Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja / Surat Resign yang Baik dan Sopan

CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI – Surat resign atau surat pengunduran diri dari kerja merupakan suatu surat yang dibuat dengan tujuan untuk laporan pernyataan dan permintaan keluar kerja dari tempat kerja atau perusahaan yang bersifat resmi dan terikat kontrak kerja.

Secara teknis surat resign bersifat sebagai perantara saja. Pada intinya jika Anda ingin mengundurkan diri dari tempat kerja, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pimpinan kerja. Yakni Kepala Seksi bagian kerja Anda. Yang mana Anda harus bisa Anda harus memiliki alasan yang logis, jujur, dan bukan karena ada tekanan dari rekan kerja.

Tahapan-tahapan Pengunduran Diri dari Kerja (Resign Kerja)

Contoh Surat Pengunduran Diri
Sumber: carajadikaya.com

Jika Anda ingin mengundurkan diri dari kerja, sebaiknya lakukan dengan baik dan sopan. Sebagaimana dulu Anda masuk kerja dengan rasa penuh harap dan sebagaimana perusahaan yang sudah memberikan kesempatan kerja kepada Anda.

Dengan mengundurkan diri secara baik dan sopan, berarti Anda sudah membuktikan kpribadian sifat baik Anda. Dan Anda juga sudah membuktikan rasa terima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencari uang di perusahaan tempat Anda kerja tersebut.

Bagaimana cara mengundurkan diri yang baik dan sopan?
Aturan mengajukan pengunduran diri dari kerja sebenarnya sudah ada dan sudah ditetapkan oleh perusahaan. Jadi, jika Anda ingin keluar dari tempat kerja secara baik-baik, ikutilah aturan yang sudah ada dan sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Di sini penulis sendiri sudah pernah mengalami hal tersebut. Maksudnya, penulis sudah mengalami proses-proses mengundurkan diri dari kerja yang baik dan sopan. Sebenarnya bisa-bisa saja jika ingin keluar kerja tanpa pamit dan tanpa izin dari pimpinan atau perusahaan. Namun, sebagai pribadi yang baik, hal seperti itu bukanlah ciri dari seorang yang bertanggung jawab.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum Anda benar-benar keluar dari tempat kerja. Tetapi dalam hal ini setiap perusahaan tentunya memiliki tahapan-tahapan sendiri-sendiri atau berbeda-beda. Di sini penulis akan sedikit sharing tentang tahapan-tahapan keluar kerja yang pernah penulis lalui ketika mengundurkan diri dari perusahaan tempat penulis pernah bekerja. Yang mana perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan yang bonafit di Indonesia. Tahapan-tahapannya yaitu:

1. Mengajukan Permintaan Kepada Kepala Bagian (Pimpinan)

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengajukan permintaan untuk mengundurkan diri dari kerja. Dulu saya mengajukannya 2 minggu sebelum hari H atau hari saya keluar kerja secara resmi dari perusahaan. Saya mengajukan permintaan mengundurkan diri kepada kepala pimpinan bagian tempat saya kerja. Dulu kepala pimpinan nama jabatannya adalah kepala seksi.

Setelah saya mengajukan pengunduran diri, lalu saya ditanyain beberapa pertanyaan oleh kepala seksi saya. Diantaranya yaitu alasan mengundurkan diri, tujuan setelah mengundurkan diri, tidak ada tekanan dari teman kerja, dan izin dari keluarga saya.

Karena saya dulu memang sudah mantep mengundurkan diri, mantep dalam arti saya sudah memiliki alasan yang tepat kenapa mengundurkan diri, tujuan saya mengundurkan diri juga sudah ada, tidak ada tekanan dari rekan kerja, dan sudah mendapat izin dari orang tua saya. Akhirnya proses pengunduran diri saya pun diizinkan atau disetujui oleh pimpinan.

2. Membuat Surat Pengunduran Diri dari Kerja/Membuat Surat Resign

Setelah proses tanya jawab dengan pimpinan kerja, akhirnya saya diizinkan oleh pimpinan untuk mengundurkan diri. Selanjutnya, saya disuruh untuk membuat surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri boleh ditulis dengan tangan dan juga boleh ditulis dengan ketikan lalu dicetak/printing.

Karena saya dulu sudah memiliki laptop, jadi saya buat surat pengunduran diri dengan ketikan yang kemudian dilanjut dengan proses pencetakan/printing. Keesokan harinya langsung saya berikan surat resign yang sudah dibuat kepada kepala seksi untuk ditanda tanganinya.

READ  Ukuran Kartu Nama Standar dan Contoh Desain Kartu Nama Elegan+Keren

3. Meminta Persetujuan/Tanda Tangan Kepala Gedung

Kemudian surat tersebut akan disetorkan ke bagian kepala gedung untuk mendapatkan persetujuan atau tanda tangan dari kepala gedung bagian saya kerja. Jadi, kemudian saya menghadap pimpinan kepala gedung. Pada tahapan ini hanya akan ditanya tentang keyakinannya untuk mengundurkan diri.

Jika sudah yakin maka akan ditanda tangani langsung oleh kepala gedung. Setelah itu surat pengunduran diri atau surat resign disetorkan kepada bagian HRD. Selanjutnya menunggu hari H atau hari keluar kerja secara resmi. Selama menunggu hari H, saya masih diwajibkan untuk tetap masuk kerja.

4. Tanda Tangan Resmi Keluar

Pada hari H, saya dipanggil ke bagian HRD. Pada tahapan ini saya hanya dimintai tanda tangan dan dijelaskan hak-hak yang saya dapatkan dari perusahaan. Selain dimintai tanda tangan saya juga diminta mengembalikan fasilitas-fasilitas dari perusahaan seperti seragam, sepatu, id card, dan lainnya.

Itulah tahapan-tahapan yang dulu saya lalui ketika mngundurkan diri dari perusahaan yang bonafit. Namun perlu diperhatikan lagi, bahwa setiap perusahaan bisa saja memiliki aturan sendiri-sendiri. Termasuk aturan mengundurkan diri dari kerja.

Baiklah, selanjutnya masuk ke pembahasan utama yaitu contoh surat pengundurkan diri dari kerja yang baik dan sopan. Dulu, saya membuat surat pengunduran diri dari kerja dengan referensi mencari di situs-situs yang ada di google. Dan akhirnya saya jadi tahu bagaimana cara membuat surat membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan (Surat Resign Kerja)

Contoh Surat Resign
Sumber: hipwe.com

Bagi Anda yang akan mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja, sebaiknya buatlah surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Supaya mempermudah dan memberikan rasa hormat kita kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk bekerja selama Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Jika Anda belum pernah membuat surat pengunduran diri/surat resign, sebaiknya cari referensi yang terpercaya. Di sini ada beberapa contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang bisa Anda jadikan referensi.

Karena contoh surat resign berikut ini merupakan contoh-contoh yang dibuat dengan sumber terpercaya. Termasuk penulis sendiri yang pernah membuat dan mengalami proses-proses tahapan pengunduran diri dari perusahaan secara baik dan sopan.

Format Surat Pengunduran Diri

Untuk mempermudah dalam pembuatan surat pengunduran diri, sebaiknya pahami dulu format sura pengunduran diri. Jangan sampai dalam membuat surat pengunduran diri formatnya berantakan atau bahkan tidak lengkap.

Format untuk jenis surat ini hampir sama dengan format surat resmi lainnya. Ada satu hal yang harus sangat diperhatikan, yaitu bahasa. Dalam pembuatan surat resign ini juga memerlukan bahasa yang baik dan sopan, supaya dapat dengan mudah diterima. Format surat pengunduran diri yaitu:

  1. Tempat serta tanggal dibuatnya surat.
  2. Nama yang dituju/nama perusahaan.
  3. Isi/inti surat.
  4. Tanda tangan.

Setidak surat pengunduran diri yang Anda buat harus memiliki 4 unsur tersebut. Apabila ke-4 unsur sudah ada pada surat yang Anda buat, maka surat tersebut sudah baik dan sopan.

READ  Jual Masker Kefir Organik Berkualitas dengan Harga Pas di Hati

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kerja (Contoh Surat Resign)1

Jakarta, 20 Maret 2017

Kepada Yth,

Kepala Bagian Personalia

PT. INDONESIA MAJU
Di Jakarta

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan PT. INDONESIA MAJU yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama              : Peroli Sudjatmo
No. id card      : 3017
Bagian/Seksi   : Machining
Jabatan           : Operator

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. INDONESIA MAJU terhitung mulai dari tanggal 1 April 2017. Hal ini saya lakukan tanpa ada dorongan dari pihak manapun ataupun niatan negatif dari saya sendiri.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bergabung dan berkontribusi di PT. INDONESIA MAJU. Dan saya mohon maaf atas keputusan yang telah saya ambil untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan ini.

Namun, saya harap untuk kedepannya perusahaan yang Bapak pimpin bisa terus maju dan lebih baik. Demikian surat pengunduran diri dari saya, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( Peroli Sudjatmo )

Contoh di atas adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dari kerja untuk karyawan dengan jabatan operator. Contoh surat resign kerja di atas sudah baik dan sopan karena bahasa di dalamnya tidak mengandung unsur negatif seperti alasan yang propokatif.

Dan ucapan terima kasih serta doa yang bagus adalah poin penting yang membuat surat tersebut akan mudah diterima oleh pihak yang menerima.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kerja (Contoh Surat Resign) 2

Bandung, 11 Desember 2016
Kepada Yth,
Pimpinan HRD Personalia
PT. GAYA BARU INDONESIA
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                 : Robert Sudiono
Jabatan                              : Teknisi
Nomor Idenitas Karyawan : 1001
Seksi                                  : Enginering

Bersamaan surat ini saya mengajukan permohonan undur diri dari perusahaan yang Bapak pimpin pada tanggal 11 Januari 2017.

Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua keluarga PT. GAYA BARU INDONESIA yang telah menerima saya selama 2 tahun bergabung menjadi salah satu bagian di perusahaan ini.

Terima kasih juga kepada pimpinan kerja yang sudah bersabar membimbing saya selama masa kerja di sini. Dan saya juga mengucapkan permohonan maaf karena saya tidak bisa melanjutkan menjadi bagian dari perusahaan ini.

Saya berharap, semoga perusahaan ini akan selalu berjaya dan banyak memberikan manfaat untuk semua.

Demikian surat pengunduran diri dari saya, surat ini saya buat tanpa ada paksaan ataupun dorongan dari pihak lain.

Hormat Saya

( Robert Sudiono )

Contoh surat resign kerja yang kedua adalah pengunduran kerja dari sebuah perusahaan juga. Ada sedikit perbedaan dari bahasa isi yang dipakai.

Namun, pada intinya sama, yaitu permohonan undur diri, kemudian dilanjut dengan ucapan terima kasih dan ucapan mohon maaf serta harapan-harapan untuk perusahaan kedepannya.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kerja (Contoh Surat Resign) 3

Surabaya, 11 Desember 2016
Kepada Yth.
HRD Manager
PT. ANGKASA INDAH RAYA
Jl. Soedirman Nomor 111 Blok C, BandungDengan hormat,Bersamaan dengan surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri dari perusahaan PT. ANGKASA INDAH RAYA.

READ  Macam-macam Tes Psikologi dan Cara Menghadapinya

Nama          : Sheker Sudjono
NPK             : 0111
Bagian         : Administrasi Perusahaan

Pengajuan undur diri dari perusahaan ini atas dasar keputusan saya sendiri tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Dengan penuh hormat saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan PT. ANGKASA INDAH RAYA yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berkontribusi dan berkarya di perusahaan ini.

Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya atas keputusan saya untuk tidak melanjutkan kontribusi saya di perusahaan ini. Semoga perusahaan ini selalu berkembang dan maju.

Hormat saya,

Sheker Sudjono

Contoh yang ketiga ini hampir sama juga dengan contoh-contoh sebelumnya. Pada intinya format surat sama, yang dirubah hanyalah bahasa-bahasanya saja. Anda bisa saja menggunakan bahasa Anda sendiri, dengan catatan bahasa yang dipakai baku, baik, dan sopan.
Dan sampaikan sebaik mungkin tanpa ada penilaian buruk terhadap perusahaan meskipun alasan keluar karena tidak betah kerja di perusahaan tempat bekerja.

Tujuan Surat Pengunduran Diri Kerja

Format Surat Pengunduran Diri
Sumber: fatinia

Surat pengnduran diri merupakan media penyampai kepada pimpinan perusahaan terutama bagian HRD Personalia. Dan juga sebagai syarat resmi jika seorang ingin keluar dari tempat kerja.

Tentunya surat pengunduran diri dibuat tanpa ada manfaat dan tujuannya. Apa tujuan dari dibuatnya surat jika seorang ingin mengundurkan diri dari kerjanya.

1. Media Penyampai dan Bukti yang Jelas serta Bersifat Resmi

Dengan dibuatkannya surat pengunduran diri, maka akan mempermudah pengajuan permohonan. Tanpa harus ketemu langsung dan tanpa harus mengatur waktu untuk ketemu.

Surat juga bisa dijadikan sebagai bukti tertulis bahwa diri Anda sudah mengajukan permohonan undur diri dari pekerjaan. Selain itu, surat lebih bersifat resmi. Karena terdapat tanda tangan dan juga sudah melalui persetujuan dari pimpinan kerja sebelum ke pimpinanan personalia.

2. Bukti Keprofesionalan Diri

Surat resign bisa dijadikan bukti bahwa pengunduran diri dilakukan secara profesional dan tanggung jawab. Dengan begitu, pengunduran diri Anda lebih terhormat dan terlihat profesional. Jangan sampai mengundurkan diri dengan seenaknya sendiri.

Karena seorang karyawan bisa saja dengan mudah keluar dari perusahaan tanpa izin ke pimpinanan. Dalam artian, keluar dengan cara tidak masuk dalam jangka waktu lama. Umumnya perusahaan memiliki peraturan jika karyawannya absen tanpa keterangan selama hari yang sudah dibatasi oleh perusahaan, maka karyawan sudah dianggap keluar.

3. Membantu Pihak HRD Personalia

Dengan surat pengunduran diri, pihak HRD akan sangat terbantu dalam mencari pengganti. Surat resign biasanya akan mudah diterima jika pengajuannya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H. Karena untuk mencari pengganti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan seleksi calon karyawan baru.

Jadi, mengetahui tujuan dari surat pengunduran diri ini akan membantu meningkatkan kesadaran diri bagi orang yang akan undur diri dari pekerjaannya. Seorang yang baik, memiliki rasa tanggung jawab, tentu akan memilih menggunakan cara yang profesional dan tanggung jawab.

Demikian penjelasan pada artikel ini tentang contoh surat pengunduran diri atau yang biasa disebut juga dengan contoh surat resign. Jadilah seorang yang profesional dalam segala hal. Dan tingkatkan selalu rasa tanggung jawab pada setiap kewajiban yang dimiliki.

Tinggalkan komentar