Tips Lolos Seleksi Kerja

Di sini aku akan berbagi tips lolos  seleksi kerja. Perlu di sadari bahwa dari tahun ke tahun itu mencari pekerjaan semakin sulit. selain karena semakin bertambahnya pencari kerja, seleksi yang diadakan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja pun semakin sulit.

Belum kriteria-kriteria dan persyaratan-persyaratan yang di minta seperti nilai rata-rata ujian nasional, IPK, usia dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu kalau kita hanya bermodalkan nekad tanpa harus memperhatikan hal-hal yang penting supaya lolos dalam tahapan-tahapan seleksi. Itu sangat di sayangkan karena kemungkinan besarnya akan gagal . Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan

Tips Lolos Seleksi Kerja dengan Mencari Tempat yang Tepat

Carilah tempat pelaksanaan seleksi yang terpercaya seperti di lembaga penyalur kerja(LPK), Bursa kerja khusus(BKK), dan tempat tempat yang sudah resmi  lainnya. Kenapa kita hrus perhatikan hal ini?  Di tempat -tempat tersebut lebih jelas jadwal-jadwal pelaksaannya. Dan juga menghindari dari ke tidak siapan diri dan modus-modus penipuan.

Waktu Waktu Perusahaan Membuka Lowongan

google

Berdasarkan pengalaman para pencari kerja, perusahaan akan membuka lowongan atau pengrekrutan  besar besaran di waktu menjelang sekolah tingkat menengah ke atas atau tingkat menengah kejuruan (SMK sederajat) melaksanakan ujiaan nasional. Karena di waktu itu juga di perusahaan perusahaan banyak karyawan-karyawannya  yang habis masa kontrak kerja.

Sebenarnya, banyak waktu lain. Tetapi, tidak bisa jadi patokan seperti ketika ada waktu karyawan pensiun, karyawan ada yang di PHK, atau perusahaan yang baru buka. Tetapi sekarang banyak lembaga lembaga penyalur kerja yang menggunakan sistem operasi dengan mengikat para pencari kerja dengan cara di bikin member. Jadi setiap ada lowongan kerja lembaga tersebut akan mengasih informasi lewat media seperti sms, facebook, dan media lainnya.

READ  Bunga Hiasan Rumah yang Indah+Gambar

Optimis

pixabay.com

Banyak para pencari kerja ketika sekali dua kali gagal dalam seleksi mereka menyerah dan tidak mau berusaha lagi, itu adalah pemikiran pesimis.

Banyak mereka yang lolos dengan mengalami banyak kegagalan. Kuncinya harus belajar dari kegagalan dan gunakan cara yang berbeda ketika mengikuti tes lagi. Tanamkan rasa percaya diri bahwa sekecil apa pun yang namanya usaha pasti akan ada hasil.

Tips Agar Lolos Semua Tahapan Seleksi

Tahapan tahapan seleksi pada umumnya meliputi ;

  • Adiminstrasi

    pixabay.com

Di tahap ini biasanya kita di cek persyaratan persyaratan dan kritetrianya, kuncinya yang penting kita memenuhi semuanya. Berkas berkas seperti surat lamaran kerja, foto copy ijazah, KTP, SKCK, pas foto, dan yang diminta dari perusahaan. Seperti kriteria  usia, tinggi badan, berat badan dan yang lainnya sesuai yang di butuhkan perusahaan.

  • Psikotest

Tes ini untuk mengukur aspek individu secara psikis,secara umum  untuk mengetahui kepribadian individu cocok atau tidak dengan pekerjaan yang di lamar bukan hanya mengetes tingkat kecerdasan individu. Makanya sering juga di jumpai mereka yang secara kecerdasan atau mempunyai nilai bagus di mata mata pelajaran tidak lolos tapi yang tingkat kecerdasaannya biasa saja banyak yang lolos. Ditahap ini ada beberapa macam tes seperti

      1. Tes Kraepelin

google

Cara mengerjakannya yaitu menjumlahkan dua angka secara vertical atau ke atas dan hasilnya di tulis di sebelah kanan diantara dua angka yang di jumlah tersebut. Apa bila hasilnyaa belasan cukup di tulis angka belakangnya misal 17 cukup di tulis angka 7 nya saja.

Biasanya dengan hitungan waktu beberapa detik  akan diberi aba aba ‘pindah’ dari hrd nya. Jika sudah ada aba aba pindah kita harus pindah ke sebelah kanannya dan cara pengerjaannya tetap sama karena biasanya dimulai dari pojok kiri bawah. Yang terpenting dalam tes ini konsentrasi yang terjaga karena dalam penjumlahanya harus bener dan hasil grafiknya di usahakan stabil.

      2. Tes Warteg

Tes ini cara mengerjakannya dengan meneruskan garis garis,titik,coretan yang ada supaya terbentuk benda yang jelas. yang terpenting adalah cara mengerjakanya acak dan jangan berurutan sesuai kolom yang ada,

google

tujuannya untuk mengetahui ke kreatifan kita, sarannya gambarkan  benda hidup untuk kolom yang berisi garis lengkung dan benda mati untuk kol0m yang berisi garis lurus.

      3. Tes Menggambar Orang / Draw a Man Test

google

Tes ini cara mengerjakan nya dengan menggambar orang dengan utuh dan sedang melakukan aktivitas seperti pak tani sedang mencangkul, pemain sepak bola sedang lari dan lain sebagainya. Usahakan letak gambarnya center atau pas di tengah tengah kertas dan semua organnya keliatan seperti kedua tangan, kedua kaki, kepala, telinga, dan mata.

      4. Tes Menggambar Pohon / Baum Tree Test

google

Dalam tes ini biasanya di suruh menggambar pohon selain pohon yang berbatang dan bercabang. Bisa pohon jati pohon mangga dan yang tidak boleh biasanya ada instruksinya. Yang terpenting tata letak gambar nya center atau ditengah tengah kertas dan lengkap ada akar,batang,cabang dan daunnya.

      5. Tes Logika Penalaran

google

Pada tes ini cara mengerjakannya mempridiksi pola yang sama,berurutan,bertolak belakang, dan sejajar. Yang terpenting konsentrasi yang terjaga karena pola polanya hampir sama tapi berbeda dan kerjakan yang lebih mudah terlebih dahulu meskipun itu melompati beberapa nomor.

      6. Tes EPPS / Edwards Personal Preference Schedule

Tes ini biasanya di suruh memilih dua pernyataan terkadang pernyataan itu merupakan sifat sifat kpribadian kita yang sama sama ada pada diri kita atau hal yang ke dua pernyataan itu tidak di sukai tetapi harus memilih. Yang terpenting coba memilih di antara dua pernyataan tersebut yang mendekati atau dibutuhkan di posisi kerja yang kita tuju. contoh

A. Saya suka berbicara di kelompok

B. Saya suka mendengarkan di kelompok

 

  • Interview

    google

Tes ini adalah tes wawancara biasanya di lakukan ruang tertutup. Sebelumnya kita disuruh bergantian dan menunggu, yang terpenting adalah ketenangan dalam menjawab pertanyaan pertanyaan dari yang mewawancarai  dan juga sikap, kerapian sangat di perhatikan.

Seperti kerapian berpakaian, berpenampilan,saat pertama masuk ucapkanlah salam dan jabatlah tangannya,berikan senyum, jangan duduk sebelum di persilahkan duduk, usahakan saat menjawab pertanyaan, jawab dengan tegas tidak panjang lebar, duduk tegap dan tidak menundukan padangan.

  • Medical

    pixabay.com

Pada tes ini, kita tidak mengandalkan fikiran. Tetapi cukup mempersiapkan diri untuk melakukan medikal atau tes kesehatan. Dengan cara menjaga kebugaran tubuh jauh-jauh hari. Minimal sehari  sebelum melaksanakan tes ini usahakan istirahat yang cukup dan tidak begadang. Biasanya yang di cek kesehatannya pada bagian gigi, mata, paru paru, darah dan urin.

Demikian sedikit tips yang di ambil dari pengalaman pengalaman para pencari kerja yang berhasil melewati tes seleksi, tetap ingat usaha manusia itu hanya bisa maksimal  99% saja keberhasilannya artinya masih bisa gagal dan yang 1% ada di tangan tuhan maka jangan lupa usaha harus di sertai do’a  agar bisa menjadi berhasil 100%.

 

Tinggalkan komentar