Rambu larangan7

Contoh Gambar Rambu Larangan pada Lalu Lintas dan K3

RAMBU LARANGAN – Secara arti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Rambu adalah suatu tanda atau petunjuk. Jadi rambu larangan adalah suatu tanda atau petunjuk yang dibuat dengan maksud melarang melakukan hal yang tertera di rambu tersebut. Rambu larangan banyak terdapat di rambu lalu lintas, rambu k3 di sebuah perusahaan, dan banyak tempat-tempat lainnya.

Tujuan dibuatkan petunjuk larangan di suatu tempat adalah untuk menunjang keselamatan dan kelancaran di tempat tersebut. Misal di pinggir jalan terdapat rambu larangan berupa tiang dengan plang bertanda huruf P disilang.

Rambu berupa huruf P disilang pinggir jalan tersebut menandakan dilarangnya sebuah kendaran parkir dipinggir jalan tersebut. Larangan tersebut pasti berdasarkan dengan alasan yang kuat. Pada umumnya larangan parkir bertujuan untuk memperlancar lalu lintas dan keselamatan kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh Gambar Rambu Larangan dan Artinya pada K3

Rambu-Larangan-K3
Sumber: ak3u.com

Ada banyak sekali rambu tentang larangan, baik pada lalu lintas maupun pada K3. Jika kita perhatikan setiap melewati jalan raya pasti banyak terdapat rambu-rambu khususnya tentang larangan. Seperti larangan mendahului, larangan parkir, dan lainnya.

Begitu juga rambu tentang larangan-larangan dalam tempat kerja atau pada K3. Bagi yang bekerja atau pernah bekerja di suatu perusahaan pasti sudah tahu tentang banyaknya rambu-rambu yang diterapkan di dalam perusahaan. Berikut ini beberapa contoh rambu larangan yang ada pada K3.

1. Larangan Membawa Senjata

Rambu larangan22. Larangan Berdiri di Tempat Tertentu

Rambu larangan3

3. Larangan Mengaktifkan Handphone

Rambu larangan4

4. Larangan Membawa Makanan 

Rambu larangan5

5. Larangan Merokok

Rambu larangan6

6. Larangan Menggunakan Lift Saat Darurat

Rambu larangan7

7. Larangan Mengambil Gambar

Rambu larangan kamera

Demikian adalah beberapa contoh gambar rambu atau tanda larangan pada K3 yang biasa tertera pada tempat-tempat seperti perusahaan besar yang menerapkan K3 dengan baik.

Contoh di atas merupakan sedikit dari banyaknya rambu atau tanda larangan yang ada pada K3. Pada intinya semua rambu yang terdapat tanda silang atau lingkaran dengan garis miring merupakan petunjuk larangan.

Selain itu ada juga rambu larangan pada lalu lintas. Rambu atau tanda larangan pada lalu lintas merupakan rambu yang dibuat untuk mendukung atau menunjang keselamatan pengendara kendaraan.

Contoh Gambar Rambu Larangan pada Rambu Lalu Lintas

Rambu larangan 1
Sumber: slideshare.com

Selain contoh rambu pada K3, ada juga rambu tentang larangan  yang ada pada lalu lintas. Rambu larangan pada lalu lintas sudah pasti banyak orang yang tahu. Karena hampir disetiap jalan terpasang berbagai rambu, termasuk rambu larangan.

Namun pemasangan rambu-rambu tidak sembarang memasang, melainkan ada dasar dan alasan yang kuat tentunya. Contohnya larangan mendahului, biasanya terpasang di jalan yang padat kendaraan setiap harinya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Berikut beberapa contoh rambu tentang larangan pada lalu lintas.

1. Larangan Mendahului 

Rambu larangan pada lalu lintas

2. Larangan Menyebrang

Rambu larangan pada lalu lintas1

3. Larangan Membunyikan Klakson

Rambu larangan pada lalu lintas

4. Larangan Parkir

Rambu larangan pada lalu lintas3

5. Larangan Mobil untuk Tidak Masuk di Tempat Tertentu

Rambu

6. Larangan Sepeda untuk tidak Masuk Tempat Tertentu

Rambu larangan pada lalu lintas

7. Larangan untuk Pejalan Kaki

Rambu

Contoh gambar di atas merupakan rambu larangan pada lalu lintas yang sering kita jumpai, baik di jalan umum maupun jalan tol. Pada intinya sama dengan rambu lainnya, yaitu petunjuk larangan pada lalu lintas merupakan rambu yang dibuat demi tercapainya keamanan dan keselamatan bersama. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa klik di sini.

Demikian informasi tentang rambu atau petunjuk larangan pada K3 dan lalu lintas darat. Semua rambu atau petunjuk merupakan langkah atau cara dari pihak yang mengatur tentang keselamatan dan keamanan untuk mendukung tercapainya keselamatan.

Namun, rambu tidak akan berfungsi atau bermanfaat apabila tingkat kesadaran seseorang akan keselamatan dalam bekerja ataupun dalam melakukan perjalanan tidak ada. Jadi hal yang paling mendukung keselamatan dan keamanan adalah kesadaran diri sendiri. Artikel ini ditulis dengan sesuai pengetahuan penulis pribadi dan sumber-sumber terpercaya seperti wikipedia.

Tinggalkan komentar