Rambu-rambu Lalu Lintas yang Perlu Diketahui dan Ditaati

Rambu lalu lintas
Sumber: mic.com

RAMBU LALU LINTAS – Perlu diketahui bahwa ada macam-macam rambu lalu lintas yang harus diperhatikan dan dipahami. Rambu lalu lintas ada banyak macamnya, seperti rambu peringatan, rambu larangan, rambu perintah, rambu petunjuk, papan tambahan, rambu nomor rute, dan ada juga marka jalan. Yang mana semua jenis rambu-rambu tidak berbentuk tulisan yang mudah dipahami, namun ada lampu lalu lintas, dan juga ada yang berbentuk simbol atau gambar rambu lalu lintas.

Sangat penting untuk mengerti dan memahami tentang rambu-rambu perlintasan. Untuk tercapainya sebuah keselamatan dalam berkendara, tidak cukup dengan berhati-hati saja. Ada peraturan lalu lintas yang harus ditaati, seperti rambu-rambu lalu lintas yang akan kita bahas ini.

Pengertian Rambu-rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas
Sumber: mic.com

Rambu lalu lintas adalah suatu fasilitas atau perlengkapan yang disediakan di jalan untuk menunjang tercapainya keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas bisa berupa lambang, kalimat, huruf, angka, dan kombinasi darinya. Dengan tujuan untuk memberikan petunjuk, peringatan, perintah, dan larangan pada pengguna jalan.

Ada pun macam-macam bentuk rambu-rambu seperti lampu lalu lintas yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Selain itu bisa berbentuk papan, palang atau plang, dan marka jalan. Rambu lalu lintas ini sangat membantu dan mempermudah untuk pengguna jalan.

Contoh manfaat rambu lalu lintas adalah rambu petunjuk arah daerah. Hampir setiap orang yang melakukan perjalanan jauh pasti merasakan manfaat dari petunjuk arah daerah tersebut. Apalagi buat yang sama sekali belum tahu arah jalan.

Gambar Rambu-rambu Lalu Lintas dan Artinya

RAMBU LALU LINTAS
Sumber: missclub.info

 

Ada beberapa macam gambar rambu lalu lintas yang perlu diingat dan dipahami. Bagi yang sering melakukan perjalanan dengan berkendara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan gambar-gambar rambu perlintasan berikut ini.

Rambu Larangan

Rambu lalu lintas larangan
Sumber: kursusmengemudisurabaya.com

 

Rambu larangan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi pernyataan tentang perbuatan atau hal yang dilarang dilakukan oleh pengguna jalan. Contohnya di dilarang parkir, dilarang putar balik, dilarang mendahului,dan larangan lainnya.

Rambu larangan dibikin dengan alasan tertentu di setiap keadaan jalan, tidak sembarang dalam membuat rambu larangan, karena pasti ada tujuan untuk tercapainya keselamatan pengguna jalan.

Rambu Peringatan

rambu-peringatan
Sumber: satlantasjembrana.wordpress.com

Berikutnya adalah rambu peringatan, rambu peringatan yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi keadaan atau kondisi jalan yang berbahaya. Contohnya awas jalan licin, awas rawan kecelakan, awas tikungan tajam, awas perlintasan kereta api, dan lainnya.

Dengan tujuan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang terdapat rambu bahaya. Sebagian besar kecelakan terjadi karena lalai dan tidak memperhatikan rambu peringatan. Misalnya yang sering terjadi adalah kecelakan yang terjadi diperlintasan kereta api.

Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk lalu lintas
Sumber: safety.things.blogspot.com

Rambu penunjuk yaitu rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang situasi, pengaturan fasilitas, dan petunjuk arah jalan menuju suatu tempat atau daerah. Rambu ini merupakan rambu yang paling sering diperhatikan. Terutama bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh.

Tujuan rambu petunjuk adalah memberikan penunjuk supaya tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan yang berhubungan dengan jalan. Yang paling membantu dari rambu penunjuk adalah penunjuk arah jalan ke suatu daerah.

Rambu Perintah

Rambu Perintah lalu lintas
Sumber: trisetiono79.blogspot.com

Rambu perintah adalah rambu yang dibuat untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang harus ditaati oleh pengguna jalan. Rambu ini sangat penting untuk diketahui, Karena jika melanggar bisa berpotensi terjadi kecelakaan.

Makanya dalam hal ini sangat ditekankan untuk mentaati rambu perintah. Selain itu, pengedara yang melanggar rambu perintah akan dikenai hukuman. Rambu perintah ada juga yang berupa lampu lalu lintas.

Demikian informasi tentang rambu lalu lintas yang perlu dipahami dengan benar. Supaya terciptanya kelancaran lalu lintas dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakan lalu lintas. Jangan lupa untuk mendukung keselamatan anda saat berkendara, pakailah perlengkapan safety seperti jaket motor. Jika belum punya jaket motor, bisa pesan jaket sesegera mungkin. Ingat!!! Sudah banyak kecelakaan kendaraan yang menyebabkan hilangnya nyawa, salah satu penyebabnya adalah safety riding yang tidak diperhatikan.

Tinggalkan Balasan
You May Also Like
cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak
Read More

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak dan Cek Saldo secara Online

CEK BPJS KETENAGAKERJAAN AKTIF ATAU TIDAK –  Seiring berjalannya perkembangan zaman, kini cara cek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak bisa melalui online. Artinya, anda bisa dengan mudah mengeceknya dimanapun anda berada. Cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dan cek saldo secara online bisa menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, dan bisa juga melalui SMS. Begitu ... Read more
Tipe ayam serama
Read More

Kenali Jenis Ayam Serama Asli beserta Cara Merawatnya

AYAM SERAMA – Ayam merupakan hewan yang termasuk ke dalam jenis unggas. Jenis-jenis ayam sendiri cukup banyak dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang bisa untuk membedakan masing-masing jenis ayam. Ada ayam kampung, ayam broiler, ayam kate, ayam bangkok, ayam kalkun, ayam hutan, dan ayam lainnya yang ada di dunia ini. Pada artikel ini kita akan membahas ... Read more
Rumah yang Cantik di Jepang
Read More

Rumah Idaman Adalah Rumah yang Cantik

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah idaman untuk hidup bersama keluarganya. Rumah yang cantik dengan lokasi yang strategis, tidak jauh dari tempat kerja, tidak jauh dari pusat perbelanjaan, dan tidak jauh dari tempat beribadah. Biasanya, sebelum seseorang akan membangun rumah yang cantik atau rumah idamannya, langkah pertamanya adalah menentukan lokasinya terlebih dahulu. Lokasi yang bagus yaitu ... Read more
Tes interview
Read More

Cara ini Ternyata Sangat Membantu Tes Wawancara !!!

Tes wawancara atau yang biasa disebut juga dengan interview merupakan tes yang paling bikin deg-degan. Apalagi bagi yang baru pertama kali mengikuti tes wawancara, pasti bisa gugup dalam menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh bagian personalia atau HRD. Banyak yang bilang bahwa lulus atau engganya tes kerja merupakan hal keberuntungan. Ya… Itu sangat bisa terjadi, tapi ... Read more
Interaksi Sosial
Read More

Pengertian Interaksi Sosial dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial – Semua makhluk hidup di dunia ini tidak mungkin bisa bertahan hidup sendiri, dengan kata lain makhluk hidup membutuhkan kebersamaan atau bersosial. Termasuk juga manusia, manusia merupakan makhluk sosial yang selalu senantiasa melakukan hubungan timbal balik dengan sesama manusia lainnya demi tercapainya kelangsungan hidupnya. Karena manusia tidak bisa hidup sendiri maka manusia harus ... Read more
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup
Read More

Contoh Daftar Riwayat Hidup / CV Lamaran Kerja yang Baik + DOC

DAFTAR RIWAYAT HIDUP – Curriculum Vitae atau yang disingkat dengan CV merupakan nama lain dari daftar riwayat hidup atau juga resume. Format daftar riwayat hidup adalah gambaran diri seseorang yang sesungguhnya. Mulai dari nama lengkap, usia, tanggal lahir, sampai riwayat pendidikan, dan lainnya. Memiliki CV atau daftar riwayat hidup yang baik dan menarik akan meningkatkan peluang ... Read more