kartu nama keren 1

Ukuran Kartu Nama Standar dan Contoh Desain Kartu Nama Elegan+Keren

UKURAN KARTU NAMA – Berbicara tentang berapa ukuran kartu nama, tentu ada kaitanya dengan ukuran standar kartu nama. Perlu diketahui, kartu nama setiap daerah bisa saja berbeda-beda. Ukuran kartu nama standar Indonesia atau ukuran normal kartu nama di Indonesia sendiri sudah ada. Ukuran ideal kartu nama di Indonesia yaitu 90 x 55 mm dan 88 x 53 mm.

Berbicara tentang kartu nama, tentu ada hubungannya dengan suatu hubungan entah untuk bisnis, ataupun hal lainnya. Pada umumnya orang yang memiliki kartu nama yaitu orang-orang yang menggeluti dunia bisnis. Karena pembisnis sangat membutuhkan kartu nama sebagai media memperkenalkan bisnis ataupun perusahaan kepada orang lain.

Bahkan karena kartu nama merupakan sesuatu yang cukup penting dalam urusan bisnisnya, mereka para pembisnis sampai membuat desain kartu nama unik, aneh, dan kreatif. Seperti memakai background desain kartu nama elegan yang membuatnya semakin keren dan menarik. Hal itu dilakukan tentu karena betapa berharganya kartu nama dan supaya yang menerimanya merasa berkesan.

Pengertian Kartu Nama

Kartu Nama
Sumber: piksetsensai.wordpress.com

Kartu nama adalah benda atau alat yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tentang suatu tempat atau individu yang bersifat sebagai pengingat ketika terjadi suatu perkenalan yang bersifat formal dan penting.

Biasanya isi yang tercantum dalam kartu nama yaitu nama individu, alamat dan nama perusahaan, nomor telefon, alamat email, alamat pos, dan situs web. Kartu nama yang sederhana biasanya cukup menggunakan teks dengan warna hitam dan background berwarna putih. Seiring berjalannya waktu, muncul ide-ide yang kreatif untuk membuat kartu nama dengan desain yang mencolok dan menarik.

Tentunya ada kelebihannya sendiri pada desain kartu nama eksklusif atau desain kartu nama terbaik. Karena salah satu tujuan kartu nama sendiri adalah sebagai tanda atau bukti keprofesionalan seseorang. Sehingga seorang mudah mengenal dan menemukan kita saat ada urusan yang penting, terutama urusan bisnis.

Kembali ke tema pembahasan utama yaitu ukuran kartu nama. Perlu diketahui, kartu nama tidak hanya ada di Indonesia. Negara-negara maju seperti negara di Eropa dan Amerika pun memakai kartu nama. Standar ukuran kartu namanya pun berbeda-beda.

Ukuran Kartu Nama Standar

Ukuran kartu nama standar Indonesia
Sumber: ukuran.kartunama.co

Standar ukuran kartu nama setiap negara atau daerah perlu kita ketahui. Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa kartu nama tidak hanya ada di Indonesia saja. Namun, negara-negara lain juga memakai kartu nama dengan ukuran kartu nama standarnya masing-masing.

Standar dalam kartu nama bukanlah suatu keharusan, namun merupakan suatu yang bersifat umum, sehingga untuk mudah menyebutnya yaitu standar kartu nama. Berikut ini adalah macam-macam contoh ukuran kartu nama dari beberapa negara.

  • Ukuran kartu nama yang sering dipakai di Indonesia yaitu 90 x 55 mm dan 88 x 53 mm.
  • Ukuran kartu nama yang sering digunakan di Negara Kanada, Belanda, dan Amerika yaitu 89 x 51 mm.
  • Ukuran kartu nama yang sering digunakan di Inggris, Italia, France, dan Spanyol yaitu 85 x 55 mm.
  • Ukuran kartu nama di Cina yaitu 90 x 54 mm.
  • Ukuran kartu nama di Negara Selandia Baru, dan Australia yaitu 90 x 55 mm.
  • Ukuran kartu nama di Negara Jepang yaitu 91 x 55 mm.

Ukuran-ukuran di atas merupakan contoh-contoh ukuran kartu nama yang ada di negara tersebut. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa standar dalam kartu nama merupakan hal yang bersifat umum dan tidak ada berkaitan dengan safety. Jadi, kita bisa desain kartu nama sendiri ataupun membuat kartu nama dengan desain kartu nama terbaru.

Di atas merupakan ukuran-ukuran dalam satuan mm, lalu berapa ukuran kartu nama dalam cm, dan berapa ukuran kartu nama dalam inci. Berikut daftar ukuran nama jika dijadikan dalam satuan cm dan inci.

1. Ukuran Kartu Nama CM

  • Indonesia 9 x 5,5 cm dan 8,8 x 5,3 cm.
  • Amerika 8,9 x 5,1 cm.
  • Ingris 8,5 x 5,5 cm.
  • Cina 9 x 5,4 cm.
  • Australia 9 x 5,5 cm.
  • Jepang 9,1 x 5,5 cm.

2. Ukuran Kartu Nama dalam Inchi

  • Indonesia 3,54 x 2,1 inchi dan 3,46 x 2,08 inchi.
  • Amerika 3,5 x 2,0 inchi.
  • Inggris 3,34 x 2,1 inchi.
  • Cina 3,45 x 2,12 inchi.
  • Australia 3,54 x 2,1 inchi.
  • Jepang 3,58 x 2,1 inchi.

Ukuran kartu nama dalam cm dan inchi di atas merupakan besaran dari ukuran-ukuran kartu nama yang sudah ada selama ini. Jadi jika anda masih bingung dalam menentukan ukuran kartu nama yang standar, anda bisa mengikuti ukuran-ukuran standar di atas.

Selain ukuran kartu nama, hal lain yang perlu diperhatikan saat ini adalah desain kartu nama. Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa sekarang desain kartu nama sudah tidak seperti dulu lagi. Dulu desain kartu nama sangat sederhana hanya menggunakan teks hitam dan background putih.

Dan sekarang desain kartu nama sederhana sudah sangat jarang dipakai, karena sekarang sudah banyak bermunculan desain-desain kartu nama terbaru dan akan selalu muncul desain terbaru. Berbicara tentang desain kartu nama, berikut ini adalah pembahasan lebih jelasnya.

Desain Kartu Nama

Desain kartu nama
Sumber: tadungkung.com

Zaman sekarang adalah zamannya serba teknologi, seperti dunia digital. Mungkin kartu nama dipandangan orang awam merupakan hal yang biasa saja. Tapi, bagi para pembisnis kartu nama merupakan hal yang sangat penting.

Terutama untuk memberikan informasi tentang nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi kepada calon patner atau klien. Supaya lebih mudah untuk menghubungi kembali. Tanpa alat bantu seperti kartu nama, tentu akan kesulitan dalam mengingat untuk menghubungi kembali.

Supaya lebih berkesan dan terlihat profesioal, maka kita dituntut dalam membuat kartu nama harus mengikuti zaman. Karena sekarang zamannya serba teknologi, maka pembuatan kartu nama sekarang sudah sangat bervariasi. Terutama pada desain kartu nama yang selalu muncul desain-desain terbaru yang elegan dan semakin keren.

1. Contoh Desain Kartu Nama Elegan

Ukuran kartu nama
Sumber: custombagus.com
kartu nama elegan
Sumber: computer1001.com
desain kartu nama elegan
Sumber: ayuprint.co.id
desain kartu nama elegan 1
Sumber: tokopedia.com
Kartu nama desain elegan
Sumber: t-o-r-n-a-d-o.deviantart.com

2. Contoh Desain Kartu Nama Keren

desain kartu nama keren
Sumber: jurnalweb.com
ukuran kartu nama keren
Sumber: alul-stemaku.blogspot.com
kartu nama keren
Sumber: desaingraphix.com
kartu nama keren 1
Sumber: custombagus.com
desain kartu nama keren1
Sumber: pinterest.com

Bahan untuk Membuat Kartu Nama

Hal yang perlu diketahui lainnya adalah bahan yang digunakan untuk membuat kartu nama. Biasanya bahan yang dipakai untuk mencetak kartu nama menyesuaikan kebutuhan dan anggaran yang ada. Berikut ini adalah beberapa nama bahan yang bisa digunakan untuk membuat kartu nama.

  • Art Carton/Art Paper

Bahan ini memiliki berat/ketebalan 260 gsm, untuk ukuran kartu nama, bahan ini cukup tebal. Ciri-cirinya yaitu agak licin dan mengkilap dan tidak bisa ditulis dengan bolpen. jadi jika anda ingin membuat kartu nama dengan bahan ini, usahakan jangan sampai lupa tulis semua informasi yang akan anda sampaikan lewat kartu nama tersebut.

  • Linen Jepang

Kertas local ini memiliki ukuran 250 gsm dengan tekstur garis-garis horizontal dan vertical. Cukup menarik dan profesional apabila digunakan sebagai tanda pengenal sebuah perusahaan.

  • Line Holland

Sebuah kertas impor yang masih sejenis dengan linen Jepang. Perbedaannya hanya pada teksturnya yang lebih halus, sedikit lebih tebal, dan lebih putih sehingga terkesan eksklusif.

  • Mohawk Option

Sebuah kertas import yang memiliki ukuran 250 gsm dengan tekstur yang halus. Kertas ini memiliki daya serap tinta yang bagus, sehingga hasil cetak lebih bagus. Selain itu, jenis kertas ini bisa dicetak secara bolak-balik atau dua sisi.

Demikian informasi tentang ukuran kartu nama yang bisa disampaikan pada artikel ini, semoga bisa membantu anda.

Tinggalkan komentar