Sepenggal Perjalanan Hidupku

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam kenal dari saya, nama saya siswo sunarko biasa di panggil sisw0,dari namanya mungkin udah tahu semua ya kalo yang belakangnya 0 pasti dominan orang jawa hehe alamat tepatnya banyumas jawa tengah,usia sekarang 23 dan belum menikah,ini adalah artikel pertama saya karena sebelumnya saya belum pernah menulis artikel dan karena ini pertama kalinya saya menulis artikel jadi saya mau menulis tentang sebagian dari pengalaman hidup saya dari masa kecil sampai saya masuk di pesantren sintesa.

Generasi Tahun 90 an

google.co.id

Masa masa paling menyenangkan buat saya itu di masa kecil karena di masa itu blum mengenal susahnya mencari uang hehe, saya generasi tahun 90 ya dmana itu adalah generasi terakhir anak anak yang belum tersentuh technologi karena saya liat masuk generasi sekarang itu anak masih 5 tahun bermainnya sudah dengan handphone,playstation dan lain lain berbeda dengan generasi tahun 90 an mainnya ya ke kebun,sungai,sawah intinya ngebolang hehe. tapi buat saya itu menjadi masa masa yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan.

Pendidikan

satujam.com

Seperti pada umumnya saya juga berpendidikan dalam arti saya dari kecil disekolahkan dari sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah kejuruan (SMK) alhamdulillah ga pernah tinggal di kelas,namun sempet terhenti setelah lulus SMP selama satu tahun ya dikarenakan faktor X dan dalam satu tahun itu saya gunakan untuk bekerja di rumah makan selama kurang lebih setengah tahun,lumayan lah buat nambah pengalaman.

Waktu terus berjalan hingga waktu pendaftaran sekolah di buka lagi alhamdulillah orang tua menyuruh untuk melanjutkan sekolah lagi di sekolah kejuruan ke atas (SMK) dan kejuruan yang saya ambil yaitu teknik pemesinan. susah senang saya jalani selama tiga tahun hingga lulus dari SMK,tetapi hal yang membuat saya senang saya termasuk orang yang cukup beruntung karena sebelum kelulusan saya sudah lolos tes seleksi kerja di sebuah perusahaan setidaknya saya tidak sia sia sekolah sampai tingkat SMK.

READ  Manfaat Olahraga Sepeda

Penantian

pixabay.com

Penantian merupakan hal yang membosankan bukan??
Ya itu lah yang saya alami ketika sudah lulus sekolah menengah kejuruan(SMK). menjadi pengangguran itu sangat tidak enak, mau dirumah terus orang tua ngomel, keluar rumah tetangga banyak pertanyaan yang ga enak penginnya tuh lari dari kenyataan.

Sebenarnya saya sebelum pengumuman kelulusan sekolah sudah lulus mengikuti tes seleksi calon karyawan di suatu perusahaan di jakarta lebih tepatnya sebelum ujian saya sudah mengikuti berbagai tes seleksi yang cukup banyak dari psikotes,interview,tes fisik,medical dan sampai training pun sebelum pengumuman kelulusan sekolah sudah dijalani dan alhamdulillah lulus semua.

Mungkin boleh di bilang saya tidak terlalu mengecewakan orang tua yang sudah banting tulang untuk membiayai sekolah saya karena waktu itu saya termasuk dalam tiga anak yang berhasil lolos seleksi karyawan di perusahaan besar dari beberapa ratus anak anak yang satu sekolahan sama saya. waktu itu sangat senang saya berpikir setelah keluar sekolah saya langsung kerja.

Singkat kata pengumuman kelulusan sekolah pun sudah keluar dan hasilnya cukup memuaskan dan tinggal menunggu panggilan kerja yang saya kira lama lamanya menunggu ya satu bulan, tetapi waktu demi waktu hari demi hari minggu demi minggu bulan demi bulan tak ada kabar hingga saya bolak balik ke tempat tes seleksi itu untuk menanyakan panggilan kerja dan keberangkatannya dan pada akhirnya saya harus mencari pekerjaan lain terlebih dahulu.

Dalam penantian saya sempet menjadi pengangguran kurang lebih dua bulan dan selama kurang lebih empat bulan saya ikut temen di bengkel motor, meskipun basic saya di pemesinan karena saya di smk mengambil kejuruan pemesinan,tapi ya engga papa lumayan smbil belajar trus dapet duit juga hehe. alhamdulillah saya senang sekali ketika udah hampir satu tahun kabar yang ditunggu tunggu datang juga. ya waktu itu dapat sms untuk keberangkatan kerja dan hanya menunggu beberapa hari langsung berangkat ke jakarta menuju lokasi. alhamdulillah

READ  Bentuk-bentuk Akomodasi dalam Interaksi Sosial

Sahabat Inspirasi

pixabay.com

Menemukan teman yang bisa membuat diri kita menjadi lebih baik tidaklah mudah bukan??
rezeki itu tidak hanya uang, teman yang soleh pun merupakan rezeki dari Allah swt yang wajib kita syukuri. di perantauanlah saya di pertemukan dengan teman teman yang blum pernah saya temui,bermacam macam kepribadian yang berbeda beda tetapi yang paling berharga buat saya adalah mereka teman teman yang sudah bisa menjadi insipirasi hidup buat saya menjadi lebih baik.

Mereka teman teman yang selalu mengajak saya dalam kebaikan seperti mengajak sholat tepat waktu,mengajak hadir di majelis ilmu dan masih banyak kebaikan kebaikan mereka yang membuatku sadar dan terinspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. sebelumnya saya hanya seorang yang suka males malesan dalam banyak hal tak terkecuali hal agama seperti sholat suka menunda nunda,baca al quran jarang sekali dan masih banyak kejelekan kejelekan yang lainnya.

Bertemanlah dengan oang orang yang baik dan pilihlah teman teman yang lebih baik darimu,maka kamu akan melakukan hal yang sama. mungkin itu kata kata bijak yang pas buat saya. itu lah arti sahabat inspirasi buat saya.

Ketenangan Jiwa Kunci Kebahagian

google.co.id

Memiliki apa saja yang di inginkan pasti menyenangkan tapi belum tentu membuat bahagia.
dulu saya sempet berfikir seperti itu tetapi kenyataannya tidak demikian, setelah saya bisa mencari uang sendiri dan bisa membeli apa apa yang saya inginkan tanpa harus meminta sama orang tua memang membuat saya senang tapi jika terus menerus mengikuti keinginan tidak ada habisnya dan membuat hati saya tidak tenang, saya pernah mengikuti kajian dan ada kata kata yang masih melekat di fikiran saya yaitu ‘keinginan itu bisa lahir dari nafsu dan menuhankan nafsu itu sangatlah buruk’ kurang lebihnya intinya seperti itu,menuhankan nafsu dalam arti mengikuti atau menuruti hawa nafsu.

READ  Rambu-rambu Lalu Lintas yang Perlu Diketahui dan Ditaati

Semenjak saat itu saya selalu coba praktekan untuk lebih menahan keinginan,alhamdulillah memang yang saya rasakan hati lebih tenang, yang tidak kalah penting jadi lebih irit hehe dan semenjak itu juga saya jadi lebih mendekat dengan agama dengan cara sering hadir di kajian kajian,lebih rajin membaca al quran,rajin ke majelis ta’lim dan memperbanyak teman teman soleh, efeknya saya sangat mearasakan hidup saya seperti jauh lebih berarti.

Sintesa

sintesa.net

Sebenarnya semenjak kecil saya punya niatan untuk masuk pesantren bahasa kerenya mondok,mungkin karena faktor materi dan faktor x yang membuat orang tua saya tidak mengizinkan. Allhamdulillah niatan itu masih ada sampai saya tau informasi tentang pesantren sintesa,setelah buka web nya sintesa.net dan baca baca tentang pesantren sintesa kayanya cocok dengan keadaan saya saat ini yang sudah menginjak umur kepala dua. sebenarnya saya sudah dapat banyak informasi pesantren pesantren yang lainnya, ya tapi kebanyakan pesantren pada umumnya memang fokus ke ilmu agama sedangkan seusia saya sudah di seharusnya lebih untuk mencari pekerjaan agar bisa berpenghasilan sendiri.

Buat saya cukup melelahkan juga perjalanan masuk ke sintesa dari memantapkan hati,pendaftran,dan mendapatkan izin orang tua tapi alhamdulillah qodarullah saya bisa mengikuti kegiatan di pesantren sintesa dan harapan saya saat ini semoga saya bisa mengikuti kegiatan di sintesa dengan baik dan di permudah semuanya.

Mungkin itu sebagian perjalanan hidup saya yang tidak bisa saya tuliskan semuanya bila menemukan hal yang tidak baik atau tidak enak di baca mohon di dimaafkan akan lebih baik di komentari dan di kasih masukan. terima kasih wassalamu’alaikum.wr.wb

Tinggalkan komentar