Cara Mudah Berhenti Merokok

pixabay.com

Keinginan untuk berhenti merokok pasti ada di setiap akal sehat seseorang yang merokok. Di ujung artikel ini ada tips mudah untuk berhenti merokok secara konsisiten. Sebagian besar orang laki-laki ketika menginjak umur dewasa tidak bisa terhindar dari rokok. Bahkan remaja-remaja yang masih Sekolah sekarang sudah banyak yang merokok, kecuali mereka yang memang dari keluarganya tidak merokok.

Rokok, buat mereka para perokok sudah seperti teman setia. Selalu menemani setiap waktu, baik dalam keadaan senang, sedih, sendirian maupun sedang berkumpul bersama teman atau sodara. Namun, bagi orang yang tidak merokok, rokok merupakan musuh yang sangat berbahaya dan harus dihindari.

Menurut penilitian, sebatang rokok mengandung 3000 lebih bahan kimia yang sebagian besar beracun. Sebagian besar mengandung zat yang sangat berbahaya  seperti :

Nikotin

Nikotin termasuk zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Zat ini bersifat candu, membuat orang ketagihan merokok dan tetap merokok meskipun sudah tahu bahaya merokok. Para ahli syaraf menyatakan bahwa nikotin dapat menstimulus system syaraf,  sehingga perokok merasakan nyaman dan relax saat merokok.

Zat ini merupakan salah satu yang berpengaruh ketika seseorang ingin brhenti merokok namun selalu tidak bisa. Riset menyatakan, seseorang yang mencoba berhenti merokok, dari 100% hanya sekitar 3% yang berhasil berhenti merokok.

Tar

Setiap hisapan rokok, mengandung zat berbahaya salah satunya adalah tar. Biasanya di bungkus rokok tercantum besar kecilnya kandungan tar. Semakin besar kandungan tar, semakin berbahaya bagi kesehatan. Khususnya berbahaya buat kesehatan paru-paru.

Dari produsen rokok sendiri sebenarnya sudah melakukan penanganan untuk menyaring atau mengurangi zat-zat bahaya yang terkandung di dalam rokok, yaitu dengan menambahkan filter di setiap batang rokok. Namun, kenyataannya rokok masih termasuk penyumbang terbesar orang terkena kanker paru-paru dan jenis penyakit paru paru lainnya.

Arsenik

Zat ini terkandung di dalam tembakau rokok. Arsenik merupakan unsur kimia yang apabila digunakan secara berlebihan bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh. Namun, apabila digunakan secara dosis yang dibolehkan bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Arsenik adalah unsur kimia yang bisa digunakan sebagai racun paling mematika. Sudah cukup banyak kasus pembunuhan yang menggunakan zat ini.

READ  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

Rokok sendiri mengandung arsenik. Hanya saja masih dalam dosis yang diperbolehkan. Namun, apabila merokoknya secara berlebihan, misal sehari habis sampai dua bungkus lebih, tidak menutup kemungkinan unsur arsenik semakin banyak juga terserap oleh tubuh. Ini bisa menyebabkan kanker lambung, serangan jantung, penurunan sel darah putih dan darah merah, dan juga gamgguan kehamilan.

Nitrosamin

Nitrosamin, senyawa kimia yang terkandung ditembakau dalam kadar masih aman. Namun, jika mengalami pembakaran, senyawa ini bisa jadi berbahaya. di dalam ilmu kimia senyawa nitrosamin merupakan senyawa yang dapat menyebabkan tumor ataupun kanker di berbagai organ sperti hati dan saluran pernafasan.

Jadi, unsur kimia ini juga sangat berbahaya bagi perokok. Karena rokok sendiri cara menikmatinya harus mengalami pembakaran terlebih dahulu.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang berbahaya juga. Apabila masuk atau terhirup ke dalam tubuh, gas ini bisa mengurangi kadar oksigen didalam tubuh. Dampaknya dapat menghambat metabolisme tubuh manusia.

Karbon monoksida adalah istilah kimia dari dua atom yaitu atom carbon dan atom oksigen yang terbentuk gas. Gas ini tidak berbau, tidak berwarna, namun gas ini mudah terbakar. Sumbernya bisa berasal dari knalpot kendaraan bermotor, bisa juga berasal dari asap rokok.

Zat Iritan

Zat kimia yang tak kalah bahaya yaitu iritan. Zat ini bisa meyebabkan peradangan dan bisa menyebabkan kantung udara dalam paru paru kotor. Jika melihat seorang perokok sering batuk-batuk, salah satu penyebabnya adalah zat iritan ini.  Zat ini  brsifat korosif yang bisa menyebabkan iritasi, peradangan, sensitisasi.

Masih banyak zat-zat kimia lainnya yang terkandung di batang rokok seperti benzene, sianida, cadnium, amonia dan masih beribu ribu lainnya. Bila kita perhatikan menggunakan akal sehat, merokok itu hal yang lebih banyak mendatangkan kerugian dari pada manfaatnya.

Merokok banyak mendatangkan kerugian. Namun, rasa candu yang membuat si perokok mengabaikan semua kerugian dari merokok seperti bibir menghitam, gigi kuning, nafas dan keringat badan bau.

pixabay.com

Semua perokok pasti punya pikiran ingin berhenti untuk merokok. Namun, semangat yang kurang dan rasa terlalu menikmati rokok yang membuatnya mengabaikan pikiran itu. Orang yang seperti ini, biasanya bisa berhenti merokok jika sudah menderita sakit yang disebabkan karena merokok.

READ  Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak dan Cek Saldo secara Online

Ada juga yang sudah memiliki semangat tinggi untuk berhenti merokok. Tapi, tidak bisa berhenti. Meskipun sudah bisa berhenti kebanyakan cuma beberapa bulan bahkan beberapa minggu saja, kemudian merokok lagi. Ini bisa saja  terjadi karena ada hal-hal yang tidak di perhatikan.

Berikut Beberapa Tips atau Cara Mudah Untuk Berhenti Merokok Secara Konsisten :

pixabay.com

Harus Tahu dan Paham Bahaya Merokok

Setiap bungkus rokok sudah tercantum peringatan bahkan sekarang sudah di tambah gambar orang yang terkena dampak merokok. Sebenarnya untuk hal ini semua perokok pasti sudah tahu cuma belum sadar dan nunggu terkena dampaknya terlebih dahulu yang akan berujung penyesalan baru sadar.

Prinsip untuk hidup sehatnya kurang, apabila semua orang punya prinsip mencegah lebih baik dari pada mengobati pasti tidak ada perokok di muka bumi ini, prinsip ini yang harus di tanam di setiap diri orang apa bila belum bisa ber prinsip sperti itu, cobalah bercerita atau bertanya tanya dengan orang yang sudah berhenti merokok entah itu berhenti karena untuk mencegah maupun karena sudah terkena dampak negatifnya.

Semua orang yang sudah berhijrah untuk tidak merokok pasti punya alesan masing masing dan berbeda beda, akan lebih baiknya bercerita atau bertanya sama orang yang sudah berhenti merokok karena terkena dampak negatifnya, kenapa? karena pasti akan mendapatkan motivasi yang tinggi untuk berhenti merokok.

Cobalah Berhenti dengan Perlahan

Berhenti dengan perlahan, maksudnya adalah berhenti dengan cara mengurangi merokok waktu demi waktu tapi harus di dasari dengan komitmen mau berhenti merokok, hal ini cukup penting dalam proses berhenti merokok karena jika berhenti merokok dengan mendadak pasti akan lebih sulit. saraf yang sudah terkena dan rasa candu juga butuh beradaptasi supaya tidak terlalu berasa kesulitannya.

Contohnya misal seseorang ingin berhenti, seseorang itu harus menargetkan misal dalam waktu satu bulan ke depan harus sudah berhenti, cara perlahannya yaitu kurangin per harinya misal sehari satu bungkus atau 16 batang maka hari berikutnya kurangin satu batang jadi 15 batang, hari berikutnya kurangin lagi satu batang lagi jadi 14 batang dan seterusnya jika konsisten pasti dalam waktu 16 hari saja sudah bisa berhenti merokok.

READ  Macam-macam Makanan untuk Mengecilkan Perut

Kurangin Bergaul dengan Teman yang Merokok

Ada kata kata bijak yang artinya jika kita ingin melihat karakter diri sendiri atau seseorang lihatlah dengan siapa iya bergaul karena seseorang itu akan cenderung bergaul dengan yang sama karakternya bahkan yang tadinya karakternya berbeda bisa ke bawa dengan karakter teman teman pergaulannya.

Begitu juga dengan perokok jika seseorang itu merokok pasti cenderung teman pergaulannya perokok semua, banyak juga yang tadinya tidak merokok ketika sering bergaul dengan teman teman yang merokok akhirnya jadi ke bawa merokok juga. Meskipun tidak merokok  pasti juga berpotensi terkena dampak negatifnya merokok.

Di sini pentingnya untuk mengurangi bergaul dengan teman teman yang merokok, bukan berarti memutuskan silaturahmi hanya mengurangi bergaulnya seperti nongkrong bareng atau sejenisnya yang bersifat kurang bermanfaat.

Mencoba Untuk Aktif Ketika Sedang Sendirian di Waktu Kosong

Waktu kosong di saat sendirian. Biasanya perokok mengunakan waktu ini lebih banyak untuk merokok. Karena rasa candu yang menggoda dan karena kesempatan bagus untuk menikmati hisapan rokok.

Jika bersungguh-sungguh ingin berhenti merokok harus bisa memanfaatkan waktu ini untuk mencari kegiataan lain. Setidaknya jika tidak ada kegiatan sediakan permen.

Harus Tahu Manfaat Setelah Berhenti Merokok

Manfaat yang harus di ketahui jika ingin berhenti merokok di antaranya yaitu, jika bisa tidak merokok selama dua hari, peredaran darah dan fungsi jantung akan meningkat baik, tidak merokok selama tiga bulan, zat berbahaya yang terkandung ketika merokok seperti nikotin, karbon monoksida dan lainnya sudah bersih, dan jika seterusnya tidak merokok pasti terhindar dari segala penyakit yang di sebabkan rokok.

 

Tinggalkan komentar