Cara menghapus akun facebook sendiri

Cara Menghapus Akun Facebook dan Cara Menonaktifkan Facebook

CARA MENGHAPUS AKUN FACEBOOK – Layanan jejaring sosial yang satu ini memang layanan yang sangat populer, bagaimana tidak? Pada tahun 2012 Facebook sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 1 milyar. Salah satu faktor pendukung populernya facebook adalah cara daftarnya yang mudah dan tidak ribet. Hal ini membuat semua orang mudah memiliki akun facebook. Namun, terkadang seseorang menemui masalah tertentu sehingga ingin menghapus akun facebook secara permanen. Meskipun begitu, seseorang tersebut masih bisa membuat akun facebook baru lagi.

Facebook diluncurkan pada 2004, dalam waktu 8 tahun facebook sudah mempunyai 1 milyar lebih pengguna aktif, tentu ini sangat luar biasa. Pendiri facebook adalah Mark Zuckerberg yang merupakan seorang mahasiswa psikologi Universitas Harvard. Pada awalnya Mark Zukckerberg terjun di dunia jejaring sosial hanya bereksperimen dengan cara membuat sebuah situs yang bernama Facemash.com.

Situs Facemash.com yaitu sebuah situs yang khusus untuk mahasisawa Harvard, situs tersebut diciptakan untuk membandingkan foto-foto mahasiswa yang lebih cantik dan hot. Foto-foto tersebut di dapatkan oleh Mark Zukberberg dengan cara meng-hack database Universitas tersebut.

Dan setelah mahasiswa semuanya tahu, mereka menuntut Mark Zukberberg untuk menutup situsnya tersebut. Dan akhirnya ditutup, namun bukanlah suatu kerugian bagi Mark Zukberbeg. Karena melalui insiden tersebut, Mark Zurberberg menjadi terinspirasi untuk menciptakan sebuah situs yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam universitas. Dari insiden Facemach juga, Mark Zurberberg mendapat pengetahuan bahwa banyak orang membuka internet untuk melihat foto orang lain.

Itulah sedikit pembahasan tentang sejarah Facebook yang cukup panjang. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama kita, yaitu cara menghapus akun Facebook secara permanen dan menghapus secara sementara.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Cara menghapus akun facebook secara permanen
Sumber: berbagiilmu93.wordpress.com

Apabila anda sudah tidak ingin menggunakan akun facebook anda untuk selamanya, maka anda bisa pilih opsi hapus akun facebook secara permanen. Namun sebelumnya anda harus tahu opsi lainnya terlebih dahulu, karena ada dua opsi jika anda sudah tidak ingin menggunakan akun facebook lagi.

1. Menutup/Menonaktifkan Akun Facebook

Opsi pertama yaitu nonaktifkan akun facebook anda, jika anda memilih opsi ini, maka anda sewaktu-waktu masih bisa mengaktifkan kembali saat anda ingin menggunakan akun facebook anda. Dengan opsi ini, orang lain tidak bisa melihat kronologi akun facebook anda saat akun facebook anda dinonaktifkan, namun beberapa informasi tentang facebook anda masih tetap bisa terlihat.

2. Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Opsi kedua yaitu menghapus akun facebook secara permanen, opsi ini merupakan cara menghapus akun facebook selamanya. Dengan opsi ini anda tidak bisa membuka atau mengakses kembali akun facebook yang sudah dihapus. Konfirmasi penghapusan akan ditunda selama beberapa hari setelah anda menghapus akun facebook anda.

Tujuan penundaan akun facebook anda dari pihak facebook bertujuan supaya anda memikirkan kembali keputusan yang telah diambil untuk menghapus akun facebook selamanya. Jika anda berubah fikiran, dan tidak jadi menghapus akun facebook secara permanen maka anda cukup masuk lagi ke akun facebook anda. Selama belum ada konfirmasi dari pihak facebook, maka akun anda masih bisa diselamatkan.

Pihak facebook akan membutuhkan waktu sampai-90 hari untuk menghapus data-data anda yang tersimpan disistem pencadangan. Selama-90 hari tersebut, info tentang akun facebook anda sudah tidak terlihat lagi dan sudah tidak dapat diakses lagi.

Nah, itulah dua opsi yang perlu anda pertimbangkan jika anda sudah tidak ingin menggunakan akun facebook. Mau menghapus akun facebook sementara atau menghapus akun facebook secara permanen atau selamanya.

Jika anda sudah berfikir matang untuk menghapus akun facebook secara permanen, berikut ini adalah langkah-langkah cara untuk menghapus akun facebook secara permanen atau selamanya.

  • Masuk atau Log-in ke Akun Facebook yang Akan Dihapus

Cara menonaktifkan facebook

Hal yang harus anda lakukan pertama kalinya adalah masuk ke akun facebook anda yang akan dihapus. Pada tahap ini, anda akan masuk ke halaman utama atau beranda akun facebook anda. Jika sudah masuk ke akun facebook anda yang akan dihapus, jika pada PC maka pilih tab baru lalu masukkan link di bawah ini. https://www.facebook.com/help/delete_account?rdrhc. Jika melalui smartphone/handphone masuk link tersebut di mesin pencari seperti google dan lainnya.

  • Masuk ke Halaman untuk Hapus Akun Facebook

Cara menghapus akun facebook

Apabila link di atas sudah anda masukkan ke tab baru atau ke mesin pencarian lalu klik ok, maka selanjutnya akan muncul halaman seperti di atas. Jika sudah ke tahap ini, maka tahap selanjutnya silahkan ikuti saja petunjuk-petunjuk yang muncul. Biasanya lebih bersifat pribadi.

Itulah cara untuk menghapus akun facebook anda secara permanen. Dengan mengambil opsi ini maka anda harus siap untuk tidak bisa membuka akun facebook tersebut selamanya. Namun dari pihak facebook akan menawarkan pengarsipan data akun facebook anda secara opsional sebelum benar-benar menghapus.

Cara Menutup/Menonaktifkan Akun Facebook Sementara

Cara menghapus akun facebook sendiri
Sumber: tubularinsights.com

Menonaktifkan facebook atau bisa juga disebut dengan menghapus akun facebook sementara. Metode ini digunakan untuk menghilangkan sejenak akun kita di beranda facebook orang lain. Selain itu, orang lain juga tidak bisa membuka atau melihat profil akun kita selama masa penonaktifan berjalan.

Opsi ini mungkin bisa dipilih dan dipraktekkan bagi anda yang hanya sekedar bosen, atau tidak ingin aktif di facebook untuk beberapa waktu atau sementara. Bagaimana caranya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk akun Facebook

Cara menonaktifkan facebook

Langkah pertama jika anda ingin melakukan penonaktifan akun facebook yaitu masuk ke akun facebook yang akan dinonaktifkan. Jika sudah akan muncul halaman beranda facebook, lalu pilih menu seting di pojok kanan atas.

  • Pilihh Menu Setting

Cara menonaktifkan facebook

Jika pada PC bisa anda lihat menu setting pada gambar di atas yang dilingkari dan ada anak panahnya. Jika sudah ketemu, lalu klik dan masuk ke tampilan menu setting.

  • Pilih Keamanan

    Cara menonaktifkan facebook

Tampilan menu setting pada PC akan terlihat seperti gambar di atas, lalu cari menu keamanan. Jika belum ketemu. bisa lihat contoh gambar di atas ini, perhatikan gambar yang dilingkari dan ada anak panahnya. Apabila sudah ketemu, klik dan masuk ke menu keamanan.

  • Pilih Opsi Nonaktifkan Akun

    Cara menonaktifkan facebook

Apabila sudah diklik dan masuk ke menu keamanan, maka akan muncul tampilan di PC seperti gambar di atas. Pilih menu nonaktifkan akun anda pada bagian pengaturan keamanan, lalu klik sunting menu nonaktifkan akun anda. Untuk lebih jelasanya bisa anda lihat pada gambar di atas.

  • Pilih Penutupan Akun

Cara menonaktifkan facebook

Jika sudah mengklik sunting pada menu nonaktifkan akun, maka akan muncul tampilan seperti di atas. Pada tampilan ini akan muncul penjelasan tentang penonaktifan akun facebook. Jika sudah baca penjelasannya, selanjutnya anda klik nonaktifkan akun anda, lihat pada bagian gambar yang dilingkari dan ada anak panahnya.

  • Pilih Nonaktifkan Akun Anda

Cara menonaktifkan facebook

Jika sudah mengklik nonaktifkan akun anda, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas ini. Pada tampilan ini berisi daftar opsi alasan kenapa anda ingin menonaktifkan akun facebook anda. Jika pada daftar opsi tidak terdapat alasan yang sesuai dengan alasan anda, maka isikan alasan anda pada bagian kolom pengisian. Ingat jika alasan anda tidak terdapat di daftar opsi alasan, anda tetap harus memilih atau mengklik opsi, yaitu pilih “opsi lainnya, jelasakan lebih lanjut”, lalu tulis atau ketik alasan anda di kolom pengetikan. Jika sudah klik tutup.

  • Pilih Nonaktifkan Sekarang

Cara menonaktifkan facebook

Tahap terakhir yaitu klik “nonaktifkan sekarang” pada tampilan yang muncul setelah anda mengklik tombol tutup pada tampilan sebelumnya. Namun sebelum anda mengklik nonaktifkan sekarang, sebaiknya anda baca terlebih dahulu pemberitahuan yang ada.

Itulah langkah-langkah cara menghapus akun facebook secara permanen dan cara menonaktifkan facebook sementara. Jadi jangan sampai akun facebook anda dibiarkan saja, jika anda sedang bosen dengan facebook atau sudah tidak ingin menggunakan facebook lagi, maka jalan yang terbaiknya yaitu dihapus atau dinonaktifkan saja akun facebooknya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pembajakan akun facebook oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar