FCL atau LCL? Solusi Terbaik Pengiriman Kontainer Surabaya Lombok yang Profesional

Jasa Pengiriman Terbaik
Jasa Pengiriman Terbaik

Dunia ekspedisi atau jasa pengiriman tampaknya  berkembang pesat. Bukan hanya mengirimkan barang berukuran kecil, namun sekarang dapat membantu pengiriman mobil, sepeda motor, bahkan kontainer. Salah satu penyedia jasa yang terbukti handal adalah Orange Cargo. Berikut informasi penting terkait dengan pengiriman kontainer Surabaya Lombok yang perlu kamu tahu!

Mengenal Pengiriman Kontainer FCL

Jasa Pengiriman Terbaik
Jasa Pengiriman Terbaik

Pengiriman kontainer antar pulau, seperti Jakarta Lombok umumnya menggunakan jalur laut. Hingga saat ini, terdapat dua istilah penting terkait dengan pengiriman tersebut, yaitu FCL dan LCL. FCL adalah singkatan yang didapat dari Full Container Load, artinya pengiriman kontainer dalam kondisi full atau bermuatan  penuh. 

Dalam hal tersebut, isi dari kontainer tidak bercampur dengan barang milik orang lain, dan hanya berisi produk dari perusahaan atau orang yang mengirimkannya saja. Orang yang menggunakan layanan ekspedisi beruap FCL perlu menyewa satu kontainer full untuk kebutuhan barang yang hendak dikirim. Kelebihan dari layanan tersebut adalah barang yang dijamin aman. 

Pengiriman pun bisa dilakukan sesuai dengan kesiapan dari barang dan jadwal kapal. Proses akan dilakukan jika barang dari klien telah dimasukkan dan tidak ada yang ketinggalan. Jika sudah, pihak ekspedisi akan menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal untuk mengantarnya sampai ke tujuan. Melalui sistem ini, pengiriman tidak perlu menunggu barang dari orang lain. 

Meskipun memiliki banyak keuntungan, sangat disayangkan jika volume pengiriman kontainer Surabaya Lombok tidak diisi penuh. Perlu kamu ingat, pengiriman FCL menggunakan kontainer 20 feet dan 40 feet. Artinya, volume barang yang bisa ditampung adalah 10 matriks ton dan 20 matriks ton. Ukuran itulah yang perlu kamu penuhi agar tidak rugi. 

Pengiriman Dengan FCL

Dari ulasan tadi, mungkin banyak dari kamu yang bertanya tanya, bagaimana prosedur pengiriman yang berlaku jika menggunakan layanan kontainer FCL. Pertama tama, pihak ekspedisi akan mengirimkan kontainer dari gudang untuk selanjutnya digunakan oleh klien. Kemudian, klien perlu memasukkan barang yang hendak dikirim ke dalam kontainer tersebut. 

Jika sudah, kontainer tadi dibawa ke terminal peti kemas untuk selanjutnya dilayarkan. Layanan dari Orange Cargo dapat melakukan hal tersebut hingga tuntas. Kamu sebagai klien tidak perlu pusing memikirkan masalah perizinan dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menyiapkan surat surat lengkap terkait dengan jenis barang dan selebihnya akan dibantu oleh Orange Cargo

Mengenal Pengiriman LCL

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan FCL, saat ini gilirannya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan LCL. LCL dalam pengiriman kontainer Surabaya Lombok adalah singkatan Less Container Load. Artinya, kamu bisa mengirimkan kontainer yang kolektif, karena muatan yang tidak sampai batas ambang minimalnya, yaitu 10 matriks atau 20 matriks. 

Di sini, kamu perlu barang milik orang lain untuk memenuhi kontainer yang hendak dikirim. Dengan sistem ini, biaya akan ditanggung bersama atau dibagi, sehingga tidak rugi. Namun syaratnya, barang yang dikirim harus memiliki tujuan yang sama. Contohnya kali ini pengiriman ke Lombok, maka seluruh barang yang ada di dalamnya harus dikirim ke lombok. 

Para pengguna sistem ini hanya perlu membayar biaya sesuai dengan volume barang yang digunakan saja. Para pengirim juga tidak perlu booking kontainer, karena semua barang yang ada di dalamnya adalah campuran. Hal penting yang harus dipersiapkan jika menggunakan LCL adalah dokumen  barang yang lengkap. 

Hal tersebut sifatnya sangat dasar, agar tidak ada barang yang sampai tertukar. Hal tersebut juga memudahkan pihak pengecekan untuk melihat daftar barang yang ada di dalam kontainer. Lantas dimanakah peran layanan Orange Cargo? Mereka akan mengurus barang kamu agar sampai di tujuan dengan aman. Mereka pun memastikan pengiriman kontainer Surabaya Lombok tanpa kendala. 

Apa Yang Dimaksud Dengan Bongkar Muatan?

Mungkin banyak diantara kamu yang masih belum paham terkait dengan kegiatan bongkar muatan. Kegiatan yang satu ini, bisa dilakukan oleh kapal kargo, yang mengantarkan berbagai barang termasuk kontainer. Kegiatan operasional dari peti kemas terdiri dari tiga tahapan, yaitu stevedoring, cargodoring, dan receiving delivery. Semuanya dilakukan dengan urut dan teliti.

Seluruh komponen tersebut telah diatur dalam peraturan pemerintah No 20, tahun 2004. Yang dimaksud dengan stevedoring adalah sebuah pekerjaan membongkar barang atau muatan dari kapal ke dermaga, truk, atau tongkang. Kegiatan ini juga meliputi proses muat barang dari truk, tongkang atau dermaga ke dalam kapal sampai tersusun dalam kondisi yang rapi.

Kemudian, yang dimaksud dengan cargodoring adalah pekerjaan saat melepas jala saat di dermaga, kemudian mengangkut barang menuju penyimpanan, gudang, atau lapangan untuk ditumpuk. Istilah ini juga berlaku untuk kegiatan yang sebaliknya. Tahapan ketiga yaitu receiving delivery adalah kegiatan memindahkan barang dari lokasi penumpukan serta menyerahkannya sampai tersusun di kendaraan. 

Seluruh proses ini akan diawasi dengan baik oleh pihak ekspedisi. Orange cargo akan memastikan semuanya aman, dan tidak ada barang yang sampai ketinggalan. Setelah pengiriman kontainer Surabaya Lombok beres, Orange Cargo akan mengabari kamu. Kegiatan yang satu ini dilakukan, sebagai bentuk layanan agar klien merasa lega. 

Keunggulan Pengiriman Kontainer

Pengiriman kontainer menjadi salah satu layanan Orange Cargo yang memiliki banyak penggemar. Banyak sekali keuntungan yang ditawarkan, jika kamu memutuskan untuk melakukan pengantaran barang melalui kontainer. Keuntungan pertama yang kamu dapatkan adalah biaya yang lebih murah. Jika mengirim dengan kontainer, kamu tidak perlu memikirkan berat barang.

Kontainer sudah memiliki ukuran atau volume yang pasti, sehingga klien tidak perlu dibebani oleh berat muatan. Tentu hal ini jauh berbeda, dengan pengiriman reguler yang berbasiskan berat paket. Selain itu, menggunakan kontainer juga akan mempercepat proses bongkar muat. Alasan itulah yang membuat kontainer lebih cepat sampai dibandingkan dengan metode lain. 

Kontainer yang kamu gunakan akan langsung diangkat menggunakan crane dan dinaikkan ke dalam kapal. Tidak perlu lagi proses penataan barang satu per satu hingga masuk ke dalam kapal. Kontainer juga akan memastikan barang kamu aman sampai ke tujuan. Hal yang satu ini tidak perlu diragukan, karena kontainer ini terbuat dari bahan yang sangat kuat dan kokoh. 

Klien pun memilih pengiriman kontainer Surabaya Lombok karena layanan tersebut memiliki kemungkinan salah kirim yang sangat minim. Jika kamu menggunakan metode FCL, maka satu peti kemas isinya hanya produk dari perusahaan kamu saja. Alhasil, tidak mungkin salah kirim. Begitu pula dengan sistem LCL yang surat suratnya lengkap dan minim kesalahan data. 

Itulah beberapa informasi terkait dengan layanan pengiriman kontainer yang perlu kamu ketahui. Kedua metode, yaitu LCL dan FCL sama sama menguntungkan, karena dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. jika kamu merasa bingung untuk menentukan layanan, lebih baik berkonsultasilah kepada Orange Cargo. Tim mereka siap memberikan saran terbaik agar proses pengiriman lancar.

Tinggalkan Balasan
You May Also Like