Pesantren Modern dan Pesantren Tahfidz

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang fokus di Ilmu Agama Islam. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman yang semakin modern, pesantren-pesantren juga banyak yang mengikuti perkembangan zaman, atau yang biasa disebut Pesantren Modern. Ada juga Pesantren Tahfidz, yaitu pesantren yang fokus untuk menghafal Al-qur’an 30 juz.

Pada umumnya pesantren modern fokus pada Al-qur’an, namun ada juga yang tetap mengajarkan ilmu fiqih, ilmu nahwu, bahasa internasional sampai ilmu untuk bela diri. Bahkan ada juga yang mengajarkan ilmu mengenai duniawi seperti tentang komputer, marketing dan lainnya.

Adapun pesantren tahfidz secara pengrtian merupakan pesantren modern yang fokus menghafal Al-qur’an 30 juz dalam kurun waktu yang ditentukan pesantren. Dengan harapan tiap-tiap pesantren yang berbeda, namun tetap satu tujuan yaitu menciptakan generasi muslim yang taqwa.

11 Pesantren Modern dan Pesantren Tahfidz

Berikut ini beberapa daftar pesantren modern atau pesantren tahfidz yang bisa menjadi daftar rujukan untuk anda, anak anda, atau pun keluarga dan teman anda.

1. Pesantren Modern Gontor Darussalam

Pesantren Modern Gontor Darussalam
Sumber: pondok-modern-darussalam-gontor.blogspot.co.id/

Pesantren Modern Gontor Darussalam atau biasa disebut dengan pondok modern gontor beralamat di Ponorogo, Jawa Timur. Sejarah Pondok ini sangat panjang, dari nama pertama berdirinya yaitu Pondok Tegalsari sampai dengan sekarang bernama Pondok Modern Gontor. Pertama kali berdiri pada abad ke-18, Pendirinya yaitu Kyai Ageng Hasan Besari.

Pada tanggal 20 September 1926 bertepatan dengan kalender Islam 12 Rabiul Awal 1345, bertepatan juga dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, para penerus pengasuh pondok ini yaitu K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainudin Fananie, K.H. Imam Zarkasyi atau yang terkenal dengan Trimurti meresmikan nama Pondok Modern Darussalam Gontor.

Jenjang pendidikan yang ada di Pondok Modern Gontor meliputi Kulliyatul Mu’allimin dan Mu’allimat Al-Islamiyyah (KMI)  dan Universitas Darussalam. Cabang-cabang pondok ini sudah cukup banyak karena melihat peminatnya sangat banyak.

2. Pesantren Modern Babussalam

Pesantren Babussalam
Sumber: youtube.com

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Mojo, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur.  Berdiri pada tanggal 29 Juni 1986 bertepatan dengan Kalender Islam yaitu 21 Syawal 1406 H. Pendiri pesantren ini yaitu KH. Hadi Martoyo, Beliau merupakan alumni pondok pesantren modern gontor. Sehingga sistem dan kurikulumnya tidak jauh seperti yang ada di Pesantren Modern Gontor.

KMI merupakan jenjang pendidikan dari Pondok Modern Gontor yang diterapkan di Pondok Pesantren Babussalam, meliputi pendidikan Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyatul Athfal, Paud.

3. Pesantren Modern Assalaam

Pesantren Modern Assalam
Sumber: youtube.com

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam beralamat di Desa Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Berdiri pada tahun 7 Agustus 1982 bertepatan dengan kalender Islam tanggal 17 Syawal 1402 H. Pondok ini didirikan oleh Yayasan Majelis Pengajian Surakarta yang mana pendirinya adalah H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

Jenjang pendidikan Pesantren Modern ini meliputi Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Takhashushiyah (MTKS), SMA, dan SMK.

4. Pesantren Modern Al Barokah

Pesantren Al Barokah
Sumber: ywabs.sch.id

Pesantren Modern Al Barokah terletak di Jl. Gotong Royong Desa Silinduk, Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Pendirinya yaitu Yayasan Al Barokah Simalungun. Pada tanggal 24 September 2011. Pesantren yang masih sangat muda usianya.

H. Syamsir Siregar dan H. Amri Siregar, Beliau merupakan tokoh yang merintis dengan mewakafkan sebagian hartanya. Dengan cita-cita yang mulia yaitu mensejahterakan bangsa dan negara di bidang pendidikan. Dengan visi membentuk dan menciptakan generasi Islam yang Akhlaqul Kharimah, Cerdas serta mempunyai keterampilan dan dapat diandalkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

5. Pesantren Modern Sabilurrasyad

 Pesantren Modern Sabilur Rosyad
Sumber: sabilurrosyadsda.blogspot.co.id

Pesantren ini beralamat di Jl. KH. Abdul Wahab Km 2 Bojonggede, Kec. Ngampel, Kendal, Jawa Tengah. Berawal dari pembangunan masjid pada tahun 2002, Ketika sudah berdiri pada tahun 2003 masjid sudah mulai aktivitas. Karena perkembangan jumlah jama’ahnya terus meningkat terutama jama’ah yang berminat belajar membaca Al Qur’an.

Kemudian dibangunlah Taman Pendidikan Al Qur’an, dan diresmikan langsung oleh Bupati Kendal pada tanggal 16 Mei 2010. Tidak cukup di Taman Penidikan Al Qur’an saja, dua tahun setelahnya dibangun Madrasah dan Saung Tahfidz. Sampai sekarang tingkat pendidikannya sudah ada yang setara dengan SMA. Pesantren ini di Pimpin oleh H. Abdul Cholik Mustofa SH.

6. Pesantren Tahfidz Daarul Quran

Pesantren Darul Qur'an
Sumber: henings.wordpress.com

Pesantren ini beralamat pusat di kediaman Pimpinan Pesantrennya yaitu Ustadz Yusuf Mansur yaitu di Jl. Ketapang Poncol, Ketapang, Cipondoh, Tanggerang Kota, Banten. Sejarah Pesantren ini, berawal dari tahun 2003 Ustadz Yusuf Mansur berkhidmat menciptakan generasi-generasi penghafal Al Qur’an.

Yang kemudian berkembang sampai memiliki santri ribuan. Dengan visi membangun masyarakat madani berbasis Tahfidzul Qur’an untuk kemandirian ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan bertumpu pada sumber daya lokal yang berorientasi pada pemuliaan Al Qur’an.

7. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan

Pesantren Al amien prenduen
Sumber: al-amien.ac.id

Pesantren yang beralamat pusat di Jl Raya Prenduan, Pragaan, Kab. Sumenep, Jawa Timur. Pendirinya yaitu KH. Ahmad Chotib, berawal dari pengajian panggung membahas kitab-kitab ulama salaf sampai akhirnya meresmikan berdirinya pada tahun 1901.

Hingga sekarang sudah mengalami banyak perkembangan. Jenjang pendidikanya dari Madrasah Formal sampai tingkat setara dengan SMA.

8. Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an El-Suchary

Ma'had Aly El-Suchary
Sumber: el-suchary.com

Ma’had ini beralamat di Kab. Purbalingga, lebih tepatnya di Jl. Kopral Tanwir, Purbalingga lor. Didirikan oleh Yayasan Istiqomah Sambas. Merupakan jenjang pendidikan setara Diploma 3 yang berfokus pada Tahfidzul Qur’an.

Visinya mencetak generasi Qur’ani yang bermanhaj Ahlussunah Wal Jama’ah dengan berjiwa da’i, berkarakter Mujahid, berbudi santun, berakhlaq mulia, dan berwawasan luas.

9. Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an Isy Karima

isy-karima
Sumber: layananumat.wordpress.com

Ma’had ini beralamat di Gerdu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.  Berdiri sejak tahun 1994 dan diresmikannya Ma’had ‘Aly Tahfidzul Qur’an Isy Karima pada tahun 1998, Mahad ini adalah program Beasiswa pendidikan untuk tingkat Diploma 2 dengan waktu yang ditentukan yaitu selama 2 tahun. Didirikan oleh Yayasan sosial dan pendidikan lslam Isy Karima (YSPII).

Dengan visi mencetak Hafidz yang berjiwa Da’i dan Mujahid. Dan tujuan mulia untuk menciptakan generasi Hafidz yang memiliki kepekaan terhadap masalah umat dan perkemabangan zaman dan aktif untuk berdakwah.

10. Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an

Pesantren Tahfidz Yanbu'ul Qur'an
Sumber: arwaniyyah.com

Pesantren ini beralamat di Jl. KH. Muhammad Arwani, Kajeksan, Kota Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Di bawah naungan Yayasan Arwaniyah. Awal mula berdirinya pesantren ini yaitu dari pengajian yang diampu KH. M. Arwani Amin pada tahun 1942 di masjid Kenepan.

Di Masjid tersebut Beliau menerima santri yang mau belajar Al Qur’an dengan baik. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1945 – 1957 pengajian tersebut sempat terhenti dikarenakan kesibukan Beliau dalam melanjutkan menuntut ilmu.

Singkat cerita pada tahun 1973 Beliau mendirikan Pesantren Yanbu’ul Qur’an. Pesantren tersebut terus berkembang hingga sekarang dengan pengelolaan yang diteruskan oleh putra-putra Beliau.

11. AR Rahman Quranic College

AR RAHMAN QURANIC COLLEGE
Sumber: aqc.or.id

Lembaga pendidikan yang fokus pada menghafal Al Qur’an 30 Juz, serta mentadaburinya. Ditambah pengembangan dalam berbahasa arab dan ilmu-ilmu diniyah dengan metode pesantren modern.

Lembaga ini di resmikan pada tanggal 29 Desember 2008 di bawah pimpinan Ustadz Bachtiar Nasir Lc MM, dan bertempat di Cirimpak Megamendung Bogor, Jawa Barat.

Demikian informasi mengenai beberapa Pesantren-pesantren yang bisa menjadi rujukan, kurang lebihnya dari penulis pribadi, mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam menulis, semoga bermanfaat. Terima kasih.

2 pemikiran pada “Pesantren Modern dan Pesantren Tahfidz

Tinggalkan komentar