Rambu-rambu Lalu Lintas yang Perlu Diketahui dan Ditaati

Rambu lalu lintas
Sumber: mic.com

RAMBU LALU LINTAS – Perlu diketahui bahwa ada macam-macam rambu lalu lintas yang harus diperhatikan dan dipahami. Rambu lalu lintas ada banyak macamnya, seperti rambu peringatan, rambu larangan, rambu perintah, rambu petunjuk, papan tambahan, rambu nomor rute, dan ada juga marka jalan. Yang mana semua jenis rambu-rambu tidak berbentuk tulisan yang mudah dipahami, namun ada lampu lalu lintas, dan juga ada yang berbentuk simbol atau gambar rambu lalu lintas.

Sangat penting untuk mengerti dan memahami tentang rambu-rambu perlintasan. Untuk tercapainya sebuah keselamatan dalam berkendara, tidak cukup dengan berhati-hati saja. Ada peraturan lalu lintas yang harus ditaati, seperti rambu-rambu lalu lintas yang akan kita bahas ini.

Pengertian Rambu-rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas
Sumber: mic.com

Rambu lalu lintas adalah suatu fasilitas atau perlengkapan yang disediakan di jalan untuk menunjang tercapainya keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas bisa berupa lambang, kalimat, huruf, angka, dan kombinasi darinya. Dengan tujuan untuk memberikan petunjuk, peringatan, perintah, dan larangan pada pengguna jalan.

Ada pun macam-macam bentuk rambu-rambu seperti lampu lalu lintas yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Selain itu bisa berbentuk papan, palang atau plang, dan marka jalan. Rambu lalu lintas ini sangat membantu dan mempermudah untuk pengguna jalan.

Contoh manfaat rambu lalu lintas adalah rambu petunjuk arah daerah. Hampir setiap orang yang melakukan perjalanan jauh pasti merasakan manfaat dari petunjuk arah daerah tersebut. Apalagi buat yang sama sekali belum tahu arah jalan.

Gambar Rambu-rambu Lalu Lintas dan Artinya

RAMBU LALU LINTAS
Sumber: missclub.info

 

Ada beberapa macam gambar rambu lalu lintas yang perlu diingat dan dipahami. Bagi yang sering melakukan perjalanan dengan berkendara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan gambar-gambar rambu perlintasan berikut ini.

Rambu Larangan

Rambu lalu lintas larangan
Sumber: kursusmengemudisurabaya.com

 

Rambu larangan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi pernyataan tentang perbuatan atau hal yang dilarang dilakukan oleh pengguna jalan. Contohnya di dilarang parkir, dilarang putar balik, dilarang mendahului,dan larangan lainnya.

Rambu larangan dibikin dengan alasan tertentu di setiap keadaan jalan, tidak sembarang dalam membuat rambu larangan, karena pasti ada tujuan untuk tercapainya keselamatan pengguna jalan.

Rambu Peringatan

rambu-peringatan
Sumber: satlantasjembrana.wordpress.com

Berikutnya adalah rambu peringatan, rambu peringatan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi keadaan atau kondisi jalan yang berbahaya. Contohnya awas jalan licin, awas rawan kecelakan, awas tikungan tajam, awas perlintasan kereta api, dan lainnya.

Dengan tujuan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang terdapat rambu bahaya. Sebagian besar kecelakan terjadi karena lalai dan tidak memperhatikan rambu peringatan. Misalnya yang sering terjadi adalah kecelakan yang terjadi diperlintasan kereta api.

Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk lalu lintas
Sumber: safety.things.blogspot.com

Rambu penunjuk yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang situasi, pengaturan fasilitas, dan petunjuk arah jalan menuju suatu tempat atau daerah. Rambu ini merupakan rambu yang paling sering diperhatikan. Terutama bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh.

Tujuan rambu petunjuk adalah memberikan penunjuk supaya tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan yang berhubungan dengan jalan. Yang paling membantu dari rambu penunjuk adalah penunjuk arah jalan ke suatu daerah.

Rambu Perintah

Rambu Perintah lalu lintas
Sumber: trisetiono79.blogspot.com

Rambu perintah adalah rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang harus ditaati oleh pengguna jalan. Rambu ini sangat penting untuk diketahui, Karena jika melanggar bisa berpotensi terjadi kecelakaan.

Makanya dalam hal ini sangat ditekankan untuk mentaati rambu perintah. Selain itu, pengedara yang melanggar rambu perintah akan dikenai hukuman. Rambu perintah ada juga yang berupa lampu lalu lintas.

Demikian informasi tentang rambu lalu lintas yang perlu dipahami dengan benar. Supaya terciptanya kelancaran lalu lintas dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakan lalu lintas. Jangan lupa untuk mendukung keselamatan anda saat berkendara, pakailah perlengkapan safety seperti jaket motor. Jika belum punya jaket motor, bisa pesan jaket sesegera mungkin. Ingat!!! Sudah banyak kecelakaan kendaraan yang menyebabkan hilangnya nyawa, salah satu penyebabnya adalah safety riding yang tidak diperhatikan.

Tinggalkan Balasan
You May Also Like
Sungai
Read More

Sejarah Banyumas Kota Satria dan Hari Jadi Kabupaten Banyumas

Banyumas merupakan salah satu nama Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu daerah yang dikenal dengan bahasa ngapaknya ini ternyata mempunyai banyak cerita rakyat tentang sejarah Banyumas. Banyumas adalah daerah yang terkenal dengan Kota Purwokerto, dan Kabupaten Banyumas memiliki julukan yang sangat bagus dan bersejarah yaitu Kota Satria. Kenapa Banyumas di juluki sebagai Kota Satria? Dan ... Read more
Rumah yang Cantik di Jepang
Read More

Rumah Idaman Adalah Rumah yang Cantik

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah idaman untuk hidup bersama keluarganya. Rumah yang cantik dengan lokasi yang strategis, tidak jauh dari tempat kerja, tidak jauh dari pusat perbelanjaan, dan tidak jauh dari tempat beribadah. Biasanya, sebelum seseorang akan membangun rumah yang cantik atau rumah idamannya, langkah pertamanya adalah menentukan lokasinya terlebih dahulu. Lokasi yang bagus yaitu ... Read more
Perbedaan Nabi dan Rasul
Read More

Perbedaan Nabi dan Rasul beserta Sifat Wajib Bagi Rasul

SIFAT WAJIB BAGI RASUL – Apa perbedaan Nabi dengan Rasul? Sejak sekolah dasar sebagian umat muslim pasti sudah dikasih tahu tentang pengertian Nabi dan Rasul oleh guru-guru yang mengajarkan pelajaran Pendidikan Agama Islam. Nabi dan Rasul memiliki perbedaan, meskipun seorang Rasul adalah Nabi. Maksudnya adalah semua Rasul Allah SWT adalah Nabi. Namun, tidak semua Nabi Allah SWT ... Read more
Cara menghapus akun facebook sendiri
Read More

Cara Menghapus Akun Facebook dan Cara Menonaktifkan Facebook

CARA MENGHAPUS AKUN FACEBOOK – Layanan jejaring sosial yang satu ini memang layanan yang sangat populer, bagaimana tidak? Pada tahun 2012 Facebook sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 1 milyar. Salah satu faktor pendukung populernya facebook adalah cara daftarnya yang mudah dan tidak ribet. Hal ini membuat semua orang mudah memiliki akun facebook. Namun, terkadang seseorang ... Read more
gambar lapangan basket
Read More

Ukuran Lapangan Basket Lengkap sesuai Peraturan Bola Basket+Gambar

UKURAN LAPANGAN BASKET – Standar ukuran lapangan bola basket sudah ditetapkan oleh badan resmi tertinggi cabang olahraga bola basket yaitu FIBA. Standar ukuran lapangan sendiri bisa dikategorikan menjadi dua yaitu standar Nasional dan standar Internasional. Pada artikel ini kita akan membahas tentang gambar dan ukuran lapangan bola basket standar nasional dan Internasional menurut FIBA atau induk organisasi ... Read more
traffic
Read More

Tips mendapatkan Passive Traffic / Pengunjung Website Setiap Waktu

Mempunyai situs yang terus-menerus mendapat passive traffic merupakan dambaan semua orang. Saya berani jamin, kamu juga mengharapkan hal itu. Passive traffic yaitu pengunjung yang terus-terusan datang tak kenal waktu, termasuk saat kamu sedang kencan (dengan pasangan yang halal) atau piknik ke luar kota. Satu-satunya strategi supaya bisa mendapatkan passive traffic yang saya tahu hingga hari ini ... Read more