Tanaman Kelapa dan Manfaatnya

Kelapa merupakan tanaman yang kaya akan manfaat, salah satunya manfaat air kelapa untuk kesehatan. Tanaman kelapa(cocos nucifera) bermanfaat baik dari buahnya maupun dari pohonnya. Pohon kelapa juga temasuk tumbuhan multi soalnya bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Pada dasarnya tanaman kelapa tumbuh di pesisir pantai di negara tropis. Batang pohonnya berbentuk silinder tunggal, memiliki daun berbentuk panjang tipis, tumbuh di batang yang menyirip di bagian atas batang pohon.

pixabay.com

Tanaman kelapa merupakan tanaman dari jenis aren arenan(arecaceae). Bisa tumbuh tinggi sampai 30 meter apa bila berada di dataran rendah. Tetapi, apabila tumbuh di dataran tinggi tanaman kelapa kebanyakan tidak bisa tumbuh tinggi maksimal atau pertumbuhan yang melambat.

Tanaman ini memiliki akar sangat kuat, berbentuk serabutan, berjumlah banyak dan panjang. Kenapa tanaman kelapa ini banyak yang bilang tanaman yang kaya akan manfaat? Karena dari segi pohonnnya, buahnya, daunnya, bunganya, sampai ke kulit buah kelapa semuanya bermanfaat.

Manfaat Batang Pohon Kelapa

tokopedia.com

Pohon kelapa memiliki batang yang cukup bagus. karena batangnya yang berbentuk silinder, lurus memanjang, sangat jarang sekali pohon kelapa yang berbengkok bengkok tidak lurus. Batang pohon kelapa juga cukup kuat dan tahan lama, tidak jarang di kampung kampung menggunakan batang pohon kelapa untuk atap dan tiang rumah.

Banyak juga yang memanfaatkan batang pohon kelapa di buat sebagai kerajinan yang bermanfaat, seperti tempat duduk, meja hias, dan kerajinan ukir.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

pixabay.com

Buah kelapa merupakan bagian dari tanaman kelapa yang sangat kaya akan manfaat. Dari  buah kelapa yang muda sampai yang sudah tua, dan dari kulit sampai tempurungnya. Buah kelapa memiliki beberapa lapisan, yang paling luar adalah kulit dan serabutnya, terus batok, daging kelapa, dan  air kelapa.

Lapisan yang paling luar adalah kulit kelapa dan serabut. Serabut ini bisa di gunakan sebagai bahan bakar tungku, buat anyaman seperti keset, tali dan juga bisa sebagai alat bantu menanam bunga seperti anggrek. Banyak juga yang menggunakannya untuk spon pencuci piring.

READ  Manfaat Jus Buah dan Kandungan-kandungan buahnya + Cara Membuatnya

Tempurung adalah lapisan setelah kulit kelapa. Tempurung atau batok kelapa ini cukup keras dan kuat. Namun, banyak juga manfaatnya. Seperti buat bahan bakar tungku, di bikin gayung, tempat minuman, tempat makan, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Kemudian daging kelapa, ini melekat di dinding batok bagian dalam. Daging kelapa memiliki fase dari muda sampai tua. Ketika muda berbentuk cairan, semakin tua semakin kental dan mengeras, dari semua fase memiliki manfaat yang berbeda baeda.

Kelapa yang masih muda memliki daging kelapa yang cair kekental-kentalan. Ini kebanyakan dibikin minuman segar yang biasa di sebut es kelapa muda, manfaatnya yang begitu banyak, membuat peminat konsumsi es kelapa muda cukup banyak.

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Seperti bisa untuk menurunkan berat badan, menetralisir racun di dalam tubuh, mengilangkan dehidrasi, menyembuhkan alergi pada kulit, menambah stamina, dan masih banyak manfaat lainnya.

Tetapi ketika kelapa sudah tua manfaatnya tidak sebanyak kelapa muda. Dari kesegaran airnya pun sudah berkurang, dan dagingnya sudah mengeras. Namun, masih bisa dikonsumsi dan punya manfaat juga. Dan daging kelapa tua juga bisa dibuat untuk berbagai bahan baku makanan sperti santan, minyak, dan serundeng.

Kelapa ada yang mengalami kelainan genetik atau sering di sebut dengan kelapa kopyor. Banyak yang penasaran akan kelapa kopyor, rasanya yang segar dan berbeda dengan buah kelapa pada normalnya. Ciri-ciri kelapa kopyor yaitu buah kelapanya terkelupas dari tempurungnya, lebih empuk dan airnya sedikit. Untuk mengetahui kelapa kopyor, sebelum di kupas cukup di goyang goyangkan pasti berbeda dengan kelapa pada normalnya.

Manfaat Daun Kelapa

pixabay.com

Daun kelapa juga memiliki banyak manfaat. Ketika masih muda daun kelapa bisa di buat untuk ketupat, dekorasi, mainan anak-anak, dan ketika sudah tua banyak yang memanfaatkan untuk membuat sapu lidi atau bisa juga mainan anak-anak. Apa bila sudah kering, bisa di buat atap untuk gubuk, dan juga  bahan bakar tungku.

READ  Pemain Bola Muslim yang Populer di Sepak Bola Eropa

Pastinya hal seperti ini kebanyakan hanya di jumpai di kampung kampung saja. Kalau di kota tidak ada yang memanfaatkan daun kelapa. Selain di kota jarang sekali ada pohon kelapa, yang pasti di kota sudah bukan zamannya lagi menggunakan yang seperti ini.

Manfaat Akar Pohon Kelapa

pixabay.com

Pohon kelapa memiliki akar yang sangat kuat. Akar pohon kelapa berbentuk serabutan dan sangat banyak. Bisa tumbuh panjang sekali, dari yang ada di permukaan tanah dan juga yang tumbuh ke dalam tanah. Makanya pohon kelapa sangat kekar dan kuat.

Manfaat akar pohon kelapa sendiri juga tidak kalah banyak. Akar pohon kelapa bisa di gunakan sebagai obat herbal, menyerap air ketika ada genangan maupun banjir, bisa juga di gunakan untuk bahan bakar tungku, bersiwak, dan kerajinan tangan.

Manfaat Bunga Pohon Kelapa

pixabay.com

Sebelum menjadi buah kelapa, fase sebelumnya adalah bunga yang tadinya tertutup oleh kelopak atau bahasa jawanya mancung. Ketika mekar atau membuka, kelopak tersebut akan muncul bunga kelapa atau yang sering di sebut manggar.

Manggar banyak yang dimanfaatkan untuk jalan mengambilnya air nira. Yang mana air nira juga kaya akan manfaat, seperti di kampung-kampung yang banyak menggantungkan perekonomiannya pada air nira dari pohon kelapa. Air nira bisa diminum secara langsung tanpa harus di masak terlebih dahulu. Konon air nira juga bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit.

Di kampung-kampung air nira banyak dimanfaatkan untuk membuat gula merah. Karena sampai sekarang harga jual gula merah cukup mahal perkilonya. Makanya, tidak jarang warga perkampungan yang punya penghasilan sendiri dari memanfaatkan air nira.

Perlu diketahui juga, bahwa kelapa ada bermacam-macam jenis, seperti kelapa genjah dan kelapa dalam. Masing-masing memiliki perbedaan yang cukup jelas. Ada yang berwarn merah, warna hijau, warna kuning, dan masih banyak lagi.

READ  Budidaya Ikan Gurame dan Pembesaran Ikan Gurame

Macam-macam dan Jenis Kelapa

pixabay.com

Pada umumnya, manusia belum tahu kalau kelapa terbagi menjadi beberapa jenis. Yaitu kelapa genjah dan kelapa dalam. Kelapa genjah, merupakan jenis kelapa yang cepat berbuah dan memiliki pohon yang tidak tinggi. Sedangkan kelapa dalam, butuh waktu lebih lama dari kelapa genjah dalam berbuah, namun usia pohon kelapa dalam lebih lama.

Kelapa Hijau ( C.viridis )

Kelapa hijau merupakan jenis kelapa yang berukuran besar. Memiliki kulit berwarna hijau,  pohon yang besar dan tinggi. Kelapa ini merupakan jenis kelapa favorit, karena kesegaran air dan kelezatan dagingnya ketika masih muda. Ini juga merupakan salah satu alasan kenapa kebanyakan penjual es kelapa muda memilih kelapa ini. Kelapa ini termasuk jenis kelapa dalam.

Kelapa Merah ( C.rubecens )

Kelapa merah memiliki kulit yang berwarna merah kecoklatan. Kelapa jenis ini cukup banyak kandungan minyakanya. Makanya banyak yang memanfaatkan untuk pembuatan minyak kelapa. Pohonnya memiliki ukuran yang besar dan tinggi.

Dalam berbuah pohon kelapa ini membutuhkan waktu lebih lama di bandingkan kelapa jenis lainnya. Karena kelapa ini jenis kelapa dalam.

Kelapa Kuning/Gading ( C.eburen )

Kelapa kuning bisa juga di sebut kelapa gading. Bentuknya lebih kecil dari kelapa lainnya, dalam proses berbuah lebih cepat, karena merupakan salah satu jenis kelapa genjah.

Pohonnya tidak terlalu tinggi, dan juga batang pohon yang tidak terlalu besar. Kelapa jenis ini jarang dijumpai di tempat umum.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar