Jenis-jenis Ayam Kate yang Bagus dan Paling Banyak Dicari

AYAM KATE – Jenis ayam memang boleh dibilang cukup banyak. Terutama ayam hias, seperti ayam serama, ayam cemani, ayam hutan, dan jenis ayam lainnya, termasuk ayam kate yang akan kita bahas. Pada artikel ini kita akan membahas ┬áseputar jenis-jenis ayam kate yang bagus dan ayam kate paling banyak dicari.

Ada yang menarik dari ayam kate, yaitu bentuk tubuhnya yang kecil dan ceper. Dibilang ceper karena kakinya pendek sehingga ayam ini terlihat sangat unik. Karena hal ini juga ayam kate tergolong ke dalam jenis ayam hias.

Banyak orang yang memleihara ayam ini sebagai bintang peliharaan, namun ada juga yang memliharanya untuk dibudidayakan. Karena tidak sedikit orang yang mencari jenis ayam ini. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh lagi.

Jenis Ayam Kate

Ayam Kate
Sumber: satwapedia.com

Seperti dengan ayam jenis lainnya, ayam jenis kate juga memiliki beberapa jenis atau tipe, tujuannya untuk mempermudah dalam membedakan jenis ayam kate. Ada dua jenis ayam kate di Indonesia, yaitu jenis kate lokal dan kate pendatang.

1. Ayam Kate Lokal

Kate lokal adalah kate yang asli berasal dari Indonesia. Ada beberapa warna ayam jenis ini, namun yang sering dijumpai adalah ayam kate hitam dan ayam kate putih.

Bentuk ayam jenis kate lokal tidak banyak berbeda, hanya saja ada beberapa warnanya, seperti warna hitam dan warna putih. Biasanya memiliki warna yang mulus dan tidak banyak corak, bahkan tidak bercorak.

Ayam jantannya memiliki ekor yang panjang mencuat ke atas, hampir menyentuh kepala. Sedangkan yang betina hampir sama, yang paling membedakan adalah pada jenggernya.

2. Ayam Kate Pendatang

Seiring berjalannya waktu ayam jenis kate semakin banyak penggemarnya. Hal ini tidak disia-siakan oleh para pedagang, yang berujung para pedagang mendatangkan ayam kate dari luar negeri atau yang disebut dengan jenis ayam kate pendatang.

READ  Cara ini Ternyata Sangat Membantu Tes Wawancara !!!

Ayam pendatang sendiri yang masuk di Indonesia sudah banyak jenisnya. Tidak hanya dari satu negara saja. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa ayam kate jenis pendatang.

  • Ayam Kapas

Kate kapas datang dari Negara Cina, ayam pendatang ini boleh dibilang jenis pendatang yang paling cepat beradaptasi dengan kondisi Indonesia. Ciri-ciri ayam pendatang ini memiliki bulu yang lembut dengan warna putih dan posturnya tinggi besar.

Selain itu, ciri-ciri paling menonjol adalah kulit tubuhnya berwarna hitam kebiruan, sedikit mirip dengan ayam cemani. Ciri-ciri yang paling menonjol lainnya adalah jari kakinya berjumlah lima.

  • Ayam Itali

Jenis ayam pendatang ini memiliki ciri-ciri warna bulu yang lirik-lirik seperti motif batik. Karena hal ini, jenis kate pendatang ini sering disebut juga dengan ayam kate batik. Sesuai dengan namanya, ayam kate itali berasal dari Negara Itali.

Jenis ayam ini merupakan jenis kate yang paling mungil. Hanya memiliki dua warna khas, yaitu putih dengan coklat muda dengan ujung bulu yang berwarna hitam.

  • Ayam Kanada

Jenis ayam ini mirip dengan jenis ayam pendatang Itali. Yang membedakan yaitu pada bulunya yang lebih kusam dengan lirik hitam di ujung bulunya. Sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari Kanada.

Ciri-ciri yang menonjol adalah jenis kate pendatang ini tidak memiliki bulu pada ekornya. Yang membuatnya kelihatan lucu saat berjalan, karena berlenggak-lenggok.

  • Kate Cho Chin

Jenis kate ini juga merupakan pendatang dari Negri Tirai Bambu. Namun ada ciri khasnya, yaitu pada warnanya yang berwariasi mirip ayam bekisar. Selain itu, ayam ini memiliki kaki yang ramping dan tidak terlalu rendah.

Pada ayam jantannya, memiliki jengger yang besar dengan bentuk menyerupai bunga mawar yang berwarna merah tua atau merah darah. Posturnya hampir mirip dengan ayam jenis kate pendatang yang dari Cina lainnya.

  • Kate Holland

Jenis kate ini sangat aktif karena memiliki kelincahan yang di atas rata-rata. Sesuai dengan namanya, ayam jenis pendatang ini berasal dari Negara Belanda. Ciri khasnya yaitu pada bulu kepala bagian belakang jengger yang berbentuk jambul.

READ  Manfaat Air Kelapa Tua dan Penjelasan Kelapa Tua

Ayam jenis kate ini memiliki banyak warna, diantaranya ada warna putih, hitam, coklat, dan batik. Ayam jantannya memiliki suara yang lantang dan suka berkokok. Bulu bagian ekor lurus memanjang.

  • Kate Mahkota

Jenis kate ini memiliki postur tubuh yang besar dan tegap. Sesuai namanya, pada bulu kepala ayam jenis ini mengembang dan membentuk seperti mahkota. Pada ayam jantan mahkotanya panjang dan pipih mirip dengan bulu ekornya.

Dan pada ayam betinanya mempunyai bulu mahkota yang panjang mirip rambut kribo hampir menutupi matanya. Ayam ini sangat tenang dan sedikit bergerak. Warnanya hanya ada dua yaitu putih dan hitam polos, dan kakinya berwarna abu-abu gelap.

  • Kate Sutera

Jenis kate ini berasal dari Negara Inggris, ciri khasnya pada kelembutan bulunya yang mirip dengan sutera dengan warna putih bersih. Jenggernya  kecil berwarna merah mawar.

Ciri khas ayam jenis kate pendatang ini yaitu pada sepasang pial kate yang berwarna unik, yaitu putih belang dengan warna ungu. Menggantung dibawah rahang dengan bentuk yang kecil.

  • Kate Peking

Jenis kate ini juga berasal dari Negara Cina, Tungkainya berbulu panjang yang membuatnya dipanggil kate berkaki pedang. Karena hal tersebut ayam jenis kate pendatang ini menjadi kesusahan mengais tanah, jadi aman jika dilepas di taman keluarga.

Ayam Kate yang Bagus

Kebanyakan orang memelihara jenis ayam ini karena posturnya yang bagus, unik, dan menarik. Jadi banyak orang yang memelihara ayam ini untuk dijadikan ayam hias. Sangat jarang orang yang memelihara ini untuk dipotong dan dimakan.

Secara hukum tentunya sama saja dengan jenis ayam lainnya, yaitu sama-sama halal untuk dimakan, dengan syarat dipotong terlebih dahulu. Selain posturnya yang unik dan menarik, bulu ayam ini juga memiliki warna dan corak yang indah.

READ  Manfaat Air Putih dan Waktu yang Baik untuk Minum

Pada umumnya ayam ini memang bagus dan menarik. Namun, ada beberapa jenis yang paling sering dicari, alasannya karena banyak yang bilang jenis kate yang paling bagus. Berikut ini beberapa jenis kate tersebut.

  • Kate Pertunjukan

Buat anda yang sedang mencari ayam jenis kate untuk hiburan di waktu luang, anda bisa memelihara ayam jenis ini. Karena ayam kate jenis ini memiliki postur tubuh yang menarik.

Ciri-cirinya memiliki tubuh yang ramping dan kaki sedikit lebih panjang dari lainnya. Jenis ayam ini terlihat tegak ketika sedang berdiam diri. Selain itu, bulunya rapat dan teramsuk jenis ayam yang aktif.

  • Kate yang Memiliki Jambul/Jengger yang Indah

Jenis kate yang bagus berikutnya adalah jenis kate yang memiliki jambul satu dan tidak ada bulu pada kakinya. Seperti ayam kate jepang. Ayam kate jepang termasuk ke dalam ciri-ciri ayam yang memiliki jambul. Jambul yang dimaksud adalah jambul yang bagus. Karena ada jambul atau jengger ayam ini yang biasa-biasa saja.

Demikian informasi tentang jenis-jenis ayam kate pada artikel ini, artikel ini ditulis dengan sumber-sumber yang terpercaya di dalam dunia perbinatangan. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan komentar