Manfaat Air Putih dan Waktu yang Baik untuk Minum

pixabay.com

Air merupakan salah satu sumber kehidupan di bumi. Termasuk juga air putih yang di minum manusia. Ternyata sangat banyak manfaat air putih yang perlu di ketahui, berdasarkan kenyataannya, tubuh manusia sangat membutuhkan air putih untuk menunjang aktivitasnya.

Tubuh manusia setiap harinya membutuhkan air putih yang cukup,  yaitu 2 liter atau setara dengan 8 gelas air minum, ketika badan tidak terpenuhi kebutuhan airnya, badan akan terasa pegal pegal, kulit kering dan bisa menyebabkan dehidrasi yang berakibat cukup fatal.

Kebanyakan manusia secara sadar atau tidak, sangat sering menyepelekan air putih, memang banyak minuman yanag lebih segar dan rasanya menggoda, namun pada dasarnya minuman-minuman lainnya pasti memakai bahan dasar air putih, terkecuali yang alami sperti air kelapa.

Selain banyak manfaatnya untuk tubuh, air putih juga sangat terjaga dari bahan kimia yang mempunyai efek tidak baik buat kesehatan tubuh. Jadi, sangat di sayangkan jika kita mengabaikan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kita yaitu 2 liter sehari.

Yang perlu di ketahui adalah manfaat air putih untuk kesehatan tubuh, karena air termasuk kebutuhan yang menunjang untuk kelangsungan hidup manusia, bukan hanya manusia saja, bumi ini juga sangat membutuhkan air, hewan, tumbuhan tidak akan bisa hidup tanpa adanya air.  Berikut beberapa manfaat air putih yang harus di ketahui:

Manfaat Air Putih untuk Mencegah dan Mengobati

pixabay.com

Air sudah di percaya semua orang sebagai media untuk mencegah maupun mengobati penyakit, karena secara ilmiah maupun secara spiritual sudah banyak terbukti. Seperti halnya orang berniat melakukan sesuatu pasti akan tercapai apa yang di niatkan, bukan yang tidak di niatkan.

Secara spiritual, air putih di agama islam sering digunakan sebagai media do’a atau yang sering disebut dengan ruqiah. Caranya letakan segelas atau alat apa saja yang bisa menampung air putih, lalu do’akan dengan beberapa do’a yang sesuai diajarkan Rasulullah di agama islam, ini sudah teruji kebenarannya.

Secara ilmiah juga sudah terbukti, seorang ilmuan dari jepang yang bernama Dr. Masaru Emoto di universitas yokohama, telah melakukan penelitian tentang perilaku air, yang kesimpulannya bahwa air itu bisa mendengar dan bisa menyesuaikan dengan keadaan atau lingkungan.

READ  Jenis-jenis Ayam Kate yang Bagus dan Paling Banyak Dicari

Pada penelitian tersebut Dr. Masaru Emoto mengambil sampel air dari mata air pulau Honshu. Lalu dido’akan dengan do’a-do’a agama Shinto, lalu air tersebut di dinginkan di laboratorium, setelah itu dilanjutkan penelitian dengan menggunakan microskop elektron dengan kamera kecepatan  tinggi.

Hasilnya, molekul molekul air yang sudah dibacakan do’a membentuk kristal yang sangat indah. Beliau melakukan percobaan lagi dengan membacakannya kata arigato, yang artinya terima kasih, dan hasilnya molekul molekul tersebut juga membentuk kristal yang indah.

Ketika di lakukan percobaan dengan kata yang negatif, ternyata hasil percobaan membentuk kristal yang buruk dan hancur. Bukan hanya melakukan percobaan dengan cara membacakan, namun dengan meletakan tulisan-tulisan jepang, dan hasilnya juga sesuai arti tulisan.

Jadi sangat masuk akal, jika air putih yang tidak berasa bisa bermanfaat untuk kesehatan, hal ini juga mengajarkan kita bahwasanya sesuatu yang tidak bisa di cerna dengan logika tidak berarti tidak masuk akal dan bukan berarti tidak mungkin.

Manfaat Air Putih untuk Menjaga Kesegaran atau Kecerahan Kulit

pixabay.com

Anjuran minum air yang cukup, bukan hanya sekedar anjuran untuk kelangsungan hidup saja. Namun, hasil nyata yang perlu di rasakan dan di perhatikan, banyak sekali orang di sekeliling kita belum tahu manfaat air putih shingga mereka mengabaikan minum air putih yang cukup.

Hal ini perlu di ketahui, supaya kita lebih semangat untuk minum air sesuai kebutuhan tubuh kita. Salah satunya adalah manfaat air untuk menjaga kesegaran atau kecerahan kulit kita. Apabila kita perhatikan orang orang yang tahu dengan dunia kesehatan. Seperti dokter, perawat, atau siapa saja yang tahu akan manfaat minum air putih yang cukup, mereka memilki kulit yang lembab dan cerah.

Tentu saja orang yang sudah tahu akan manfaat minum air putih secara cukup akan mempraktekkannya. Kelembaban kulit yang akan membuat kulit terlihat cerah. Sangat berbeda dengan yang kurang minum air putih, orang yang kurang minum cenderung memiliki kulit yang kering.

READ  Manfaat Jus Buah dan Kandungan-kandungan buahnya + Cara Membuatnya

Manfaat Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

pixabay.com

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam tubuh, sperti untuk menyaring darah, mengontrol cairan. Setiap manusia memiliki dua ginjal yaitu ginjal kanan dan ginjal kiri, meskipun tubuh manusia bisa beroperasi dengan satu ginjal tapi itu pasti akan memberatkan kerja ginjal.

Ginjal sangat membutuhkan air putih yang cukup agar terjaga kesehatannya. Maka dari itu, hal ini perlu di ketahui agar orang-orang menjadi lebih semangat dalam mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya.

Masih banyak lagi manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya tubuh manusia memang sebagian besar mengandung air, seperti tubuh yang memiliki kandungan air 75%, otak mengandung air 74,5%, Tulang yang keras pun mengandung 22% air.

Tubuh manusia membutuhkan air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan, dan juga tubuh memiliki waktu dan cara yang baik yang di anjurkan ketika meminum air putih.

Waktu waktu Minum Air Putih yang Baik

pixabay.com

Waktu minum sebenarnya boleh kapan saja. Ketika haus, segera minum, bahkan bila perlu setiap jam sekali apa beberapa jam sekali minum. Namun secukupnya saja yang penting tidak kurang dari kebutuhan air di tubuh. Tapi, ada waktu yang harus jangan di lewatkan untuk meminum air yaitu sebelum dan sesudah tidur.

Setelah Tidur

Waktu yang baik untuk minum air putih yaitu di pagi hari setelah bangun tidur, karena meskipun sewaktu istirahat tidur organ organ tubuh tetep ada yang bekerja dan juga mengeluarkan cairan, bangun tidur adalah waktu pertama untuk mengawali aktifitas, jadi sangat di anjurkan untuk minum air putih minimal satu gelas.

Tubuh sangat memerlukan air untuk menunjang kelancaran aktifitas, apa lagi ketika bangun tidur hampir semua orang pasti langung buang air kecil, itu merupakan salah bukti bahwa ketika tidur organ organ tubuh tetap ada yang bekerja.

READ  Tips mendapatkan Passive Traffic / Pengunjung Website Setiap Waktu

Untuk membersihkan organ tubuh  bagian pencernaan. Dan juga untuk memurnikan bagian pencernaan dari macam-macam bakteri sia sia makanan. Tidak jarang juga ketika bangun tidur langsung makan, tidak lama kemudian muntah. salah satu penyebabnya adalah bakteri bakteri yang masih ada di organ pencernaan ketika bangun tidur.

Sebelum Tidur

Sebelum tidur juga merupakan waktu yang di anjurkan untuk meminum air putih. Karena ketika tidur membutuhkan cairan untuk menjaga suhu badan, ketika tidur juga banyak organ yang tetap bekerja seperti ginjal.

Minum air putih sebelum tidur juga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi ketika tidur. Banyak orang yang ketika tengah malam sedang nyenyak-nyenyaknya orang tidur, tapi malah bangun karena haus. Bagi orang yang mempunyai aktifitas padat, ini pasti sangat mengganggu istirahat.

Setelah Olahraga

Kebutuhan air 2 liter sehari merupakan kebutuhan untuk aktivitas normalnya saja. Namun, jika sering berolahraga dianjurkan untuk minum lebih dari 2 liter sehari. Karena untuk menggantikan cairan yang hilang ketika berolahraga. Jika berolah raga lebih dari satu jam, boleh minuman yang mengandung sodium untuk mengganti sodium yang keluar bersama keringat.

Sebaik baiknya pengganti cairan adalah air yang alami dan terhindar dari kadar gula dan bahan kimia. Air yang mengandung kadar gula dan bahan kimia yang berlebihan sangat tidak baik untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh.

Cara Minum yang Baik dan Sangat di Anjurkan

pixabay.com

Selain ada waktu waktu yang di anjurkan untuk minum air putih. Cara minum air putih juga perlu di perhatikan yaitu minumlah dengan posisi duduk atau jongkok, dan usahakan kasih jeda meminum setiap 3 kali tegukan. Demi kebaikan tubuh kita seharusnya kita selalu berikan yang terbaik.

Demikian sedikit informasi tentang air putih yang perlu kita ketahui untuk menunjang kesehatan dan kebaikan tubuh kita di keseharian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar