Cara Mengisi Waktu Luang Supaya Bermanfaat

Cara mengisi waktu luang, Setiap orang pasti akan selalu mendapati waktu luang. Entah karena libur dari aktivitas keseharian, atau memang karena belum punya aktivitas keseharian yang rutin. Di artikel ini ada cara-cara mengisi waktu luang supaya bermanfaat.

Sebenarnya, secara sadar atau tidak sadar kita sudah selalu mengisi waktu luang yang kita dapati. Pertanyaannya… Apakah waktu luangnya digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat?….

Atau hanya sekedar untuk bersantai-santai saja, tanpa bermanfaat sama sekali buat diri sendiri maupun orang lain?…. Bahkan mungkin bisa merugikan diri-sendiri. Jika kita mengisi waktu luang dengan hal-hal negatif tentunya itu merupakan hal yang merugikan diri kita sendiri. Seperti nongkrong yang tidak jelas, mabuk, dan bermaksiat.

Jika kita ingin menjadi orang yang bijak, kita harus memikirkan pertanyaan di atas yang pertama.  Karena orang bijak akan selalu memilih yang terbaik tanpa merugikan siapapun dan waktu apapun.

Cara Mengisi Waktu Luang yang Baik dan Bermanfaat

Cara mengisi waktu luang
Sumber: pixabay.com

Satu detik waktu saja tidak bisa diputar ulang, jadi usahakan semaksimal mungkin gunakan waktu luang untuk hal-hal yang bermanfaat. Apa lagi, jika kita masih berusia muda, kita harus memaksimalkannya dengan baik supaya tidak terjadi penyesalan di hari tua nanti.

Waktu adalah suatu yang sangat berharga, bahkan banyak yang bilang waktu adalah uang. Berikut beberapa cara mengisi waktu luang dengan baik supaya waktu luangmu bisa dihabiskan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Membaca Buku-buku yang Bermanfaat

Membaca buku
Sumber: pixabay.com

Membaca merupakan cara paling santai yang dianjurkan ketika kita sedang mendapati waktu luang. Tentunya akan lebih bagus jika membaca bacaan yang memuat pengetahuan. Seperti buku pengetahuan tentang cara memasak, koran, artikel, dan bacaan yang bermanfaat lainnya.

Jika kita seorang yang beragama Islam, sangat dianjurkan untuk membaca Al-qur’an. Karena banyak sekali keutamaan-keutamaannya, membaca satu huruf di Al-qur’an akan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Rasulullah bersabda:

READ  16 Makanan Ringan Khas Daerah di Pulau Jawa

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah(Al-qur’an) maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (H.R. Tirmidzi)

Selain itu membaca Al-qur’an juga bisa memberikan ketenangan bagi pembacanya. Hal ini sangat bagus untuk seorang yang sedang dilanda gelisah di waktu luang.

Gunakan Waktu untuk Improvisasi

Improvisasi
Sumber: pixabay.com

Improvisasi yang dimaksud adalah melakukan hal dengan ide-ide yang bisa langsung direalisasikan. Seperti memperindah ruangan rumah supaya lebih bagus dan nyaman ditempati.

Bisa juga improvisasi mengenai pekerjaan. Meskipun tidak sedang bekerja, kita bisa mencermati pekerjaan-pekerjaan kita untuk menunjang perfoma kerja kita. Misalkan di tempat kerja belum tersedia tempat alat-alat kerja sehingga masih sering berantakan.

Kita bisa bikinkan tempat di waktu luang kita, meskipun sederhana tetapi ini bermanfaat. Atau mungkin kita bisa mencari ide-ide untuk meningkatkan produktifitas, misalkan yang tadinya satu jam selesai kita bisa meringkasnya menjadi setengah jam.

Olahraga

Olahraga
Sumber: pixabay.com

Cara mengisi waktu luang lainnya bisa dengan berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Bahkan sangat dianjurkan berolahraga, minimal satu minggu sekali.

Jika kita mempunyai waktu luang banyak bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Jangan bingung mau olahraga apa, karena olahraga sangat banyak sekali cabangnya. Bisa lari pagi, bersepeda, fitnes, bermain sepakbola, futsal, dan masih banyak lainnya.

Olahraga merupakan cara yang sangat baik untuk mensyukuri nikmat sehat yang telah Tuhan berikan kepada kita. Di dalam Agama Islam Allah SWT banyak sekali memerintahkan manusia untuk bersyukur atas nikmatNya. Seperti yang Allah SWT perintahkan dalam Al-qur’an surat Ad-duha ayat 11 yang artinya:

READ  Bacaan Niat Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan dengan bersyukur”. (QS. Ad-duha:11).

Hadir di Majelis Ilmu

Majelis Ilmu
Sumber: ngajibareng.net

Ini biasanya dilakukan oleh orang yang beragama Islam. Karena di  Agama Islam mengharuskan setiap orang untuk menuntut ilmu tentang Agama supaya selamat dunia dan akhirat.

Karena jika seorang yang beragama Islam beramal tanpa ilmu Agama cenderung akan salah dalam cara mengamalkannya, hal yang seperti itu akan menjadi sia-sia. Banyak ayat Al-qur’an dan Hadits yang memerintahkan orang untuk menuntut ilmu, seperti Hadits-hadits berikut ini:

” Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan”. (HR.Ibnu Abdil Barr)

“Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya,”Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?” Rasulullah menjawab, “majelis-majelis ta’lim/ilmu.” (HR. Al-Thabrani)

Dan ayat Al-qur’an dalam surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu,”Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” Maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”Berdirilah kamu,”maka berdirilah,niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi beberapa derajat. Dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al-Mujadalah:11)

Jadi, menghadiri majelis ilmu di waktu luang merupakan hal yang sangat bermanfaat. Selain karena terdapat ilmu-ilmu agama, kita juga bertemu dengan orang-orang soleh yang memiliki akhlaq baik.

Silaturahmi

Tali-silaturahim
Sumber: doamustajab.com

Silaturahmi atau berkunjung ke tempat saudara, teman, atau kenalan. Hal ini sangat bermanfaat karena dengan silaturahmi kita bisa menjaga tali persaudaraan atau pun tali pertemanan.

Tentunya ketika bersilaturahmi atau berkunjung kita manfaatkan untuk hal yang baik dan bermanfaat. Akan lebih bagus jika bisa menghasilkan kerja sama untuk berbisinis. Karena manfaat silaturahmi sendiri dipercaya bisa memperluas rezeki kita.

READ  Bentuk-bentuk Akomodasi dalam Interaksi Sosial

Hal ini terbukti di dalam dunia bisnis, silaturahmi juga bisa disamakan dengan networking, yang mana itu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis seseorang.

Berkumpul Bersama Keluarga

Keluarga
Sumber: pixabay.com

Cara mengisi waktu luang berikutnya yaitu dengan berkumpul bersama keluarga tercinta. Keharmonisan keluarga dalam hidup berrumah tangga merupakan hal yang sangat menunjang keberhasilan dalam hal apa pun.

Gunakan waktu luang untuk memberikan kasih sayang kepada keluarga itu sangat penting, apa lagi bagi yang kesehariannya disibukkan dengan aktivitas rutin seperti kerja.

Seseorang yang mempunyai kesibukan kerja seperti ngantor atau kerja apa pun itu pasti akan memiliki waktu yang sangat sedikit untuk ngobrol, bercanda, dan memberikan kasih sayang terhadap keluarga. Yang mana hal tersebut sangat mempengaruhi keharmonisan keluarga.

Jika kita memiliki keluarga yang harmonis tentunya akan membuat kita bahagia. Jadi, usahakan waktu luang kita gunakan untuk berkumpul dengan keluarga.

Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online
Sumber: pixabay.com

Cara mengisi waktu luang yang satu ini sangat bermanfaat, karena bisa menjadi penghasilan tambahan. Di zaman sekarang internet merupakan hal yang sudah menjadi bagian hidup seseorang. Hampir semua orang setiap harinya selalu terhubung dengan internet.

Jika kita orang yang cerdas, kita bisa memanfaatkan internet sebagai teman pengisi waktu luang sekaligus bisa menjadi ladang usaha mendapatkan uang tambahan. Karena sekarang sudah banyak yang memanfaatkan media-media yang menggunakan internet untuk jualan dan mengelola situs web. Yang mana hal tersebut bisa menghasilkan uang.

Demikian beberapa cara mengisi waktu luang supaya waktu luang kita lebih bermanfaat dan lebih berarti tanpa terbuang sia-sia. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Satu pemikiran pada “Cara Mengisi Waktu Luang Supaya Bermanfaat

Tinggalkan komentar