ukuran lapangan sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap+Gambar Lapangan Sepak Bola

UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA – Permainan sepak bola adalah suatu olahraga yang banyak digemari semua kalangan. Tidak jarang para pecinta sepak bola dengan detail mencari informasi di internet tentang pemain sepak bola, lapangan sepak bola, ukuran lapangan sepak bola, gambar lapangan sepak bola, gambar bola, dan semua tentang sepak bola nasional maupun internsional.

Pada artikel ini kita akan membahas ukuran lapangan sepak bola, yang akan kita bahas adalah ukuran lapangan sepak bola standar FIFA (Federation Internationale de Football Association). FIFA adalah sebuah induk organisasi olahraga cabang sepak bola internasional atau organisasi sepak bola seluruh dunia.

FIFA secara resmi berdiri pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Prancis. Asosiasi sepak bola terbesar ini memiliki badan asosiasi regional yang cakupan lebih kecil, yang bertujuan untuk memantau perkembangan sepak bola di setiap belahan dunia. Ada 6 asosiasi di bawah cakupan FIFA, asosiasi tersebut yaitu:

AFC (Asian Football Confederation), UEFA (Union of European Football Associations), CAF (Confederation Africaine de Football), CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football), CONMEBOL (Confederacion Sudamericana de Footbol), OFC (Oceania Football Confederation).

Demikian sedikit penjelasan tentang peran FIFA bagi semua persepak bolaan di dunia. Baik, sekarang kita lanjutkan pembahasan tentang ukuran lapangan sepak bola standar FIFA. Berapa standar ukuran lapangan sepak bola menurut FIFA? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh lagi.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

ukuran lapangan sepak bola
Sumber: thebeautyoftravel.com

Lapangan sepak bola adalah fasilitas yang pertama bagi olahraga sepak bola, tanpa adanya lapangan sepak bola tentu pemain sepak bola tidak bisa menunjukkan kemampuannya dalam bermain sepak bola. Arena bermain sepak bola atau yang disebut dengan lapangan sepak bola merupakan sebuah lahan terbuka dengan dilengkapi 2 buah gawang dan 1 buah sepak bola.

Namun lahan lapang dengan 2 gawang dan 1 bola hanyalah sebagai dasaran untuk bermain sepak bola, sedangkan sepak bola sekarang sudah memiliki standar untuk bisa layak disebut sebagai lapangan sepak bola. Untuk mencapai standar yang layak sebuah lapangan sepak bola harus memperhatikan rumput lapangan dan ukuran lapangan.

Jika megikuti standar dari FIFA, tentu tidak hanya itu saja yang diperhatikan. Harus ada tempat istirahat, tempat pemain cadangan, dan masih banyak lagi. Namun, yang paling utama diperhatikan terlebih dahulu adalah standar ukuran lapangan sepak bola. Jika lapangannya sudah memenuhi standar, maka bisa ditindak lanjuti dengan memperhatikan lainnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri stadion atau lapangan sepak bola yang sudah lengkap dengan fasilitas seperti bangku penonton dan tempat istirahat, dan lainnya. Namun, apabila standar ukuran lapangan sepak bola belum memenuhi standar FIFA, maka lapangan tersebut belum layak untuk tempat bermainnya sepak bola kelas Internasional atau dunia.

Oleh karena itu, dalam stadion sepak bola hal yang paling utama diperhatikan adalah standar dari lapangannya tersebut. Berapa standar ukuran lapangan sepak bola menurut FIFA? Berikut ini adalah penjelasannya.

Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

 

Ukuran lapangan sepak bola
Sumber: cilacap.go.id

FIFA (Federation Internationale de Football Association) sudah menetapkan standar ukuran lapangan sepak bola yang layak untuk pertandingan sepak bola Internasional. Dalam ukuran lapangan sepak bola yang diperhatikan adalah luas dari lapangan sepak bola. Dari panjang dan lebar lapangan harus benar-benar sesuai standar yang ditentukan.

Jika ukuran lapangan sudah sesuai standar, selanjutnya yaitu menentukan standar garis lapangan, gawang lapangan, dan rumput lapangan. Baik, untuk memperjelas langsung saja kita bahas ukuran lapangan sepak bola berikut ini.

Panjang Lapangan Sepak Bola

Berikut adalah standar panjang lapangan sepak bola:

  • Ukuran standar FIFA, panjang lapangan sepak bola minimal 100 meter dan maksimal 110 meter.
  • Ukuran standar kelayakan, panjang lapangan sepak bola minimal 90 dan masimal 120 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola

Berikut ini adalah standar lebar lapangan sepak bola:

  • Ukuran standar FIFA, lebar lapangan sepak bola minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.
  • Ukuran standar kelayakan, lebar lapangan sepak bola minimal 45 meter dan maksimal 90 meter.

Garis Tengah Lapangan

Berikut ini adalah standar garis tengah lapangan sepak bola:

  • Garis tengah lapangan standar FIFA harus memiliki warna putih jelas, diletakkan secara tepat pada tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama.

Lingkaran Tengah

Berikut ini adalah standar lingkaran tengah lapangan sepak bola:

  • Ukuran standar lingkaran tengah yaitu radius 9,15 meter. Titik tengah harus tepat diletakan ditengah lapangan. Titik tengah merupakan titik dimana permainan sepak bola dimulai atau yang sering kita sebut kick off.

Gol Area atau Area Penjaga Gawang

Berikut ini adalah standar area penjaga gawang:

  • Ukuran standar area penjaga gawang yaitu memiliki panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter.
  • Ukuran standar tiang gawang yaitu memiliki perbandingan 3 : 2, adapun standar FIFA adalah lebar 7,3 meter dan tingg 2,4 meter.

Area Penalty atau Titik Penalty

Berikut ini adalah standar titik penalty:

  • Ukuran area penalty standar FIFA yaitu memiliki panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Sedangkan jarak titik penalty dengan gawang yaitu 11 meter.

Flag Post pada Setiap Sudut Lapangan

Berikut ini adalah standar flag post atau bendera penanda sudut:

  • Ukuran bendera yang tertancap disetiap sudut lapangan atau yang biasa disebut dengan Flag Post adalah memiliki 1,5 meter.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam ukuran lapangan sepak bola sesuai standar FIFA. Selain ukuran, ada juga rumput lapangan yang harus diperhatikan. Tingkat kelayakan pakai juga dilihat dari segi rumput lapangan sepak bola. Jadi, rumput lapangan sepak bola harus memiliki tingkat kedataran ketebalan yang sudah ditentukan.

Bagaimana? Sudah cukup jelas mengenai penjelasan tentang ukuran lapangan sepak bola. Pada intinya lapangan sepak bola bisa saja memiliki ukuran yang berbeda, namun bisa dipakai dan diakui oleh FIFA. Hal tersebut disebabkan karena lapangan sepak bola tidak harus memiliki ukuran yang sama antara lapangan yang satu dan lainnya. Yang terpenting adalah lapangan tersebut sudah masuk dalam standar ukuran standar FIFA seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Gambar Lapangan Sepak Bola/Stadion

Gambar lapangan sepak bola 1
Sumber: p1.pichost.me
Gambar lapangan sepak bola2
Sumber: estaticos.sport.es
Gambar stadion
Sumber: usimages.detik.com

Gambar di atas merupakan contoh gambar lapangan sepak bola modern. Dengan gambar tersebut semoga bisa semakin memperjelas dan menambah pemahaman anda tentang ukuran lapangan sepak bola.

Jika kita perhatikan lapangan sepak bola sekarang, rata-rata sudah memenuhi standar FIFA. Terutama lapangan sepak bola yang ada di Negara-negara Eropa, tidak hanya sekedar memenuhi standar, namun sudah terbilang di atas standar. Karena lapangan-lapangan sepak bola di Eropa sudah memiliki fasilitas yang sangat modern.

Maka tidak heran jika persepak bolaan di Negara-negara Eropa terbilang maju dan bagus. Baik dari segi pemain sepak bolanya maupun fasilitas yang ada. Sampai-sampai, pemain sepak bolanya bisa digaji dengan sangat mahal.

Demikian penjelasan tentang ukuran lapangan sepak bola beserta keterangan-keterangannya. Artikel ini ditulis dengan mengambil sumber pengetahuan penulis sendiri dan sumber-sumber yang sudah terpercaya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar