda khusus untuk kegiatan olahraga.

Pada dasarnya olahraga adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas diberikannya kesempurnaan fisik kepada kita. Jika kita orang yang pandai bersyukur, sudah pasti akan selalu berolahraga meskipun mempunyai kesibukan lainnya.

Jika kita sadari, ada beberapa perbedaan antara orang yang rajin berolahraga dengan orang yang tidak pernah berolahraga. Terutama dari segi fisiknya, orang yang rajin berolahraga akan terlihat lebih bugar dengan badan yang atletis. Berbeda dengan orang yang jarang berolahraga, orang yang jarang berolahraga cenderung terlihat seperti orang sakit dengan badan kebanyakan lemak.

Video Mengenai Olahraga Mengecilkan Perut

Hal ini disampaikan karena betapa pentingnya olahraga buat tubuh kita, mungkin bukan perkara yang wajib, tetapi akan lebih baik diharuskan. Dampak yang dialami banyak orang karena tidak pernah berolahraga adalah kebanyakan lemak jenuh. Yaitu lemak yang tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Sehingga mengakibatkan perut membuncit.

Jika sudah memiliki perut yang buncit, bahaya dari resiko perut buncit ini tidak boleh disepelekan. Berbagai penyakit mematikan akan lebih mudah menghampiri orang yang memiliki perut buncit. Sebelum terlambat sebaiknya mulailah mengagendakan olahraga minimal seminggu dua kali.

Di artikel ini akan membahas beberapa macam cabang olahraga mengecilkan perut yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Olahraga yang akan  kita bahas tentunya bukan olahraga yang ekstrim-ekstrim, karena untuk mengecilkan perut yang buncit itu cukup dengan olahraga-olahraga yang gampang, ringan dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

14 Macam Olahraga Mengecilkan Perut yang Sudah Populer

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa di artikel ini akan membahas beberapa macam olahraga yang sudah dipercaya banyak orang dapat mengecilkan perut buncit. Berikut adalah macam-macam olahraga yang sudah kita singgung.

1. Lari Pagi

 Jogging olahraga mengecilkan perut
Sumber: vebma.com

Lari pagi atau yang biasa sering disebut dengan jogging. Ini adalah olahraga yang sangat populer, namun kebanyakan orang hanya untuk mencari kesegaran udara saja. Jika untuk mengecilkan perut, tentunya jogging yang dilakukan bukan sekedar untuk mencari udara segar saja.

Jogging yang dianjurkan untuk mengecilkan perut yaitu lari-lari kecil namun sampai mengeluarkan keringat. Hal ini merupakan suatu kegiatan yang mudah dilakukan, karena tidak ada alat bantu khusus atau perlengkapan khusus untuk mendukung olahraga ini.

Dan bebas untuk perlengkapan pendukungnya, yang dimaksud perlengkapan untuk mendukungnya yaitu seperti sepatu, celana, dan baju. Lari pagi baik memakai sepatu atau tidak memakai sepatu tidak jadi masalah. Yang penting tetap memperhatikan keselamatan.

2. Sepeda Santai

Sepeda santai
Sumber: travelchannel.com

Olaharaga mengecilkan perut yang satu ini juga merupakan olahraga yang populer. Hampir setiap hari minggu pagi atau waktu liburan banyak sekali orang yang melakukan olahraga sepeda santai. Olahraga ini memang sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan bareng-bareng sama teman komunitas ataupun keluarga.

Meskipun namanya sepeda santai, namun sebaiknya dilakukan dengan semangat dan sungguh-sungguh, apalagi untuk mengecilkan perut harus sampai berkeringat. Caranya yaitu bersepeda dengan santai sepanjang berapa kilometer sampai badan mengeluarkan keringat.

Hal ini bukanlah suatu kegiatan yang susah dan membutuhkan teknik dasar ataupun teknik khusus yang perlu latihan lama. Asal mempunyai sepeda dan ada keinginan besar untuk melakuakannya. Hal ini juga sebenarnya hal yang menyenangkan, karena manfaat bersepeda sendiri salah satunya adalah untuk menghilangkan stress.

READ  Macam-macam Jenis Gambar Sepeda Gunung dan Jenis Sepeda Lainnya+Aksesoris Spare Part Sepeda

3. Sit Up

Sit Up
Sumber: thebarbellphysio.com

Kenapa sit up termasuk dalam olaharaga mengecilkan perut? Selain menhasilkan keringat, olaharaga ini dipercaya bisa mengeilkan perut buncit. Sit up adalah olaharaga untuk memperbesar dan memperkuat otot perut. Jika otot perut besar tentunya ruang untuk tertimbunnya lemak akan berkurang, dan gerakan-gerakan sit up juga bisa membakar lemak-lemak tertimbun yang menyebabkan perut buncit.

Olahraga mengecilkan perut yang satu ini juga merpakan olahraga yang cukup mudah. Karena tidak memerlukan perlengkapan pendukung yang susah. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, bagi pemula biasanya kesusahan karena butuh tumpuan pada bagian kaki supaya kaki tidak terangkat.

Untuk mempermudah bisa meminta bantuan sama teman atau siapa saja untuk mrnjadi tumpuan kakinya, bisa dipegangin atau didudukin yang penting pada saat melakukan sit up kaki tidak terangkat. Olahraga ini sebaiknya dilakukan setiap hari supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak perlu lama-lama dan banyak-banyak. Asal sampai keluar keluar keringat itu sudah cukup.

4. Back Up

Back Up
Sumber: youtube.com

Back Up termasuk ke dalam olaharaga mengecilkan perut yang. Meskipun gerakannya terlihat tidak berhubungan dengan perut, tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi perut. Terutama bagi yang memiliki perut buncit, olahraga ini sangat dianjurkan dilakukan sesering mungkin.

Manfaat Back Up sendiri diantaranya untuk mengecilkan perut bagian bawah, mengecilkan perut bagian samping, membakar lemak seluruh tubuh, membentuk otot tubuh, dan memperbaiki postur tubuh. Ternyata sebagian besar manfaat olahraga Back Up untuk bagian perut.

Jadi bagi yang ingin memiliki perut buncit olaharaga mengecilkan perut yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Untuk mudahnya bisa dilakukan setiap pagi dan sebelum tidur, karena waktu tersebut merupakan waktu-waktu yang bagus dan waktu dimana kita lebih banyak di rumah.

5. Bycicle Exercise

bicyclecrunch
Sumber: bicyles.unilinkrc.info

Bycicle Exercise adalah jenis olaharaga dari cabang senam lantai yang termasuk ke dalam olaharaga mengecilkan perut. Mungkin olaharaga ini masih cukup asing, karena jarang kita dengar dan jarang pula kita lakukan, bahkan mungkin kebanyakan orang belum pernah melakukan olahraga yang satu ini. Olahraga ini juga merupakan olahraga yang diharus bagi pemilik perut buncit.

Manfaatnya melakukan olahraga Bycicle Exercise sendiri memang kebanyakan untuk bagian perut seperti perut bagian bawah dan perut bagian atas. Sesuai dengan namanya gerakan olaharaga yang satu ini gerakan hampir mirip dengan orang yang sedang bersepeda. Hanya saja olaharaga ini dilakukan tanpa sepeda.

Tutorialnya yaitu:
– Baringkan tubuh.
– Letakan ke dua tangan di kepala bagian belakang.
– Kepala sedikit diangkat dan gunakan tangan sebagai tumpuan.
– Kemudian angkat kaki salah satu kaki.
– Diikuti dengan mengkat kaki yang satunya lagi dengan keadaan menekuk.
– Temukan ujung kaki yang menekuk dengan lutut kaki yang satunya.
– Dan mulailah melakukan gerakan seperti orang mengayuh sepeda.

Lakukan hal tersebut semampunya, dan akan lebih baik lakukan setiap hari juga. Bisa juga buat pengganti saat sedang tidak bersepeda. Bisa juga lakukan berselingan, misal sehari bersepeda sehari senam Bycicle Exercise. Bisa juga bergantian dengan olahraga lainnya. Yang terpenting buat yang mengecilkan usahakan setiap hari melakukan olahraga mengecilkan perut.

6. Sikap Lilin

sikap lilin
Sumber: kurniamp.wordpress.com

Sikap lilin adalah jenis olahraga dari cabang senam lantai. Olahraga ini termasuk ke dalam olaharaga mengecilkan perut karena untuk melakukan olaharaga ini sangat membutuhkan otot perut. Sikap lilin merupakan olaharaga yang sudah cukup populer, terutama dikalangan perempuan.

Manfaat sikap lilin sendiri diantaranya mampu membakar lemak-lemak yang ada diperut dan memperkuat dan memperbesar otot perut. Dari manfaat tersebut tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa olahraga sikap lilin cocok untuk mengecilkan perut buncit.

READ  Contoh Gambar Desain Hiasan dalam Rumah Kecil

Ada banyak cara untuk melakukan olaharaga sikap lilin ini. Namun, di sini akan menerangkan teknik dasarnya saja.
– Pertama, ambil posisi jongkok.
– Letakan ke dua tangan secara sejajar di atas lantai bagian depan.
– Mulailah mengangkat ke dua kaki secara bersamaan sampai posisi kaki tegak di atas.
– Pertahankan posisi tersebut sekuat mungkin.

Bagi pemula, sebaiknya dibantu temannya atau siapa saja yang bisa membantu untuk memagang dan mengangkat kaki. Hal ini membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi yang tinggi. Jadi bagi pemula sebaiknya minta bimbingan kepada yang sudah bisa.

7. Exercise Ball Crunch

Exercise Ball Crunch
Sumber: therockstartrainer.com

Exercise Ball Crunch adalah olaharaga untuk menguatkan otot perut yang membutuhkan media bola sebagai alat melakukan olaharaga ini. Olaharaga yang satu ini juga masih cukup asing di kalangan umum. Karena olaharaga ini kebanyakan dilakukan di tempat fitnes.

Manfaat olaharaga ini diantaranya untuk menguatkan otot perut, membesarkan otot perut, dan membakar lemak yang ada diperut. Makanya olaharaga ini termasuk ke dalam olahraga mengecilkan perut. Karena dilihat dari manfaatnya yang berhubungan dengan perut.

Cara melakukan olahraga ini yaitu:
– Letakan bagian punggung diatas bola dengan tangan merenggang.
– Posisikan telapak tangan di samping dekat telinga.
– Pertahankan posisi tersbut dengan kaki sebagai tumpuan dan menjaga keseimbangan.

Pada dasarnya olaharaga ini adalah bagian dari fitnes, jadi bagi pemula sebaiknya meminta panduan pada instruktur fitnes. Karena banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan dalam melakukan gerakan olaharaga ini.

8. Elliptical Trainner

 Elliptical Trainner
Sumber: canadiantire.ca

Elliptical Trainner adalah salah satu jenis olaharaga yang ada di dalam fitnes. Olahraga ini merupakan olahraga yang bergantung pada alat bantu yang bernama Elliptical. Gearakannya seperti sedang berjalan di atas anak tangga.

Ini merupakan salah satu olahraga yang disarankan, meskipun sebenarnya tidak banyak manfaatnya terhadap perut. Namun, olahraga ini bisa membantu membakar lemak-lemak yang ada di bagian perut. Selain itu olahraga ini mudah karena menggunakan alat bantu.

Kebanyakan olahraga ini dilakukan di tempat fitnes, karena alat bantunya yang tidak semua orang bisa memilikinya. Dan, bagi pemula pasti membutuhkan instruktur untuk melakukan olahraga  yang satu ini.

9. Lompat Tali

Lompat Tali
Sumber: programfitnes.com

Olahraga ini sangat identik dengan permainan anak-anak tahun 90-an. Ternyata meskipun terlihatnya sepele, lompat tali sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Untuk melakukannya juga tidak membutuhkan keahlian khusus yang rumit dan berat. Hanya tinggal mengayunkan tali memutari tubuh kita, dan saat bersamaan itu kita melakukan lompatan untuk menghindari putaran tali tersebut mengenai kaki.

Untuk pemula atau yang baru latihan, sebaiknya lakukan dengan pelan-pelan dan lambat saja untuk mempermudah. Apabila sudah terbiasa, bisa melakukannya dengan cepat. Kecepatan dalam lompat tali sangat mempengaruhi dalam pembakaran lemak-lemak yang ada dalam tubuh.

Manfaat lompat tali sendiri cukup banyak, diantaranya bisa membantu mempercepat tinggi badan, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan keseimbangan, dan tentunya membantu untuk mengecilkan perut.

10. Olahraga Renang

Renang
Sumber: klatim.prokal.co

Olahraga renang merupakan olahraga yang sudah sangat populer dan bahkan sudah menjadi cabang olahraga tingkat internasional. Meskipun tidak terlihat mengeluarkan keringat, tetapi olahraga ini dipercaya bisa mengecilkan perut. Di dalam olahraga renang ada beberapa gaya yang dipakai untuk berenang.

Tapi bagi yang tidak biasa berenang dan belum terlalu mengenal olahraga ini, tidak perlu belajar secara khusus dulu. Pada dasarnya asal kita bisa mengambang di dalam air dengan menggerakan anggota badan secara bebas, itu sudah temasuk renang.

Namun jika ingin tahu dan mau berlatih mengenai olahraga renang tentu akan lebih baik. Selain kita akan menjadi lebih bisa dalam renang, hal-hal yang bersangkutan dengan renang pun pastinya kita akan menjad lebih tahu. Seperti halnya manfaat berenang yang bagus untuk tubuh.

READ  Syarat Membuat NPWP dan Cara Membuat NPWP Online/di Kantor Pajak

Di antara banyaknya manfaat renang, salah satunya adalah untuk membantu mengecilkan perut. Karena berenang akan memperkuat dan memperbesar otot di tubuh. Temasuk juga otot perut.

11. Hula Hoop

Hula Hoop
Sumber: youtube.com

Hula Hoop adalah olahraga memutar sebuah benda berbentuk lingkaran yang disebut Hula Hoop dengan pinggang. Olahraga yang satu ini sangat dengan identik permainan masa kecil, namun sekarang sudah mengenalnya dengan pandangan yang berbeda. Sekarang lebih mengenalnya dengan olahraga Hula Hoop yang dilakukan untuk mengecilkan pinggang atau perut supaya lebih kecil dan langsing.

Olahraga yang satu ini biasa dilakukan oleh kalangan perempuan, karena olahraga mengecilkan perut yang satu ini lebih cocok untuk kaum perempuan. Manfaatnya olahraga ini ternyata sangat bagus untuk mendukung mengecilkan perut buncit. Karena bisa meluruhkan lemak pada pinggang dan mengikis lemak yang tetimbun di perut.

Manfaat olahraga ini diantaranya yaitu membuat tubuh lebih lentur, membakar atau mengikis lemak pada perut, mengencangkan otot paha, mengencangkan pinggul yang kendur, dan menjaga keseimbangan tubuh.

12. Squat Jump

squat jump
Sumber: goodriedes.co

Squat Jump merupakan salah satu olahraga mengecilkan perut yang sudah dipercaya. Karena dengan melakukan olahraga ini lemak bisa terbakar, terutama dibagian perut. Olahraga ini cukup mudah dan tidak memerlukan alat bantu apa-apa. Selain itu olahraga ini juga bermanfaat untuk mengencangkan otot perut dan otot bagian kaki.

Cara melakukannya mudah dan pasti hampir semua orang tahu olahraga yang satu ini. Berikut adalah tutorialnya.

– Pertama letakan ke dua tangan secara merengang di kepala bagian belakang.
– Jika sudah, langsung ambil posisi jongkok dengan posisi tangan tidak berubah.
– Selanjutnya lakukan gerakan lompat dalam posisi jongkok.
– Gerakan kaki kanan dan kiri secara bergantian di depan dan belakang.

Olahraga Squat Jump adalah olahraga yang biasa dikenalkan di Sekolah Dasar, dan biasa dilakukan untuk pemanasan untuk berbagai cabang olahraga seperti Sepak Bola, Renang, dan cabang olahraga lainnya.

13. Push Up

push up
Sumber: programfitnes.com

Push Up adalah olahraga yang dilakukan untuk melatih otot tangan. Namun, manfaatnya tidak hanya pada otot tangan saja, ada otot perut dan otot dada yang bekerja, hal tersebut mengakibatkan mengembangnya atau memperbesarnya otot-otot tersebut. Apabila otot mengembang, lemak-lemak pastinya terbakar.

Push Up merupakan olahraga yang mudah karena tidak membutuhkan perlengkapan ataupun alat bantu. Cara melakukannya pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun sebaiknya dilakukan setiap pagi, atau sebelum tidur.

14. Pull Up

 Pull Up
Sumber: barbarengans.wordpress.com

Pull Up adalah olahraga dengan gerakan dengan menggantungkan tubuh dengan ke dua tangan di sebuah palang dan melakukan gerakan menarik ke atas sampai dada sejajar dengan palangan tersebut. Olahraga ini masuk ke dalam olahraga mengecilkan perut karena pada saat melakukan olahraga ini otot perut juga ikut bekerja.

Selain itu manfaat yang berhubungan dengan mengecilkan perut lainnya yaitu mampu menghilangkan lemak di tubuh, mampu memperbaiki bentuk tubuh, dan membantu dalam menguatkan otot tubuh.

Demikian beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan perut. Olahraga mengecilkan perut tersebut sudah dipercaya banyak orang dan memang manfaatnya bisa dibuktikan jika kita serius melakukannya dengan benar dan rutin. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar