kompas arah 1

Arah Mata Angin Lengkap beserta Cara-cara Menentukan Arah Mata Angin

ARAH MATA ANGIN – Bagi seorang yang sering menjelajah alam sudah pasti sering merasakan manfaat arah mata angin. Mempelajari semua tentang arah mata angin tentu penting buat semua orang, terutama bagi yang suka berpetualang di alam lepas. Mempelajari arah mata angin meliputi mengenal gambar mata angin, kompas mata angin, cara mengetahui arah mata angin, dan arah mata angin dalam bahasa inggris.

Sejak sekolah kita sudah mengenal yang namanya mata angin, apalagi bagi anda yang masa sekolahnya aktif di pramuka, tentu sudah pernah merasakan manfaatnya mengetahui arah mata angin. Begitu juga dengan umat muslim di dunia, tentunya merasakan juga manfaatnya, yaitu mempermudah dalam menemukan arah kiblat.

Oleh karena itu, mempelajari tentang mata angin tentunya merupakan hal yang akan bermanfaat, selain menambah pengetahuan kita, kita juga bisa memanfaatkan ketika kita membutuhkan. Pada artikel ini akan membahas hal-hal septuar mata angin. Mari kita pelajari lebih jauh.

Mata Angin

arah mata angin lengkap
Sumber: beritake.com

Mata angin adalah panduan yang dipakai untuk mengetahui dan menentukkan suatu arah. Biasanya kita bisa melihat pada peta, navigasi, dan alat untuk menentukan arah yaitu kompas.

Mata angin sangat membantu kita dalam kemana kita harus melangkah untuk sampai tujuan yang dituju. Tentunya sangat membantu supaya tidak tersesat di dalam suatu tempat.

Mata Angin Pokok/Standar Arah Mata Angin

arah mata angin
Sumber: seputarbahasaindonesia.blogspot.co.id

Mata angin memiliki arah pokok sebanyak empat, mata angin pokok inilah yang digunakan dalam standar pembuatan alat bantu penunjuk arah. Seperti peta, kompas, dan alat bantu lainnya. Empat nama arah mata angin pokok tersebut yaitu:

  1. Utara
  2. Timur
  3. Selatan
  4. Barat

Ke-4 arah mata angin tersebut merupakan mata angin pokok yang sudah ditentukan dan dipakai di semua negara di dunia ini. Selain mata angin pokok, ada juga mata angin tengah dan mata angin tambahan.

Mata Angin Tengah

arah mata angin 2
Sumber: kompasiana.com

Mata angin tengah adalah arah mata angin diantara ke-4 arah mata angin pokok. Contohnya di antara arah mata angin utara dan timur ada arah mata angin yang dinamakan timur laut. Tentunya nama tersebut tidak asing di telinga kita.

Namun, banyak yang tidak tahu di arah mana nama arah timur laut. Maka dari itu penting juga untuk mengenal dan memahami mata angin tengah. Berikut ini adalah nama ke-4 mata angin tengah.

  1. Timur Laut (antara utara dan timur).
  2. Tenggara (antara timur dan selatan).
  3. Barat Daya (antara selatan dan barat).
  4. Barat Laut ( (antara barat dan utara).

Ke-4 nama tersebut adalah nama-nama mata angin tengah. Jadi jika dijumlah dengan mata angin pokok arah mata angin ada-8. Namun, masih ada-8 mata angin lagi, yaitu mata angin tambahan.

Mata Angin Tambahan

Gambar arah mata angin 1
Sumber: iskandardaulima.blogspot.co.id

Mata angin tambahan adalah arah mata angin yang berada di antara mata angin pokok dengan mata angin tengah. Contohnya mata angin tambahan yang berada di antara utara dan timur laut dinamakan utara timur laut.

Nama ini juga tidak asing di telinga kita, namun banyak yang belum tahu letaknya dimana. Maka dari itu, perlu juga untuk mengetahui mata angin tambahan. Ke-8 mata angin tambahan tersebut yaitu:

  1. Utara timur laut (antara utara dan timur laut).
  2. Timur-timur Laut (antara Timur laut dan timur).
  3. Timur Menenggara (antara timur dengan tenggara).
  4. Selatan Menenggara (antara tenggara dengan selatan).
  5. Selatan Barat Daya (antara selatan dengan barat daya).
  6. Barat-barat Daya (antara barat daya dengan barat).
  7. Barat-barat Laut (antara barat dengan barat laut).
  8. Utara Barat Laut (antara barat laut dengan utara).

Ke-delapan nama di atas merupakan nama-nama dari mata angin tambahan. Jadi jika ditotal kesluruhan ada-16 mata angin. Selama ini yang tidak asing adalah ke-16 nama tersebut.

Demikian adalah pembahasan nama-nama arah mata angin, pembahasan berikutnya adalah tentang cara-cara menentukan arah mata angin. Ada banyak cara untuk menentukannya. Mari kita lanjutkan pembahasannya.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Gambar arah mata angin 3
Sumber: rsgis.info

Zaman sekarang merupakan zaman yang segalanya sudah praktis, karena sudah tersentuh oleh teknologi. Jadi semuanya sudah serba modern dan canggih. Termasuk juga dalam menentukan mata angin.

Zaman dulu dalam menentukan arah masih menggunakan cara-cara sederhana seperti menggunakan bayangan, menggunakan silet, jarum, matahari terbit, dan cara-cara sederhana lainnya.

Seiring berjalannya waktu dan zaman pun semakin berkembang dan maju, para ilmuan berusaha membuat alat untuk menentukan arah suatu mata angin. Jadi zaman sekarang sudah ada dua cara untuk menentukan arah suatu mata angin.

Yaitu dengan menggunakan alat modern dan dengan cara sederhana. Berikut ini adalah cara-cara untuk menentukan arah suatu mata angin.

1. Menggunakan Kompas Arah

kompas arah 1
Sumber: gambarberkata.com

Kompas adalah alat untuk menunjukan atau menentukan mata angin. Pada alat ini arah utara sebagai patokan atau arah utama. Makanya sering kita jumpai pada kompas huruf “U” lebih menonjol dalam kompas.

Dalam kompas ada jenis-jenis utara, yaitu utara asli dan utara magnetis. Apa maksud dari jenis utara tersebut?. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Utara Asli, yaitu arah sepanjang permukaan dari bumi ini, yang dimulai dari titik kutub selatan sampai kutub utara atau berdasarkan dari rotasi bumi. Yaitu kutub yang terletak disebelah kiri ketika seorang berdiri tepat di atas garis katulistiwa dengan menghadap ke arah matahari terbit.
  • Utara Magnetis, yaitu arah mata angin sepanjang permukaan bumi ini, dimana suatu kekuatan dari medan magnet horisontal memiliki nilai positif paling kuat untuk suatu kegiatan yang memiliki akhir.

Di dalam kompas biasanya lengkap disertai angka-angka yang memiliki satuan drajat. Bentuknya kecil, kurang lebihnya seperti jam kecil.

2. Dengan Melihat Tempat Matahari Terbit atau Terbenam

gambar kompas
Sumber: digaleri.com

Cara ini merupakan cara yang sering dipakai oleh orang-orang terdahulu. Dengan melihat tempat mata hari terbit berarti arah tersebut merupakan arah timur.

Begitu juga sebaliknya, jika melihat tempat matahari terbit berarti menunjukan arah barat. Demikian merupakan salah satu cara sederhana untuk menentukan arah.

3. Membuat Bayangan Suatu Benda

cara menentukan arah mata angin
Sumber: manusiamandiri.blogspot.com

Cara ini termasuk cara yang sederhana yang biasa dipakai oleh orang zaman dulu sebelum adanya alat untuk menentukan arah. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Tancapkan suatu benda secara tegak lurus, dengan panjang benda minimal 50 cm supaya lebih jelas.
  • Setelah tertancap dengan tegak lurus, berikan suatu tanda pada ujung bayangan yang dihasilkan dari benda tersebut. Boleh tanda apa saja, yang penting bisa untuk menandai, bisa semacam tanda silang atau lainnya pada ujung bayangan.
  • Biarkan minimal selama 15 menit, atau sampai ada tanda pergeseran bayangan yang jelas. Jika sudah ada pergeseran bayangan secara jelas, langsung kasih tanda kedua pada bayangan yang sudah mengalami pergeseran.
  • Arah utara akan di dapat dari garis yang tegak lurus dari garis yang sudah diperoleh dari dua titik bayangan yang sudah dibuat tadi.

Demikian adalah cara mengetahui arah dengan memanfaatkan sebuah benda yang ditancapkan dengan berdiri tegak lurus. Mungkin cara tersebut pada zaman sekarang sudah jarang dipakai, bahkan mungkin juga sudah tidak dipakai.

4. Menentukan Arah dengan Jarum atau Silet

cara menentukan arah
Sumber: instructables.com

Cara ini juga termasuk ke dalam cara yang sederhana. Karena hanya memanfaatkan sebuah jarum atau silet. Jika cara sederhana yang sudah kita bahas di atas tadi memerlukan bantuan cahaya matahari, untuk cara ini tidak memerlukan bantuan cahaya matahari.

Jadi, bisa metode ini bisa dipakai siang dan malam. Prinsip kerja metode ini mirip dengan cara kerja kompas. Hanya saja metode ini tergolong sederhana, sedangkan kompas merupakan suatu alat yang sudah tersentuh teknologi.

Anda bisa mencoba mempraktekkan metode sederhana ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat di dalam hidup anda. Berikut ini adalah caranya.

  • Ambil sebuah jarum atau silet, lalu gosokan jarum atau silet tersebut ke permukaan yang kering. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan gaya magnetis dan gaya listrik.
  • Setelah itu tusukan jarum atau silet ke gabus. Gunakan gabus karena gabus memiliki massa yang ringan, sehingga gaya yang diperlukan tidak terlalu banyak atau besar.
  • Jika sudah, selanjutnya letakan jarum atau silet yang sudah ditancapkan di gabus ke permukaan air yang tenang. Bisa pada ember yang berisi air, atau bak mandi, intinya pada permukaan air yang tenang.
  • Jika sudah, tunggu beberapa saat. Jika ada pergerakan maka jarum akan mengarah ke arah utara dan selatan.

Metode ini akan lebih mudah dipahami jika langsung mempraktekkan. Selamat mempraktekkan, berikutnya masih ada cara sederhana yang perlu anda ketahui, yaitu dengan merasakan suhu pohon.

5. Menentukan Arah dengan Merasakan Suhu Pohon

cara menentukan arah mata angin dengan sederhana
Sumber: cevaplarin.com

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan merasakan suhu batang pohon. Caranya adalah dengan mencari pohon yang besar dan tinggi dengan tempat yang cukup lapang. Cukup lapang dalam arti cahaya matahari bisa sampai ke batang pohon tersebut.

Raba bagian batang pohon, jika sore hari bisa anda rasakan bagian yang paling hangat. Hal ini memungkinkan bagian yang terasa hangat adalah arah barat. Namun, cara ini butuh filling yang bagus. Jadi, kemungkinan orang memakai metode ini sangat kecil.

6. Menentuka Arah dengan Kelebatan Daun Pohon

Cara menentukan arah  1
Sumber: flickriver.com

Metode atau cara ini juga hampir mirip dengan metode merasakan suhu batang pohon. Kemiripan atau kesamaannya pada efek cahaya matahari. Hanya saja metode ini berhubungan dengan efek cahaya matahari di pagi hari.

Pada umumnya yang mengarah ke arah timur tumbuh lebih lebat, di banding dengan pohon yang mengarah ke arah barat. Hal ini dikarenakan pohon yang mengarah ke arah timur mendapatkan sinar matahari yang bagus untuk proses fotosintesis.

7. Menentukan Arah dengan Pohon Berlumut di Hutan

Cara menentukan arah
Sumber: boundless.com

Metode ini cangat cocok bagi orang yang kebingungan menentukan arah di tengah lebatnya hutan. Dengan melihat tumbuhan lumut yang tumbuh di batang pohon.

Yaitu jenis tumbuhan lumut Ploytrichum sp dan Parmelia sp. Jenis lumut ini cenderung lebih tumbuh subur di dareah yang kualitas rendah sinar matahari.

Daerah yang kualitas sinar mataharinya rendah yaitu arah utara dan selatan. Jadi, jika ingin menggunakan metode ini lihat batang pohon yang ditumbuhi lumut jenis yang sudah disebutkan tadi, lalu perhatikan bagian yang paling banyak ditumbuhi lumut tersebut.

Daerah yang paling banyak ditumbuhi lumut tersebut menandakan arah utara dan selatan. Metode ini juga termasuk cukup kecil kemungkinan kebenarannya. Tapi, jika keadaan darurat bisa manfaatkan metode ini. Dilihat secara materi metode ini cukup masuk akal.

8. Cara Menentukan Arah dengan Rasi  Bintang Pari

Rasi bintang pari
Sumber: vionnanovax1-ras-ibintang.blogspot.co.id

Cara menentukan arah dengan melihat rasi bintang pari atau crux. Cara ini dilakukan  berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan sama Himpunan Astronomi Internasional. Di belahan bumi bagian utara (hemisfer) biasanya melihat rasi bintang berdasarkan pedoman tradisi Yunani.

Cara ini tentunya bisa digunakan ketika malam hari yang penuh bintang. Karena untuk mempermudah melihat rasi bintang. Yang pertama adalah rasi bintang pari, rasi bintang pari merupakan bintang-bintang yang bersinar paling terang membentuk pari/layang-layang.

Letak rasi bintang ini condong berada dibagian selatan bumi. Jadi, jika anda melihat rasi bintang ini, letaknya itulah yang menandakan arah selatan.

9. Rasi Bintang Orion

Rasi bintang orion
Sumber: infoastronomy.org

Rasi orian memiliki arti pemburu, arti ini berdasarkan orion, Putera Neptune, yang merupakan seorang pemburu paling baik di dunia. Ciri-ciri rasi orion adalah ada 3 bintang kembar membentuk sabuk orion dengan berjajar. Rasi ini berada di arah barat.

Yang lebih menarik lagi dari rasi orion yaitu adanya bintang Betelgeuse dan Bellatrix pada konstelasinya. Nama tersebut tercantum dalam tokoh Harry Potter, dan Betelgeuse adalah salah satu judul film anak dahulu. Ternyata keduanya merupakan nama-nama bintang, termasuk Remus, Sirius, dan Regulus.

10. Rasi Bintang Biduk

Rasi bintang biduk
Sumber: barripandapa – WordPress.com

Rasi biduk menandakan arah utara, hal ini sesuai dengan namanya yaitu biduk yang berarti beruang. Habitat beruang banyak di kutub utara. Rasi ini berbentuk seperti gayung dengan 7 bintang terang yang membentuknya.

Karena terdiri dari 7 bintang, rasi ini disebut juga dengan konstelasi bintang 7. Pada masyarakat Jawa rasi ini dikenal sebagai lintang kartika. Tepatnya ditujukan untuk rasi bintang Pleiades.

10. Rasi Bintang Scorpio

Rasi bintang scorpio
Sumber: hipwee.com

Rasi bintang ini cukup sulit untuk dicari, karena banyaknya bintang yang bentuknya. Rasi bintang scorpio menunjukkan arah tenggara. Di dalam mitologi Yunani kuno, Scorpio merupakan utusan dari Apollo yang mendapat perintah untuk membunuh Orion.

Pada kontelasi rasi ini ada bintang Antares yang merupakan salah satu bintang yang ditemukan paling terang. Jadi, jika melihat rasi bintang ini menunjukkan arah tenggara.

10. Rasi Bintang Andromeda

Rasi bintang adromeda
Sumber: astronesia.blogspot.sk

Merupakan salah satu rasi bintang yang terletak di bagian utara, bentuknya seperti huruf V, dan rasi ini lebih jelas dilihat ketika musim gugur di belahan bumi utara. Jadi rasi bintang ini menandakan arah utara.

Rasi bintang Andromeda terletak dekat dengan kutub utara, jadi hanya beberapa tempat saja yang bisa melihat dengan jelas rasi bintang ini. Bintang Alpha dan bintang Alpheratz adalah bintang yang termsuk di dalam rasi bintang ini.

11. Rasi Bintang Antlia

Rasi bintang antila
Sumber: Miscellaneous Epistimi (knowledge) – blogger

Rasi bintang Antlia adalah salah satu rasi yang ada di sebelah selatan. Jadi rasi bintang ini bisa dignuakan untuk menunjukkan arah selatan. Nama Antlia merupakan bahasa Yunani yang artinya pompa udara.

Rasi Bintang Antlia ditemukan pada abad ke-18, oleh seorang astronom yang bernama Abbe Nicolas Luis de Lacaille dari Negara Perancis. Salah satu bintang pada rasi ini yaitu bintang Alpha Antliae, merupakan bintang orange raksasa yang paling terang di rasi bintang ini.

12. Rasi Bintang Apus

Rasi bintang apus
Sumber: Miscellaneous Epistimi (knowledge) – blogger

Rasi Bintang Apus merupakan suatu rasi bintang yang redup di bagian belahan bumi selatan. Jadi rasi ini bisa digunakan sebagai penunjuk arah selatan. Rasi ini memiliki nama lain yaitu Apis Indica yang merupakan Bahasa Latin yang artinya burung dari India.

Demikian adalah beberapa cara untuk menunjukkan arah mata angin yang khususnya untuk digunakan di tanah pertiwi ini. Mungkin bagi sebagian orang cara-cara di atas sangat asing, bahkan baru tahu tentang cara-cara menentukan arah mata angin.

Namun, pasti banyak juga yang sudah tahu dengan cara-cara tersebut, terutama anda yang pernah aktif di dunia pramuka saat di mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Artikel ini ditulis berdasarkan pengetahuan penulis dan sumber-sumber terpercaya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang arah mata angin.

Satu pemikiran pada “Arah Mata Angin Lengkap beserta Cara-cara Menentukan Arah Mata Angin

  1. cocok nih buat yang mudah tersesat qiqiqi…aku biasanya suka kesasar kalo pas ditengah pasar. mau pulang bingung arah. al hasil cuma muter-muter aja. akhirnya aku nyari pintu keluar sedapet-dapetnya. ntar kalo udah di luar baru deh cari parkiran.

    mungkin aku butuh kompas kalo masuk pasar lagi wkwkwk

Tinggalkan komentar