Makanan Khas Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng merupakan makanan khas  terkenal dari sokaraja,banyumas. terbuatnya getuk goreng ini bukan merupakan suatu penemuan yang sengaja, awal mulanya pada tahun 1918 seoarang penjual nasi rames yang bernama bapak sanpringad dari sokaraja ,selain menjual nasi rames beliau juga menjual getuk basah, pada waktu itu belum punya pikiran untuk membuat getuk goreng.

Ide tersebut keluar setelah beliau mengalami  ke tidak lakuan akhirnya bapak sanpringad mempunyai inisiatif supaya getuk itu tidak basi dan bisa di sukai konsumen  yaitu dngan cara di goreng dan ternyata inisiatif tersebut memang benar, getuk goreng sampai sekarang di sukai banyak orang. Getuk adalah makanan cemilan dengan bahan dasar singkong cara pembuatannya cukup simpel tapi melelahkan dengan merebus singkong yang sudah di kupas dan di cuci bersih sampai singkong tersebut matang  setelah itu di tumbuk dan di tamabahi bumbu bumbu yang membuat rasa getuk itu menjadi mantapz.

Berjayanya Getuk goreng Asli Sokaraja

mblusuk.com

Setelah  bapak Sanpringad si pembuat getuk goreng mewariskan usahanya ke menantunya yang bernama Tohirin, makanan khas ini mengalami kejayaan sampai terkenal di berbagai daerah, beliau juga yang berperan dalam kemajuan warung nasi yang sebelumnya buat sambil jualan getuk goreng di rubah menjadi toko yang besar dan di beri nama ‘Getuk Goreng Haji Tohirin’, bahkan sampai sekarang sudah ada sembilan toko yang di dirikan oleh anak cucunya bapak tohirin,delapan toko di sokaraja dan satu toko di daerah buntu,banyumas.

Salah satu kunci tetap terjaganya cita rasa getuk goreng sokaraja H Tohirin ini, dari segi bahan utama yaitu singkong yang di ambil dari tempat penanaman yang sama supaya tidak terjadi perbedaan rasa, begitu juga gula merah yang selalu mengambil dari gula merah pilihan untuk menghindari gula merah yang sudah di campur bahan pengawet, sehingga makanan khas ini dari tahun ke tahun tetap di sukai konsumen, ini merupakan hal yang penting dan sangat bagus buat bahan inspirasi para pejuang yang sedang merintis usaha.

READ  Aneka Jajanan Pasar Tradisional yang Memiliki Harga MUrah Meriah

Macam macam Rasa Getuk Goreng

getukgorengtelaasli.blogspot.com

Macam macam rasa getuk goreng, sekarang getuk goreng sudah mengalami banyak perubahan tapi tetep tidak meninggal kan rasa aslinya yaitu rasa original dari gula jawa / gula merah. beberapa macam rasa di antaranya rasa coklat,rasa nanas,rasa durian dan lainnya yang membuat penggemar getuk goreng menjadi semakin menikmati dan tidak bosan dengan makanan khas ini.

Keunggulan Getuk Goreng

resephariini.com

Selain rasanya yang mantap, dari segi kesehetan makanan khas ini jangan di ragukan karena bahan dan proses pembutannya alami, sederhana tanpa tercampur bahan pengawet, untuk pengemasannya  menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu sehingga membuat makanan khas ini semakin terlihat tradisional banget. meskipun tak tersentuh bahan pengawet makanan khas ini tetap bisa di konsumsi  dan bertahan sampai lebih dari tiga hari.

Di Mana Bisa Membeli Getuk Goreng

panoramio.com

Sekarang sudah banyak tempat yang menjual makanan khas ini bahkan hampir di setiap daerah, terutama di daerah sekitar banyumas seperti cilacap,purblingga,kebumen di setiap terminal terminal daerah tersebut pasti banyak yang berjualan getuk goreng.

Tapi jika ingin merasakan rasa asli yang di buat oleh keluarga penemu makanan khas ini yang sekarang terkenal dengan getuk goreng Haji Toihirin, bisa berkunjung ke kota sokaraja kabupaten banyumas alamat tepatnya di Jl. Jend. Soedirman No. 41-141, Sokaraja, Sokaraja Kulon, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53181, Indonesia.

Harga Getuk Goreng

lahiya.com

Untuk masalah harga jangan di tawar lagi karena makanan khas ini tidak lah mahal, untuk daerah di sekitar sokaraja,banyumas biasanya tiap satu kilo nya dihargai dari Rp 20.000 sampai Rp 30.000, jadi cocok banget sebagai oleh oleh buat keluarga yang dari luar daerah.

READ  Perbedaan Nabi dan Rasul beserta Sifat Wajib Bagi Rasul

kabupaten Banyumas adalah daerah yang kaya akan makanan khas tidak hanya getuk goreng saja, makanan makanan khas lainnya sperti mendoan, soto sokaraja, kripik, nopia dan masih banyak lainnya. untuk objek wisata di banyumas juga cukup banyak seperti yang sangat tidak asing yaitu objek wisata baturaden, jadi jangan ragu untuk berkunjung ke kabupaten banyumas bisa berwisata dan mencicipi makanan makanan khas yang rasanya sangat mantapz.

 

 

 

Tinggalkan komentar